Jenis Obat Untuk Foot Rot (Radang Tracak) Pada Sapi

loading...
Foot rot atau panaritium pada sapi merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan berbagai penyakit yang terjadi pada kaki sapi. Secara khusus foot rot merupakan infeksi nekrotik subakut atau akut yang berasal dari lesio pada kulit interdigitalis yang mengakibatkan terjadinya selulitis pada daerah digit.
Kerusakan pada kulit interdigitalis atau kuku menyediakan port de entry bagi infeksi. Luka terbuka, memar, tusukan benda asing atau abrasi pada kulit dapat menjadi sarana infeksi bagi bakteri. Pelunakan kulit oleh air, feses, dan urin dapat menjadi predisposisi bagi kerusakan kulit. Selain itu, kuku yang terlalu panjang juga dapat menyebabkan foot rot karena terdapat banyak tempat dimana kotoran dapat terdeposit. Foot rot disebabkan oleh bakteri Fusobacterium necrophorum dan Bacteriodes melaninogenicusyang masuk ke jaringan interdigital melalui luka pada kulit. Bakteri ini tersebar luas di lingkungan kandang, khususnya dalam feses dan lumpur di sekitar kandang. Organisme lain yang mungkin terlibat adalah Staphylococcus aureusEscherichia coli, dan juga Actinomyces pyogenes.

Gejala Klinis foot rot atau panaritium
Gejala klinis utama penyakit ini adalah adanya rasa sakit, kepincangan, demam, anoreksia, menurunnya keadaan umum dan penurunan produksi susu. Gejala klinis yang terlihat pertama kali dari foot rot selama masa inkubasi, yaitu lima sampai tujuh hari adalah adanya kepincangan, kebengkakan pada jaringan kulit interdigit. Bila dibiarkan jaringan interdigit akan mengalami nekrosa dan menimbulkan bau yang busuk dan mengandung sedikit eksudat. Jika penyakit semakin berlanjut bisa terjadi kebengkakan pada navicular bone, coffin joint, coffin bone dantendons. Kejadian penyakit ini dapat menyebabkan hewan mengalami penurunan berat badan dan produksi susu. Penurunan produksi susu ini dapat menetap selama masa laktasi yang sedang berlangsung.


Cara Mengobati Foot rot
FOOT- Care (Topical Antibiotik)
Mengobati Radang Tracak/ Kaki Busuk Pada hewan)
Info pemesanan :
HP. WA:085325443842
KOMPOSISI :
Tiap ml mengandung
Topical Antibiotik............ 10 mg
Germicide........................20 mg
DESKRIPSI
Foot rot merupakan penyakit peradangan pada tracak kaki yang disebabkan oleh bakteri Fusobacterium nechrophorum dan Bacteroides. Kedua bakteri tersebut merupakan bakteri anaerob sehingga susah disembuhkan. Kejadian Foot rot menyebabkan kepincangan pada kaki ternak. penyakit ini selalu di ikuti dengan infeksi sekunder oleh bakteri lainnya sehingga peradangan menjadi semakin parah.
Foot- care diformulasikan untuk mencegah dan mengobati penyakit foot rot. Topical antibiotik pada obat ini khusus untuk membunuh bakteri - bakteri tersebut dan bakteri infeksi sekunder lainnya. Germicide diperuntukan untuk membunuh jamur lainnya yang ikut memperparah peradangan.
INDIKASI
Untuk mencegah dan mengobati penyakit Foot Rot pada kaki ternak
DOSIS DAN APLIKASI
1.Cuci kaki yang mengalami peradangan dengan air hangat
2.Larutkan 10 ml Foot - Care dengan 1 liter air
3.Rendamkan kaki pada larutan tersebut kurang lebih 2-3 menit hingga larutan menembus ke sela-sela kaki yang mengalami peradangan
4.Tempatkan pada kandang isolasi dengan lantai yang kering
5.Ulangi hingga 3 hari berturut-turut
KEMASAN :
Botol 100ml


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 18:46
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.