Macam-macam Manfaat Rumput Tahan Panas Bermuda Grass, Tahan Diinjak

loading...

Cara menanam, merawat, dan memperbaiki rumput bermuda grass

Cynodon dactylon, juga dikenal sebagai Vilfa stellata, rumput Bermuda, rumput Dhoob, rumput dūrvā, dubo, rumput gigi anjing, rumput Bahama, rumput setan, rumput sofa, doab India, arugampul, grama, wiregrass dan rumput belanda, adalah rumput yang berasal dari Afrika.

Dari segi maintenance atau perawatan.  Tanaman ini hanya membutuhkan sedikit pasokan air sehingga dapat bertahan pada cuaca yang panas dan kering. Rumput jenis ini akan tumbuh tebal dan tahan lama apabila diberi cahaya matahari penuh dalam 8-10 jam per hari.

Rumput jenis ini sering digunakan pada area field of play sepak bola dan golf. Rumput merupakan rumput kelas A. Rumput bermuda memiliki kualitas fungsional untuk membuat lapangan yang baik. Kemampuan tersebut yakni memiliki kekakuan yang cukup dan elastisitas sehingga dapat menahan tekanan besar. Selain itu, rumput ini juga memiliki akar yang kuat dan memiliki kemampuan recovery.

Di Indonesia, rumput ini cukup populer digunakan sebagai rumput golf. Lantaran sangat tahan terhadap kondisi kering dan panas, banyak yang menyebut bahwa rumput ini berasal dari sabana Afrika. Selain bermanfaat sebagai pelengkap estetika halaman, rumput ini juga bisa dijadikan pakan untuk kura-kura. Apabila daerah rumahmu memiliki curah hujan tinggi, maka sangat direkomendasikan untuk memilih rumput Bermuda. Sebab, rumput dengan nama latin Cynodon Dactylon ini bisa tumbuh dengan cepat dan lebat dalam cuaca seperti itu. 

Bermudagrass rumput yang mentoleransi panas, kekeringan, garam, dan tahan terhadap beban pijakan. Rumput jenis ini membutuhkan lebih sedikit air dari pada kebanyakan turfgrass lain pada umumnya.  Menyebar secara lateral (ke sisi atau kepinggir)seiring pertumbuhannya, juga mampu memperbaiki dirinya sendiri dalam banyak situasi, berkat batang merambat yang tumbuh di bawah dan di atas tanah. Bermudagrass tidak tahan naungan atau lokasi tanam yang teduh, jadi sebaiknya bermudagrass di tanam di lahan yang terkena sinar matahari langsung.

Karena ini adalah rumput musim hangat, bermudagrass akan tumbuh dan menjadi hijau selama musim panas, kemudian mungkin menjadi tidak aktif dan berubah menjadi cokelat selama musim dingin. Namun tidak perlu khawatir karena rumput ini akan kembali hijau.

Cara Menanam Rumput Bermudagrass

Cara yang paling hemat biaya untuk menanam rumput bermudagrass adalah dari biji. Berikut cara melakukannya:

  1. Persiapkan lahan tanam yang terkena sinar matahari langsung, gemburkan tanah agar benih baru dapat membuat kontak yang baik dengan permukaan tanah.
  2. Taburkan pupuk kandang atau kompos secara merata di lahan yang telah disiapkan
  3. Siapkan biji rumput bermudagrass dan taburkan secara merata, atau bisa juga menggunakan alat penyebar biji rumput.
  4. siram dengan air 3 hingga 4 kali sehari untuk menjaga benih dan permukaan tanah lembab.
  5. Jangan tutup benih bermudagrass baru dengan jerami. Jika Anda perlu melindungi area dari erosi, gunakan mulsa bebas ganggang dan tutup kurang dari 50 persen tanah.

Cara Menyiram Rumput Bermudagrass

Beberapa hari setelah rumput mulai tumbuh, Anda dapat mengurangi frekuensi penyiraman hingga dua kali per hari, tetapi gunakan lebih banyak air setiap kali penyiraman. Ketika bibit tingginya sekitar satu inci atau 2,5 cm , mulailah menyiram satu kali sehari, berikan sekitar ¼ inci air setiap kali. Untuk menghindari erosi dan limpasan, cobalah untuk mengaplikasikan air hanya secepat tanah menyerapnya artinya jika disiram dan air menggenang maka sudahilah proses penyiraman sampai di situ. Setelah rumput Anda menjadi mapan,  Anda dapat mengurangi penyiraman hingga dua kali per minggu, tetapi sirami dengan lebih banyak dalam setiap kali.

Cara Memotong Rumput Bermudagrass

Memotong rumput bermudagrass yang baru ditanam setelah bibit mencapai 2 inci tinggi. Setelah ditetapkan, Anda akan ingin mempertahankan rumput bermudagrass Anda pada 1 hingga 2 inci, sedikit lebih pendek daripada banyak jenis rumput rumput lainnya. Pangkas dengan cukup sering bahwa Anda tidak perlu menghapus lebih dari ⅓ tinggi rumput.

Cara Memberi Makan Rumput Bermudagrass

Beri pupuk setiap 6 hingga 8 minggu selama musim pertumbuhan, hentikan pemupukan ketika rumput secara alami memperlambat pertumbuhannya.

Manfaat Bermudagrass Bagi Kesehatan

Rumput bermuda kaya akan kalsium, fosfor, kalium, kalium, natrium, mangan, protein, enzim, karbohidrat, serat, flavonoid dan alkaloid.

1. Masalah yang berkaitan dengan buang air kecil: Buatlah teh akar rumput ini dan minum sebanyak 30ml.

2. Sakit kepala: Ambillah rumput dan air jeruk dengan perbandingan yang sama lalu jadikan pasta. 

3. Penyakit mata: Buat pasta dari rumput ini dan oleskan pada kelopak mata. Ini akan sangat berguna dalam menghentikan kotoran yang keluar dari mata.

4. Penyakit yang berkaitan dengan perut: Minum lima gram rumput bermuda dan air, ini sangat berguna untuk mengendalikan mual dan muntah.

5. Diare: Ekstrak minuman rumput bermuda segar berguna dalam mengendalikan diare.

6. Keguguran: Rumput ini memberi kekuatan dan nutrisi pada rahim setelah terjadinya keguguran.

7. Masalah yang berhubungan dengan mulut: Jika seseorang bekumur dengan teh rumput bermuda, ini bisa sangat berguna dalam menyembuhkan sariawan.

Cara Memperbaiki Tambalan di Rumput Bermudagrass

Jika rumput Anda mengembangkan bintik-bintik coklat atau bercak mati, masalah serangga, atau hewan peliharaan, hal tersebut bisa kita perbaiki dengan cara menambal.

  1. Siapkan tambalan dengan menyingkirkan rumput liar dan rumput mati dan menggemburkan tanah.
  2. Tebarkan biji rumput pada tambalan yang telah di siapkan pada step-1
  3. Siram dengan air secara perlahan sampai tanah berhenti menyerap air dan mulai menggenang.
  4. lindungi area tambalan dari segala jenis aktifitas sampai tinggi rumput mencapai 2 inchi.

Rumput lanskap yang banyak digunakan untuk membuatnya adalah rumput bermuda. Tidak hanya itu, rumput ini juga banyak digunakan dalam pembuatan lapangan sepak bola.

rumput-golf-bermuda

Rumput ini unggul dari teksturnya yang halus, rapat, mudah tumbuh dan perawatannya tidak sulit karena hanya membutuhkan sedikit pasokan air sehingga tahan terhadap kondisi kering dan panas. Jika diberi cahaya matahari penuh kira-kira sekitar 8 – 10 jam/hari, maka rumput akan tumbuh tebal dan tahan lama. Nah, bagi Anda yang mempunyai halaman depan atau belakang rumah yang cukup luas, Anda bisa mengaplikasikan rumput cantik ini. Pastikan rumah Anda akan terlihat lebih sejuk dan nyaman. Dan kabar baik bagi Anda pecinta kura-kura! Karena rumput ini juga bisa dijadikan pakan untuk kura-kura Anda. Selain itu rumput bermuda juga dapat bermanfaat sebagai pakan ternak selain kura-kura.

rumput-bermuda-panjang

Untuk menanamnya tidak sulit sama sekali, hanya diperlukan bibit untuk menanamnya. Setelah itu Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

    1. Gemburkan tanah terlebih dahulu. Penggemburan tanah bisa dilakukan dengan cara mencangkul tanah, membersihkan permukaan tanah dari bebatuan, mencampurkan pupuk organik pada tanah dan ratakan kembali. Setelah itu buat lubang penyemaian dengan kedalaman 3 – 5 cm
    2. Sehari sebelum penyemaian, basahi tanah dengan air dan berikan pupuk starter rumput. (Dilarang menggunakan pestisida pada area yang akan dijadikan tempat penyemaian)
    3. Taburkan benih dengan ukuran perbandingan 10 gram biji untuk kurang lebih 0,6 m2 tanah. Setelah itu tutupi kembali lubang penyemaiannya dengan tanah sampai rata
    4. Berikan kebutuhan sinar matahari penuh dan jaga kelembabannya dengan terus menyiraminya secara rutin hingga tinggi rumput mencapai 5 – 7 cm. Sirami dengan hati-hati, jangan membuat air tergenang

Setelah menanamnya, peremajaan perlu dilakukan untuk tetap mendapatkan tampilan rumput yang indah. Caranya:

  • Babat habis gulma yang telah tumbuh sebanyak mungkin
  • Potong pendek rumput tersebut kemudian bersihkan tanah dari rumput yang telah mati
  • Cangkul kembali permukaan tanah. Kemudian ratakan kembali permukaan tanah dengan memasukkan kompos pada tanah tersebut
  • Taburkan benih dengan ukuran perbandingan 10 gram biji untuk kurang lebih 1,3 m2 tanah
  • Tambahkan pupuk starter rumput
  • Berikan kebutuhan sinar matahari penuh dan jaga kelembabannya dengan terus menyiraminya secara rutin hingga tinggi rumput mencapai 5 – 7 cm.
Mengenal 4 Jenis Rumput Tahan Injak Cocok Untuk Lapangan

Pemilihan jenis rumput yang akan digunakan di lapangan golf mengacu pada tiga hal, yaitu ketersediaan air, iklim dan jenis tanah. Berikut 4 jenis rumput yang paling sering digunakan di lapangan golf yang ada di dunia.

1. Bermuda Grass

Bermuda Grass dapat dijumpai di lapangan-lapangan yang berada di wilayah beriklim hangat dengan curah hujan yang rendah. Ini didasari karena rumput jenis ini memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan panas dan bisa tumbuh subur di temperatur tinggi, seperti kering dan tropis.

Berbanding terbalik jika jenis ini ditanam di negara beriklim dingin, ia akan lebih sulit tumbuh dan cepat sekali rusak.

2. Bent Grass

Bent Grass adalah jenis rumput golf yang memiliki jenis cukup beragam. Rumput ini punya kemampuan menyesuaikan diri dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan Bermuda Grass. Ia dapat bertahan meskipun sering digunakan atau diinjak oleh para pegolf tanpa kerusakan berarti. Bent Grass juga dapat dipotong sependek mungkin dan tetap memberikan tekstur yang menawan meskipun tumbuh di lapangan golf dengan intensitas air yang rendah.

3. Zoysia Grass

Zoysia Grass cocok bertahan di iklim panas dan kemarau panjang. Rumput ini cenderung memiliki pertumbuhan yang jauh lebih lambat dibandingkan spesies rumput golf lainnya. Tekstur rumput ini sangat kaku, sehingga ia tidak mampu bertahan jika terlalu sering diinjak para pelaku golf di lapangan golf. Kebanyakan lapangan golf menggunakan Zoysia di area kotak tee, fairways dan rough.

4. Rye Grass

Banyak klub golf dan tempat kursus golf menggunakan rumput jenis Rye Grass sebagai rumput khusus rough dan fairway-nya. Rumput Rye adalah jenis rumput yang cukup sulit untuk tumbuh terutama di area yang beriklim terlalu panas. Rye Grass memiliki tekstur yang halus sehingga lebih mudah untuk di potong. Tempat-tempat kursus golf kebanyakan menggunakan rumput ini sebagai rumput lapangannya, khususnya lapangan-lapangan yang berlokasi di daerah beriklim sedang. Kelemahan yang dimiliki oleh Rye Grass adalah ketidakmampuannya bertahan di titik beku. Jika terlalu dingin maka rumput jenis ini akan mati.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 19:13
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.