Manfaat dan Cara Tanam Lobak, Jenis Sayuran Yang Belum Populer

loading...

Meski Termasuk Jenis Yang Belum Populer, Ternyata Lobak Banyak Menyembunyikan Manfaat bagi Kesehatan,  Kenali Macam-macam Jenis Lobak, Dari Lobak Putih, Radis Hingga Lobak Hitam, Tahukah Anda Bagaimana Cara Menanam Lobak?

Lobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan. Lobak putih mengandung zat-zat gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat gizi makro yang ada di dalam lobak putih di antaranya adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Meski tidak banyak, lobak putih juga memiliki kalori. Tanaman lobak putih mengandung potasium dalam jumlah yang sangat banyak. Lobak putih juga mengandung mineral lain seperti sodium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Beberapa vitamin yang ada di dalam lobak putih yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks.
Lobak awalnya lebih dikenal sebagai salah satu sayuran, itupun tidak begitu populer di Indonesia, sayuran ini lebih populer di Jepang. Seiring berjalannya waktu dan juga banyaknya penelitian tentang lobak, maka diketahui ternyata lobak memiliki manfaat lain yang lumayan berpengaruh terhadap kesehatan kita tidak hanya sebatas sebagai sayuran saja.

Tumbuhan lobak berasal dari Tiongkok atau Cina. Lobak memiliki nama yang berbeda-beda. Dalam bahasa Hindi, lobak dikenal dengan nama mooli. Di berbagai negara, lobak juga memiliki nama lain seperti Radish, moolangi, mulo, mulanki, dan lainnya.

Lobak memiliki variasi warna seperti putih, merah, ungu, dan hitam. Di antara variasi lobak, lobak putih adalah varian lobak banyak dimanfaatkan oleh orang-orang. Lobak putih memiliki rasa manis dan agak pedas. Lobak putih bisa dimakan mentah seperti pada salad atau jus dan juga bisa diolah menjadi sayuran atau osengan.

Mengurangi efek pramenstruasi
Asam folat yang ada di dalamnya dapat secara aktif meredakan efek dari sindrom pramenstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS, sindrom ini terjadi sebelum masuk pada masa haid dan menyerang hampir semua wanita.

Melancarkan pencernaan
Lobak kaya akan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat juga ampuh dalam mengatasi masalah sembelit kronis dan secara aktif dapat mencegah penyakit jantung pada seseorang.

Mencegah penuaan dini
Sayur lobak mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, vitamin ini membuat kulit terlihat lebih muda. Dengan mengkonsumsi sayur ini secara rutin dapat membantu tubuh memperbaiki sel kulit yang rusak.

Mencegah anemia
Ibu hamil sangat rentan dengan gangguan anemia di sepanjang kehamilannya. Kandungan RNA yang ada dalam sayur ini memberikan banyak keuntungan pada ibu hamil.

Mencegah terjadinya kejang otot
Otot tubuh memerlukan kalium dalam jumlah yang sesuai guna menjaga kesehatan dan kekuatan otot. Tanpa senyawa ini otot akan melemah dan mudah mengalami kejang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat lobak putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kehadiran antioksidan di dalam lobak putih yang didapatkan melalui kandungan vitamin C. Peningkatan sistem kekebalan tubuh terjadi karena vitamin C telah memperbaiki metabolisme tubuh.

Selain vitamin C, beberapa kandungan zat gizi lainnya seperti vitamin B, vitamin E, dan potasium juga turut berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Pengonsumsian lobak putih secara teratur bisa mencegah Anda jatuh sakit dan tidak mudah tertular penyakit.

Menurunkan berat badan
Jika Anda memiliki masalah berat badan yang berlebih maka mengonsumsi lobak putih bisa menjadi solusi karena khasiat lobak putih bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Lobak putih mengandung serat dan kandungan air yang tinggi.

Kandungan serat pada lobak putih akan menambah massa tinja Anda dan membantu membuangnya. Selain itu, serat tersebut juga membuat Anda terasa lebih kenyang sehingga mencegah Anda untuk makan lebih banyak.

Membantu detoksifikasi
Makanan dan minuman yang Anda makan mengandung racun-racun yang berbahaya jika tidak segera dibuang. Racun yang dibiarkan menumpuk bisa mengganggu kesehatan Anda dan memicu berbagai masalah medis.

Manfaat lobak putih bisa membantu Anda untuk membuang racun-racun tersebut. Kandungan zat yang ada di dalam lobak putih bisa menghilangkan limbah metabolisme tubuh yang bersifat racun sehingga tubuh akan terbebas dari racun.

Menjaga kesehatan kulit
Lobak putih ternyata juga bisa membuat kulit Anda tetap sehat. Khasiat lobak putih yang satu ini ada karena beberapa kandungan seperti air, vitamin C, vitamin B kompleks, dan berbagai mineral. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit Anda.

Kulit yang tetap lembap akan terhindar dari gangguan kulit seperti kulit kering, kulit bersisik, kulit kusam, ruam kulit, dan kulit pecah-pecah. Oleh karena itu, konsumsilah lobak putih agar kulit Anda tetap sehat dan indah.

Membantu proses pencernaan
Manfaat lobak putih juga bisa membantu proses pencernaan. Hal ini tidak lepas dari dukungan serat yang terkandung di dalam lobak putih. Serat makanan pada lobak putih bisa membantuk gerakan usus menjadi lebih teratur.

Selain itu, serat makanan ini juga bisa meningkatkan kemampuan sistem pencernaan tubuh bisa metabolisme tubuh membaik. Khasiat lobak putih juga bisa membersihkan usus Anda dari berbagai zat penggangu kesehatan karena mengandung serat makanan.

Melindungi dan menjaga organ hati
Organ hati adalah organ yang sangat penting dijaga karena hati memiliki banyak fungsi. Fungsi hati yang sangat banyak bisa terganggu jika hati memiliki banyak masalah. Oleh karena itu, perlindungi terhadap hati harus dilakukan.

Manfaat lobak putih bisa menjaga kesehatan hati dan mengatasi beberapa masalah. Khasiat lobak putih yang dapat melakukan detoksifikasi tubuh ternyata bisa mengurangi kerja hati. Ini bisa mencegah hati dari kerusakan karena beban kerja menetralisir racun.

Menjaga kesehatan jantung
Selain menjaga kesehatan organ hati, manfaat lobak putih juga dapat menjaga kesehatan organ jantung. Serat makanan yang dikandung oleh lobak putih dapat menyerap kolesterol untuk dibuang. Hal ini berdampak pada penurunan kadar lipid darah.

Kadar lipid darah yang berkurang adalah kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Jika kadar kolesterol LDL dan kadar trigliserida menurun maka hal ini bisa menjaga jantung tetap sehat.

Mengontrol tekanan darah
Kandungan potasium yang sangat tinggi pada lobak putih ternyata memiliki khasiat terhadap tekanan darah. Berkat kandungan potasium, manfaat lobak putih ternyata bisa mengendalikan tekanan darah.

Hal ini dikarenakan potasium pada lobak putih dapat mempertahankan keseimbangan natrium dan kalium di dalam tubuh. Pengonsumsian lobak putih bisa menurunkan tekanan darah. Ini sangat baik bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Mengontrol kadar gula darah
Tidak hanya tekanan darah, lobak putih ternyata juga bisa mengontrol kadar gula darah. Sayuran cruciferus ini memang memiliki kemampuan hipoglikemik yang bisa menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.

Mengobati demam dan flu
Jika Anda atau keluarga Anda mengalami demam atau flu maka jangan tergesa-gesa untuk mengambil obat-obat kimia. Manfaat lobak putih ternyata bisa mengobati demam dan flu. Ini dikarenakan lobak putih mengandung zat-zat yang bersifat antibiotik sehingga mampu mengatasi infeksi yang menyebabkan demam dan flu.

Mencegah radang tulang rawan
Manfaat lobak putih bisa membantu mengobati osteoartritis. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam lobak putih dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.

Vitamin C di dalam lobak putih juga dapat merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan. Pengonsumsian lobak putih pun bisa mencegah Anda dari radang atau nyeri pada tulang rawan.

Mengeluarkan racun
Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mempermudah tubuh dalam mengeluarkan racun semua racun berbahaya. Selain dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tubuh dari segala bentuk racun, lobak juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.

Mengurangi nyeri sendi
Lobak mengandung vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin K sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan sel tubuh dan meredakan nyeri pada persendian.

Mengurangi resiko cacat pada bayi
Ibu hamil yang mengkonsumsi lobak setiap hari selama masa kehamilannya dapat memperkecil resiko terjadinya cacat pada bayi yang akan dia lahirkan nanti.

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Lobak Hingga Panen

Tips Cara Pemilihan Bibit Unggul Lobak

Pilihlah benih yang berkualitas agar menghasilkan lobak yang juga sehat. Sebelumnya, Anda juga harus sudah menentukan benih lobak yang Anda inginkan mengingat jenis lobak yang cukup beragam, seperti lobak merah ataupun lobak putih. Untuk mengetahui biji lobak yang Anda pilih sehat atau tidak, Anda bisa pertimbangkan hal-hal berikut ini.
  • Biji terlihat utuh atau tidak cacat maupun terluka
  • Memiliki daya yang tinggi (sekitar 80%) untuk berkecambah
  • Mengandung kadar air sekitar 9 sampai 12%
  • Benih lobak tidak tercampur dengan biji-biji atau benda lain
Tips Persiapan Media Tanam

Media tanam memegang peranan penting terhadap tumbuh kembang tanaman lobak. Meskipun tanaman lobak tergolong tanaman yang mudah tumbuh namun Anda perlu memahami dan mengetahui takaran media tanam yang tepat untuk menghasilkan lobak yang berkualitas. Berikut adalah media tanam yang perlu disiapkan untuk menyemai benih lobak.
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Polybag ukuran kecil
  • Cetok
  • Air secukupnya
Tips Dan Cara Penyemaian Bibit Lobak

Penyemaian bibit lobak siap untuk dilakukan jika media tanam sudah siap. Penyemaian terhadap benih lobak sebaiknya tetap dilakukan guna merangsang pertumbuhan kecambah pada biji lobak. Setelah benih berkecambah, maka saat itulah pindahkan bibit ke media yang lebih besar dan permanen. Beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menyemai bibit lobak.
  • Campurkan tanah dan pupuk kandang sebagai media tanamnya dengan perbandingan yang sama, yaitu 1:1
  • Masukkan campuran tanah dan pupuk ke dalam polybag yang telah disiapkan
  • Berilah lubang-lubang kecil di bagian bawah polybag sebagai drainase
  • Buatlah lubang di bagian tengah dengan kedalaman 2 cm
  • Taburkan benih lobak sebanyak dua sampai tiga biji
  • Siramlah dengan lembut dan teratur
  • Letakkan di tempat dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi
  • Pantaulah perkembangan bibit lobak hingga berkecambah
Biasanya lobak akan mulai berkecambah dalam kurun waktu satu minggu setelah penyemaian. Setelah usia genap satu minggu, Anda sudah bisa mulai memindahkan bibit lobak ke tempat tanam yang lebih besar untuk mengoptimalkan pertumbuhan lobak.

Benih yang berkecambah biasanya terjadi setelah satu minggu penyemaian benih lobak dilakukan. Itulah saat yang tepat untuk memindahkan bibit lobak ke media tanam yang lebih besar dan yang permanen.
  • Siapkan tanah dan pupuk kandang kemudian campurkan dengan perbandingan 1:1
  • Siapkan polybag dengan ukuran yang besar
  • Beri lubang-lubang kecil di bagian bawah polybag
  • Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang setinggi kurang lebih 40 cm
  • Buatlah lubang di bagian tengah sedalam kurang lebih 5 cm
  • Siapkan bibit lobak yang sudah berkecambah
  • Angkat bibit lobak dengan perlahan
  • Tanam di media tanam yang sudah disediakan
  • Tutupi dengan tanah
  • Padatkan dengan menepuk tanah secara perlahan
  • Siramlah bibit lobak dengan air secukupnya dan lakukan secara berkala
  • Letakkan bibit lobak di tempat dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi
Yang perlu diperhatikan dalam pemindahan bibit lobak adalah tempat tanam yang luas, tidak semata-mata lebar namun juga harus tinggi. Mengingat lobak merupakan tanaman umbi yang tumbuh memanjang ke bawah, maka untuk menghasilkan lobak yang panjang dan besar diperlukan juga media tanam yang lebih luas.

Cara Perawatan Bibit Lobak
Meskipun lobak tergolong tanaman yang mudah tumbuh, namun jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan terhadap tanaman ini sebagai upaya untuk mendapatkan lobak yang berkualitas.
Siramlah tanaman lobak dua kali sehari, setiap pagi dan sore. Pastikan takaran air tidak berlebihan mengingat tanaman lobak tidak menyukai air yang menggenang di sekitarnya.

Pemupukan cukup dilakukan di awal saja saat proses menanam lobak. Mengingat lobak merupakan tanaman yang mudah tumbuh dengan cepat, maka tidak perlu untuk memberi pupuk susulan. Bahan organik seperti kompos biasanya akan diberikan saat tanaman lobak terindikasi terkena infeksi jamur. Hal ini juga dapat dilakukan sebagai tindak pencegahan.

Bersihkan gulma atau tanaman pengganggu di sekitar tanaman lobak agar tidak terjadi persaingan dalam penyerapan unsur hara dalam tanah serta mencegah serangga pengganggu menyerang tanaman lobak.

Taburkan kapur atau abu kayu di dasar tanaman lobak untuk mengatasi serangan ulat pengganggu.
Lakukan penyulaman dengan memantau pertumbuhan lobak. Jika tanaman lobak terserang infeksi jamur, maka segera cabut tanaman lobak tersebut.

Pastikan sistem pengairan atau drainasenya sudah baik untuk menghindari pertumbuhan jamur yang dapat membahayakan pertumbuhan lobak.

Waktu dan Cara Panen Lobak

Pertumbuhan lobak memang sedikit lambat dalam kurun 50 hari pertama. Daun akan menjadi lebih panjang namun secara perlahan. Lobak akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat setelah menginjak usia 60 hari. Hal ini ditandai oleh daun-daun yang tumbuh dengan rimbun serta pertumbuhan umbi di bagian pangkal batang daun juga sudah mulai terlihat. Yang berarti, lobak sudah hampir siap panen.

Usia panen lobak memiliki rentang waktu yang luas, tergantung dari jenis lobak yang ditanam. Rata-rata lobak termasuk cepat untuk dipanen. Beberapa jenis lobak sudah dapat dipanen saat usia tiga minggu. Namun ada juga yang baru bisa dipanen setalah usia 60 hari, seperti lobak putih.

Jika tanaman Anda sudah siap panen maka segeralah untuk dipanen. Jangan membiarkan lobak terlalu lama di dalam tanah karena dapat mengakibatkan pembusukan pada umbi. Berikut adalah cara memanen lobak.
  • Cabutlah umbi (lobak) dengan perlahan
  • Bersihkan umbinya dari tanah yang menempel dengan menepuk dengan perlahan
  • Potong daunnya dengan menggunakan gunting
  • Cuci dengan air sampai bersih
  • Keringkan lobak
Jika sudah kering, lobak siap untuk diolah. Untuk penyimpanan, Anda dapat memasukkan lobak ke kulkas, namun perlu untuk masukkan ke kantong plastik terlebih dahulu guna menghindari penyusutan atau membuat lobak layu. Penyimpanan optimal dilakukan selama dua minggu.

Tiga Jenis Lobak: Lobak Putih, Radis Dan Lobak Hitam, Apa Bedanya?

Tanaman sayur ini memiliki nama ilmiah Raphanus sativus dan memiliki tiga jenis varian yang berbeda. Ketiganya dibudidayakan dan dapat dikonsumsi. Perbedaan tiga jenis lobak tersebut sebagai berikut.

Pertama, lobak putih. Lobak jenis ini paling sering ditemui dan umum dijual, baik di supermarket maupun pasar tradisional. Lobak jenis ini memiliki nama Latin Raphanus sativus L.var. hartensis Backer.

Ciri lobak ini adalah memiki umbi putih dan bentuk umbi memanjang. Lobak putih dapat dikonsumsi dengan cara dimasak tumis, menjadi soto bandung, salad, sup, sampai keripik sebagai camilan.

Kedua, radis. Nama ilmiah varian ini adalah Raphanus sativus L. var. radicula Pres A. DC. Tanaman ini memiliki umbi bulat, berbeda dari jenis lobak lain. Selain itu, ia memiliki warna kulit kemerahan dan warna umbi merah atau putih.

Radis digunakan sebagai lalap dan paling digemari oleh orang-orang dari daerah asalnya, Cina. Manfaat umbi radis yang masih mentah juga lebih baik daripada umbi yang sudah dimasak, walaupun rasanya lebih pedas. Namun, radis juga bisa diolah menjadi sayur.

Ketiga, lobak hitam. Sama seperti lobak putih, lobak hitam juga memiliki umbi yang memanjang. Hal yang membedakannya dengan lobak putih adalah warna kulit lobak hitam yang cenderung berwarna merah tua sampai hitam.

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Raphanus sativus L. var. niger Mirat. Tanaman ini juga dikenal mampu meredakan gejala flu dan batuk. Umbi lobak dapat juga dibuat acar atau asinan asinan dan campuran soto.

Umbi mentah dari ketiga varian tersebut memiliki rasa pedas. Akan tetapi, rasa pedas tersebut berbeda dengan sensasi mengonsumsi cabai karena tidak sampai merangsang selaput (lapisan kendang) telinga.


Lobak hitam juga dikenal sebagai lobak Spanyol di sebagian besar dunia. Sayuran ini banyak dibudidayakan di Eropa dan Asia. Daerah lain sudah mulai menanam lobak hitam setelah mempelajari manfaat kesehatan fantastis yang terkait dengannya.

Selain itu, disebut lobak hitam karena bagian luarnya hitam atau terkadang ungu tua, dan bagian dalamnya putih pucat. Jenis lobak ini kuat dalam rasa saat dikonsumsi dengan sayuran lain.

Lobak hitam bisa menjadi sumber yang aman untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Sayuran ini memiliki banyak serat makanan dan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan pencernaan. Ahli gizi merekomendasikan bahwa memasukkan lobak hitam organik ke dalam mangkuk salad dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit kesehatan juga.

Hati Menjadi Lebih Sehat
Kesehatan hati kita didasarkan pada antioksidan yang disebut glutathione. Zat ini meningkatkan aktivitas enzimatik di hati kita unuk mencegah racun. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk menyeimbangkan kadar glutathione. Jika kadar antioksidan tertentu ini tidak mencukupi, kita harus mengonsumsi lobak hitam setiap hari untuk kembali ke jalurnya. Selain itu, mineral yang ditemukan dalam sayuran inijuga diperlukan untuk menjaga kesehatan hati.

Kaya Vitamin CMemasukkan makanan yang diperkaya dengan vitamin C sangat dianjurkan untuk menangkal timbulnya penyakit kronis. Ada berbagai faktor seperti stres oksidatif yang berkontribusi terhadap kanker, Alzheimer, atau penyakit Parkinson. Kita perlu menambah makanan kaya vitamin C untuk menetralisir efek stres oksidatif. Di situlah lobak hitam ikut berperan. Kita dapat memperoleh banyak vitamin C dari sayuran ini tanpa merusak kesehatan.


Menyerap Kelebihan Kolesterol
Lobak hitam mengandung serat makanan. Nutrisi diperlukan untuk menjaga kadar kolesterol kita dalam kisaran yang diperlukan. Selain itu, sayuran ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Serat makanan yang ditemukan dalam lobak hitam menyerap kelebihan kolesterol dari pembuluh darah kita sehingga memungkinkan aliran darah yang tepat. Fungsi ini mengurangi risiko yang terkait dengan stroke, gagal jantung, dan aterosklerosis.

Bagus Untuk Diet
Serat makanan adalah nutrisi penting dalam hal menurunkan berat badan. Kita perlu mengonsumsi serat makanan, vitamin, mineral, dan lain-lain untuk memudahkan proses penurunan berat badan. Lobak hitam bisa menjadi pilihan makanan ideal dalam konteks ini. Sayuran berwarna gelap ini tidak hanya dikemas dengan serat makanan tetapi menyediakan berbagai vitamin A, C, E bersama dengan mineral seperti selenium dan magnesium. Ini dapat menjaga tingkat energi kita tetap tinggi. Serat akan mengekang nafsu makan dan mencegah kita makan berlebihan pada saat yang sama.

Bagus Untuk Pencernaan
Gangguan pencernaan membawa ketidaknyamanan. Mungkin ada berbagai faktor internal atau eksternal yang berkontribusi terhadap diare, sembelit, mual, dan lain-lain. Kita dapat memfasilitasi pencernaan dengan memasukkan satu porsi lobak hitam ke dalam makanan. Kita dapat menambahkannya ke beberapa resep salad, sup atau hanya menumis sebagian kecil dengan steak. Lobak hitam mendukung sistem pencernaan kita. Serat makanan yang ditemukan dalam sayuran ini akan membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan sembelit. Ahli gizi mengatakan bahwa hal itu bahkan dapat meminimalkan intensitas kram perut juga.

Mengobati hipotiroidisme
Hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid kita berhenti mengeluarkan hormon tiroid. Kita perlu mengobati penyakit ini segera karena hipotiroidisme dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya termasuk gangguan metabolisme. Ahli gizi menyatakan bahwa mengonsumsi lobak hitam setiap hari dapat menjauhkan kita dari hipotiroidisme karena adanya kalium dan selenium.

Obat Batuk Alami
Ahli gizi mengatakan bahwa lobak hitam dapat membantu membersihkan lendir secara efektif. Sayuran ini bahkan dapat mengobati infeksi pada sistem pernapasan tanpa memengaruhi kesehatan kita. Para ahli kesehatan lebih lanjut merekomendasikan untuk mengkonsumsi lobak hitam dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mencegah berbagai masalah pernapasan termasuk pilek dan bronkitis.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 00:00
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.