Makna Warna Dari Macam-macam Jenis Bunga Mawar Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

loading...

Bukan Sekedar Tanaman Hias, Ternyata Berbagai Jenis Mawar Menyembunyikan Banyak Manfaat Bagi Manusia

Bunga Mawar merupakantanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.
Siapa tidak kenal bunga mawar? Bunga ini sangat mudah ditemui dipekarangan rumah. Sifatnya sangat mudah tumbuh, dengan stek batang saja asal tanah nya gembur apalagi subur maka tanaman ini akan mudah tumbuh. Banyak manfaat mawar yang belum diketahui orang, ternyata mawar bisa untuk mengatasi Insomnia. Nah untuk anda yang susah tidur silahkan minum teh mawar. Satu lagi manfaat mawar yang sangat penting adalah bisa memperlancar sirkulasi darah yang tentunya akan sangat membantu meringankan kerja jantung anda.

Sudah lama diketahui bahwa Bunga mawa adalah toner alami. Coba anda gunakan minyak mawar dengan bola kapas dan bersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran dan make up. Minyak Mawar juga membantu untuk mengencangkan pori-pori. Minyak alami yang ditemukan dalam mawar membantu kelembaban kunci ke dalam kulit yang membantu untuk menjaga kulit terasa halus dan lembut. Gula dalam kelopak mawar membuatnya sempurna untuk mereka yang memiliki kulit sensitif karena langsung menciptakan perasaan menenangkan.
Bunga mawar dengan nama ilmiah Rosaceae merupakan tanaman dari Ordo Rosanales sangatlah pantas menyandang julukan si “Ratu Bunga” karena hampir semua orang menyukai dan mengenal mawar. Warna bunganya yang cantik menawan dengan aneka ragam warna warni seakan menghidupkan suasana taman menjadi semarak, ditambah lagi pesona harumnya yang semerbak wangi.
Menggunakan beberapa tetes air mawar dalam air mandi akan membuat kulit Anda bersinar.  Sifat anti-bakteri di bunga mawar membuat luar biasa untuk memerangi jerawat dan jerawat. Sifat anti-inflamasi membantu untuk menenangkan kulit iritasi dan kemerahan. Sifat menenangkan Yang juga dapat membantu kesungguhan rosecea dan eksim.

Vitamin C yang ditemukan di bunga mawar berfungsi sebagai antioksidan yang indah yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat matahari terbenam. Gunakan di bawah area mata untuk memerangi lingkaran hitam. Bunga mawar memiliki sifat penyejuk alami yang membuatnya indah untuk digunakan di rambut Anda. Tambahkan beberapa tetes air mawar untuk sampo atau kondisioner. Salah satu manfaat penting bunga mawar untuk mahkota kepala adalah membantu pertumbuhan rambut.
Air mawar diyakini membantu iritasi kulit pada kulit sensitif, menyeimbangkan kulit berminyak, dam melembutkan kulit. Selain itu, mawar juga bisa menjadi pembersih yang ampuh dan toner, sehingga membuat kamu terlihat lebih muda alami. Mawar juga mengandung antioksidan dan senyawa antibakteri. Cara mudahnya adalah percikkan air mawar ke kulit wajah secara teratur setiap hari. Lakukan cara ini terlebih setelah melakukan perawatan kulit rutin. Efeknya akan membuat kulitmu lebih bersinar dan menjaga kulit tetap sehat.

Macam Macam Jenis Bunga Mawar

Bunga Mawar Talitha. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna orange. Panjang tangkainya 50-83 cm dengan diameter bunga mekar 8 cm. Permukaan daunnya bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,7-1,8 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 7-9 hari.

Bunga Mawar Shananda. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna pink cerah (bright pink), red purple group 66A. Panjang tangkainya 45-60 cm dengan diameter bunga mekar 9-11 cm. Produksi bunga jenis ini1,2-1,6 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 5-8 hari.

Bunga Mawar Pertiwi. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna merah muda (red purple group 65D). Panjang tangkainya 5,65-7,54 cm dengan diameter bunga mekar 8,84-9,01 cm dan durinya sedikit. Mawar macam ini tahan tanpa naungan.

Bunga Mawar Megawati. Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong dengan permukaan daun bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,3-1,7 tangkai dengan diameter bunga 9-11 cm, panjang tangkai 48,89-73,00 cm. Bunga dapat tetap segar dalam vas sampai 6-8 hari.

Bunga Mawar Putri. Bunga mawar macam ini termasuk macam mawar potong dengan jenis ganda. Permukaan daun bergelombang berwarna merah tua (dark red)/red group 46A. Produksi bunga jenis ini1,4-1,6 tangkai dengan panjang tangkai 55-105 cm dan diameter bunga 9,5-11,5 cm. Aroma bunga agak wangi dan kesegarannya dalam vas dapat bertahan hingga 8-9 hari.

Bunga Mawar Fortuna. Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong yang termasuk jenis bunga ganda. Permukaan daunnya bergelombang dan aramonya agak wangi. Panjang tangkainya 47-75 cm . Mawar macam ini berdiameter bunga mekar 8,5-9,5 cm. Kesegaran bunga bertahan hingga 5-8 hari.

Bunga Mawar Rosmarun. Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 1,35 cm, diamater bunga mekar 4,37 cm serta aromanya sedikit wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 56,33 hari.

Bunga Mawar Rosanda. Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda dengan warna bunga unik dan menarik. Di bagian depan orange red group 35D, bagian belakang red group 49D. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 0,90 cm, diamater bunga mekar 2,54 cm serta aromanya wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 43,63 hari.

Bunga Mawar Cipanas Dwi Warna. Bunga mawar macam ini merupakan mawar taman jenis bunga ganda dengan warna red purple group 68 D dan 61 C. Panjang tangkainya 4,1-5,1 cm dengan diameter bunga mekar 8,5-8,9 cm. Jumlah bunga/tanaman/ bulan 1,4-2,9 kuntum. Mawar macam ini memiliki adaptasi luas.

Bunga Mawar Mega Putih. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan bentuk tepi petal bunga keriting. Jumlah petal 104-138 helai. Mawar macam ini memiliki tangkai bunga (neck length) kokoh sepanjang 7-8 cm, panjang tangkai total 47-85 cm. Ukuran bunga ini tergolong besar dengan diameter 9-12 cm. Diameter bunga kuncup 2,12-2,15 cm. Aroma bunga sedikit wangi (light fragrance). Kesegaran bunga 7-9 hari.

Manfaat dan Penggunaan Mawar Untuk Kesehatan

Cara mendapatkan manfaat bunga mawar dapat berbeda-beda. Dalam bidang kecantikan atau untuk mengambil manfaat bunga mawar untuk wajah, mawar digunakan dengan cara diolah menjadi air mawar. Penggunaan air mawar juga beragam mulai dari digajikan toner, face mist, atau terkadang dijadikan sebagai campuran masker.

Bentuk sediaan mawar lainnya adalah berbentuk essential oil. Bentuk minyak ini dapat dimanfaatkan untuk relaksasi, antiseptik, dan bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan kosmetik seperti air mawar.

Mawar juga dapat ditemukan dalam bentuk teh. Beberapa manfaat bunga mawar yang bisa diambil dari sediaan teh adalah seperti untuk melancarkan menstruasi, mengatasi sakit tenggorokan, infeksi saluran kemih, dan mengatasi masalah sistem pencernaan.

Bunga mawar juga sebenarnya dapat dikonsumsi langsung, namun hal ini tidak umum dilakukan di Indonesia. Cara membedakan bunga mawar yang dapat dikonsumsi adalah dengan mencium aromanya. Jika aromanya membuat tidak nyaman, sebaiknya jenis mawar tersebut tidak dikonsumsi.
Mawar diyakini bisa membantu seseorang merasa aktif secara seksual, yang pada gilirannya akan mengatur jantung, pikiran, dan sistem saraf.Tips yang perlu kamu lakukan adalah mengambil beberapa kelopak mawar, mencucinya dengan baik dan makan langsung setiap hari. Cara ini bukan hanya membantumu merasa berenergi, tapi juga lebih aktif secara seksual.
Sebagai bunga yang indah dan banyak digemari orang, maka mawar banyak ditanam dan dibudidayakan orang untuk memperindah pekarangan rumah. Nah daripada hanya terbatas sebagai hiasan maka sebaiknya anda coba juga untuk dapat memanfaatkan bungan mawar ini sebagai herbal alternatif mengingat manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bunga mawar bagi kesehatan:
  • Ketika digunakan aromatically, berfungsi menenangkan dan menenangkan pikiran.
  • Minum secangkir teh mawar dapat membantu memerangi depresi dan kecemasan.
  • Membantu untuk memperkuat saluran pencernaan dan lapisan perut. bunga mawar membantu dalam menghilangkan limbah beracun di kedua usus kecil dan besar.
  • Teh Rose dapat membantu memerangi kelelahan kronis dan Insomnia.
  • Aroma Rose dapat membangkitkan Anda dan untuk itu sangat membantu untuk meningkatkan libido.
  • Teh Rose memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan saluran kemih dari limbah nitrogen beracun yang pada gilirannya dapat mengurangi potensi risiko ISK, kandung kemih dan infeksi ginjal.
  • Bekerja sebagai anti-spasmodik dan efisien mengurangi kejang pada sistem pernapasan, usus dan kejang otot di tungkai.
  • Membantu mengatur dan menyeimbangkan produksi hormon.
  • Meningkatkan sirkulasi, mengurus jantung, mengurangi tekanan darah dan membantu penyembuhan sakit kepala, asma dan infeksi tertentu.
Penggunaan Mawar Untuk Obat batuk kering

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, kurangnya mengkonsumsi air dan kontak langsung terhadap polusi dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan berakibat pada batuk kering. Bunga mawar memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk meredakan batuk kering. Caranya ambil 10 gram mawar kering, cuci sampai bersih. Kemudian campurkan 30 gram gula batu lalu kukus kedua bahan sampai keluar airnya. Setelah itu, bahan di saring dan minum selagi hangat.
Mengobati Wasir. Caranya adalah kamu ambil segenggam kelopak mawar dicampur dengan 50 ml air, kemudian tumbuh sampai lebur. Nah, campuran ini jadikan minuman pada waktu perut kosong, terutama pagi hari, selama tiga hari. Perdarahan wasir akan teratasi.
Cara Memanfaatkan Mawar Untuk Mengatasi masalah haid

Rasa nyeri pada perut ketika datang bulan adalah hal yang sangat mengganggu bahkan menyakitkan. Mengkonsumsi obat-obatan pengurang rasa nyeri berulang-ulang bukanlah solusi yang tepat, malah dapat menimbulkan penyakit yang lebih parah seperti kanker rahim. Oleh karena itu pengobatan tumbuh-tumbuhan alami yang berasal dari kandungan bunga mawar dan rempah-rempah lainya dirasa lebih aman untuk pengobatan tersebut. Caranya, cuci bersih 15 gram bunga mawar dan 15 gram daun dewa. Kemudian rebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring bahan tersebut dan minum 2 kali sehari.

Bisa anda coba untuk minum 1-2 cangkir teh Mawar sehari. Satu di sore hari dan satu sebelum tidur. Ini membantu untuk menenangkan kecemasan. Aroma Mawar langsung menenangkan pikiran dan membuat perasaan bahagia.

Jika rasanya terlalu kuat untuk Anda, kami sarankan menambahkan beberapa madu untuk mempermanis. Anda juga dapat menambahkan Kelopak Mawar untuk teh lainnya. Bisa juga mencampur kelopak mawar pada teh hijau atau teh hitam, Begitu banyak antioksidan semua dalam satu cangkir teh plus kelopak mawar. Bisa juga menggunakan mawar sebagai parfum alami, terutama sebelum tidur. Mudah bukan penggunaan bunga mawar ini untuk ikut menjaga kesehatan seluruh keluarga.
Hati-hati Memilih Warna Mawar Karena Ada Makna Khusus Yang Tersembunyi Didalamnya
  • Warna Merah : memiliki arti perasaan cinta. Bunga mawar merah adalah salah satu simbol universal yang melambangkan cinta sejati.
  • Warna kuning : memiliki arti persahabatan dan kegembiraan. Mawar kuning biasanya dipersembahkan sebagai bentuk apresiasi seseorang.
  • Warna Lavender : memiliki arti kemuliaan dan lambang dari cinta pada pandangan pertama.
  • Warna Merah Muda : memiliki arti kebahagiaan dan rasa syukur. Warna mawar merah muda melambangkan cinta yang manis dan romantis.
  • Warna Putih : memiliki arti kemurnian, penghormatan dan simpati. Bunga mawar putih biasanya digunakan sebagai bunga dalam upacara pernikahan, dalam hal ini mawar putih melambangkan persatuan dua insan, kebijakan, dan kemurnian dalam cinta. Selain itu juga diberikan saat keadaan berkabung yang melambangkan rasa penghormatan kepada seseorang yang telah tiada.

Tips Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar

Menanam bunga mawar ini sangatlah karena bunga ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bunga ini bisa tumbuh di daerah beriklim panas, sedang bahkan dingin.

Media tanam yang dibutuhkan adalah tanah berhumus dan drainase/pengairan yang baik, dimana bunga ini kurang subur jika ditanam pada media yang terlalu gembur dan berpasir. Penyinaran matahari yang cukup akan membuat pohon ini rajin berbunga dan tumbuh subur.

Bunga Mawar bisa diperbanyak melalui biji, setek, okulasi, cangkokan dan membelah anakan. Cara paling praktis adalah dengan setek.

Disamping penyinaran matahari yang cukup, perlu juga dilakukan pemangkasan secara berkala supaya muncul tunas baru dan jangan lupa beri pupuk perangsang bunga secara teratur. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan karena tunas akan segera tumbuh dan kuntum bunga baru akan bermunculan.

Cara menanam Bunga Mawar di dalam Pot Bunga:
  • Pot dari tanah liat, tembikar atau semen cor lebih disukai sedangkan pot dari plastik tidak begitu disyarankan karena tidak berpori dan lembab sehingga akar mudah busuk dan suplai oksigen kurang.
  • Perbandingan Media tanam 1:1:1/4 antara tanah, pupuk kandang dan pasir halus. Bilamana anda cukup telaten, disyarankan untuk mengkukus dulu media tanam agar mikroorganisme pembusuk mati dan mawar terbebas dari penyakit.
  • Diperlukan potongan batu bata atau batu kecil di dasar pot agar kelebihan air siraman dapat segera keluar.
  • Pemotongan akar dan penggantian media tanam setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh sehat dan subur. Si cantik ini bisa berumur diatas 10 tahun bila anda merawatnya penuh kasih sayang dan bisa berbunga sepanjang tahun.
Bagaimana agar Bunga Mawar Potong Tahan Lama?
Berikut ini adalah Tips untuk memperlama kesegaran bunga mawar yang sudah di potong:
Kebanyakan bunga potong menjadi cepat layu karena pembusukan pada bekas pemotongan tangkai bunga, yakni bakteri pembusuk berkembang biak dan menyumbat saluran vaskuler. Berakibat bunga cepat layu karena suplai makanan terhambat. Untuk mengatasinya perlu ditambahkan asam benzoate pada air agar bakteri mati dan pembusukan dapat diperlambat. Dapat pula anda tambahkan 3 tetes cairan pemutih kain per 1 liter air.

Bunga potong juga masih membutuhkan nutrisi yang dia dapatkan dari gaya kapiler untuk memperpanjang kesegarannya. Anda bisa menambahkan 1 sdt gula pada 1 liter air perendam. Atau anda bisa menggunakan nutrisi khusus bunga potong yang tersedia di toko bunga potong.
Bunga potong akan menyerap air secara maksimal pada pH 3,5-4,5, dan agar tidak menimbulkan dehidrasi anda bisa menurunkan air pada pH ideal dengan menambahkan asam sitrat 200 mg per 1 liter air.

Pergunakan vas dari kaca, keramik atau plastik dan hindari penggunaan vas bunga yang terbuat dari logam karena logam mengandung ethylene dan biasanya bunga sensitif terhadap kandungan tersebut.
Agar serapan air bisa optimal, anda harus memotong pangkal batang menyerong sehingga didapatkan penampang batang lebih besar. Dengan cara ini maka batang potong lebih optimal untuk menyerap air. Potong daun yang anda anggap tidak perlu sehingga suppy makanan bisa mencukupi.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 02:43
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.