Mobil Matic Terendam Banjir? Coba Teknik dan Cara Ini Untuk Mengatasinya

loading...
Musim Hujan, Musim Banjir, Bahaya Mesin Mobil Yang Terendam Banjir, Bagaimana Mengatasinya?

Bantu Viralkan, untuk membantu teman, saudara, para pemilik mobil matic agar mobilnya bisa diselamatkan akibat banjir dengan biaya sehemat mungkin.

Cara Darurat, SOS, Tips Mengatasi Mobil Matic yang Kebanjiran

1. Geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah.

2. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper baterry.

3. Lepas konektor baterry di kutup negatif. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.

4. Cukup sampai di poin 3 saja. Selanjutnya adalah pekerjaan bengkel/mekanik profesional. Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri. Mobil matic sepenuhnya dikendalikan oleh sistem electric. Penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah. 

5. Segera panggil towing, dan bawa mobil matic ke bengkel yang tahu betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil matic. Jangan berspekulasi. Cari yang benar-benar profesional. Hindari pengerjaan di rumah, karena keterbatasan alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan scan tool membuat hasil kerja tidak maksimal.

6. Dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, mobil matic Anda bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah.

Lepas Kabel Baterai

Pemilik mobil dianjurkan segera melepas kabel baterai (aki) setelah air yang merendam mobil surut. Langkah ini untuk menghindari risiko korsleting dan merusak komponen-komponen elektronik di dalam mobil.

Evakuasi Tanpa Nyalakan Mesin


Jika mobil sudah terendam banjir, segera evakuasi setelah air surut. Evakuasi sebaiknya dilakukan tanpa menyalakan mesin buat menghindari kerusakan mesin. Mobil cukup didorong ke tempat aman atau bisa juga pakai opsi jasa towing.
Bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya.

Cek ECU

Engine control unit (ECU) merupakan otak mobil yang umumnya terletak di kabin. Komponen ini sangat sensitif dan berisiko mengalami kerusakan fatal karena terendam air.

Penting buat mobil kebanjiran langsung dibawa ke bengkel untuk pengecekan menyeluruh.

Bila Anda diharuskan mengganti ECU, sebaiknya cari ECU berdasarkan nomor seri yang sebelumnya telah digunakan. Ini untuk menghindari terjadi malfunction, karena setiap ECU memiliki kode berbeda

Sumber Tips dari:

*Hermas Prabowo*
Teknisi ahli di Worner Matic
_Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic_

Website: wornermatic.com
IG wornermatic
FB Worner Matic

Www. Cnnindonesia.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 17:00
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.