Jenis-jenis Makanan Dan Bahan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah Sebagai Pertolongan Darurat Meningkatkan Jumlah Trombosit

loading...

Mengenal Macam-macam Cara Menaikkan Trombosit Yang Turun Akibat DB Dengan Menggunakan Berbagai Macam Bahan Alami Mulai Dari Buah-buahan, Angkak Hingga Hati

Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis. Terdapat 4 virus dengue, yaitu virus DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Setelah nyamuk pembawa virus menggigit, virus akan masuk dan mengalir dalam darah manusia kemudian menginfeksi sel-sel kulit terdekat yang disebut keratinosit. Virus dengue juga menginfeksi dan berkembang biak di dalam sel Langerhans, sel kekebalan khusus yang ada di lapisan kulit. Sel Langerhans normalnya bekerja membatasi penyebaran infeksi secara terus-menerus.
Penyakit akibat gigitan nyamuk ini paling sering menyerang  di area tropis dan subtropis, selama musim hujan dan setelah musim hujan:
  • Afrika
  • Asia Tenggara dan Tiongkok
  • India
  • Timur Tengah
  • Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan
  • Australia, Pasifik Selatan dan Pasifik Tengah
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa kasus demam berdarah di seluruh dunia meningkat pesat dalam beberapa dekade terakhir. Diperkirakan ada sekitar 50-100 juta kasus demam berdarah setiap tahun, dan sekitar setengah dari populasi manusia di dunia berisiko terkena penyakit ini.

Seseorang yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya jumlah keping darah atau trombositnya menurun drastis dibawah ambang normal. Dan penurunan jumlah trombosit ini bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Keping darah atau yang dalam istilah medis disebut dengan trombosit berperan dalam membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang akan terbuang ketika terjadi pendarahan. Selain itu, trombosit mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh Anda tidak mudah terkena infeksi atau gangguan penyakit berbahaya lainnya.

Gejala demam dengue klasik biasanya diawali dengan demam tinggi (>40 ÂșCelsius) selama 4-7 hari setelah digigit nyamuk, serta:
  • Sakit kepala parah
  • Nyeri pada bagian belakang mata
  • Nyeri otot dan sendi parah
  • Mual dan muntah
  • Ruam
Ruam mungkin muncul di seluruh tubuh 3 sampai 4 hari setelah demam, kemudian berkurang setelah 1 hingga 2 hari. Anda mungkin mengalami ruam kedua beberapa hari kemudian.

Demam berdarah dengue (Dengue hemorrhagic fever)
Gejala dari dengue hemorrhagic fever meliputi semua gejala dari demam dengue, ditambah:
  • Muntah terus menerus
  • Sakit perut parah
  • Sulit bernapas setelah demam awal mereda
  • Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening
  • Perdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit, menyebabkan memar berwarna keunguan
Selama 24 hingga 48 jam kedepan, kapiler darah di seluruh tubuh mulai bocor. Komponen darah yang bocor dapat mengalir dan membanjiri rongga perut (peritoneum) dan rongga paru-paru.
Perdarahan juga dapat berisiko menimbulkan kerusakan pada kelenjar getah bening dan pembesaran hati. Jenis penyakit dengue ini dapat menyebabkan kematian.

Penyakit tertentu seperti demam berdarah sering menyebabkan jumlah trombosit Anda menurun. Jika jumlah trombosit menurun, sistem kekebalan tubuh pun ikut melemah. Akibatnya Anda semakin tidak berdaya dalam melawan penyakit Anda. Seperti dilansir dari berbagai sumber media online, inilah jenis makanan dan bahan-bahan lain yang bisa menambah jumlah trombosit dalam darah.

Kismis
Buah-buahan kering seperti kismis mengandung 30% zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar trombosit secara alami. Kismis terbukti mengandung zat besi dan membantu memperkuat tubuh sambil menormalkan jumlah trombosit darah. Kismis dapat dimakan sebagai camilan, ditambahkan pada hidangan oatmeal atau bahkan dicampurkan dengan yoghurt.

Kiwi
Kiwi penuh dengan nutrisi sehat seperti vitamin C, E, K, folat, dan potasium. Dengan kadar potasium yang tinggi, maka mengonsumsinya akan memelihara keseimbangan elektrolit yang berdampak positif untuk meningkatkan jumlah trombosit.

Aprikot
Aprikot adalah jenis buah yang tinggi akan zat besi di dalamnya. Mengonsumsi sebuah aprikot setiap hari dapat menambah jumlah keping darah Anda. Aprikot bentuknya bulat sekepalan tangan orang dewasa dan sepintas mirip apel. Hanya saja daging buahnya berwarna oranye mirip jeruk dan jika santap, teksturnya mirip buah plum yang empuk dan rasanya segar.

Biasanya aprikot sering ditemui dalam keadaan kering, selai atau berupa manisan. Konon, belum diketahui asal usul buah aprikot berasal dari mana, namun buah satu ini diklaim telah dibudidayakan di India lebih dari 3.000 tahun.

Kini, aprikot sangat mudah ditemui karena penyebarannya hampir merata ke seluruh dunia. Hampir sama dengan buah-buahan lain yang berwarna oranye, aprikot mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, betakaroten, serat hingga kaya akan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa mencegah kanker. Ternyata, khasiat alami buat aprikot tak cuma bisa dirasakan jika dikonsumsi langsung untuk meringankan demam berdarah dan meningkatkan trombosit, tapi juga bisa diekstraksi menjadi minyak untuk jadi produk perawatan kecantikan.

Angkak
Sudah banyak berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan apakah angkak bisa menyembuhkan pasien DBD dan bagaimana cara kerjanya. Sebuah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah rendah).

Seperti yang kita tahu bahwa pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.

Hal ini juga diperkuat oleh penelitian dari Universitas Airlangga tahun 2013 yang dilakukan pada dua kelompok pasien DBD, masing-masing kelompok berjumlah 15 orang. Satu kelompok diberikan kapsul angkak dan satu lagi tidak diberikan angkak. Hasilnya adalah kadar trombopoietin (TPO) menurun pada pasien DBD.

TPO merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab dalam pembentukan trombosit, di mana TPO ini berada dalam kadar yang tinggi pada pasien DBD. Kadar TPO pada pasien DBD berbanding terbalik dengan kadar trombosit. Sehingga, penurunan kadar TPO pada pasien DBD merupakan hal baik bagi kesembuhan pasien DBD.

Dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa angkak dapat meningkatkan trombosis pada pasien DBD. Hal ini mungkin terjadi karena angkak dapat meningkatkan pembentukan trombosit di sumsum tulang belakang (Trisnadjaja, 2006) dan angkak mempunyai efek antiperadangan dari metabolit, monakolin K, ankaflavin, dan monascin (Lin, et al., 2011).

Dari kedua penelitian tersebut dapat disimpulkan angkak dapat membantu penyembuhan pasien DBD dengan cara membantu peningkatan kadar trombosit pada pasien DBD. Kombinasi pemberian angkak dan jambu biji pada pasien DBD juga dapat membantu pasien DBD cepat sembuh.

Penelitian yang diterbitkan oleh IOSR Journal of Pharmacy tahun 2015 telah membuktikan bahwa tikus putih yang diberikan angkak dan jus jambu biji memiliki peningkatan trombosit paling tinggi. Kombinasi angkak dan ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan nilai hematokrit darah.

Kurma
Kurma tinggi akan zat besi serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menambah trombosit secara alami.

Gandum utuh
Daripada nasi, lebih baik konsumsi gandum utuh sebagai asupan karbohidrat Anda saat sakit. Sebab gandum kaya akan serat, nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.

Buah dan Daun Pepaya
Pepaya adalah buah terbaik yang bisa meningkatkan jumlah keping darah Anda. Selain buahnya, mengonsumsi daun pepaya yang direbus juga dapat meningkatkan kadar trombosit Anda secara alami.

Pepaya merupakan salah satu buah terbaik yang mendatangkan banyak manfaat sehat. Buah ini dikenal kaya akan vitamin, folat, serat, papain, chymopapain dan potasium. Semua nutrisinya diyakini membantu untuk menyembuhkan demam berdarah. Meminum segelas jus pepaya setiap hari selama 4 hari berturut-turut mampu memberikan hasil yang positif untuk peningkatan kesehatan tubuh.

Menurut penelitian, ekstrak daun pepaya meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah. Penelitian ini dilakukan pada 400 pasien, sebagian mendapat pengobatan standar untuk demam berdarah dan sebagiannya lagi berada dalam kelompok kontrol, menerima dosis spesifik dari ekstrak daun pepaya dalam bentuk tablet.

Hasilnya ditemukan bahwa pasien dalam kelompok kontrol memiliki jumlah trombosit yang meningkat selama terapi pepaya dan memiliki lebih sedikit efek samping. Mereka juga tidak memerlukan transfusi darah.

Tak sedikit pakar kesehatan yang merekomendasikan jus daun pepaya ini sebagai obat yang efektif mengobati demam berdarah. Selain mengobati, ekstrak daun pepaya pun diklaim bisa mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes yang ditularkan ke dalam darah, seperti demam tinggi, ruam kulit dan penurunan jumlah trombosit.

Delima
Buah berwarna merah ini kaya akan zat besi yang bisa membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit. Selain itu delima yang tinggi akan vitamin dapat membantu Anda dalam melawan penyakit demam berdarah.

Delima kaya akan nutrisi alami yang disebut dengan flavonoid polifenolik yang berfungsi untuk memerangi mikroba dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan zat antioksidan di dalamnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menambah jumlah trombosit secara alami. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi 300 ml jus delima setiap hari agar sembuh dari penyakit ini.

Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung vitamin K yang baik dikonsumsi ketika jumlah trombosit Anda menurun. Selain bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keping darah Anda.

Jambu Biji Merah
Buah jambu biji sarat betakaroten dan vitamin C. Menjelang matang, kandungan vitamin C jambu biji bahkan enam kali lebih besar ketimbang jeruk. Kandungan tersebut sangat diperlukan bagi penderita demam berdarah yang mengalami kekurangan plasma darah akibat penurunan trombosit. Jambu biji kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin berfungsi sebagai antiperadangan, antihistamin, dan antioksidan yang mujarab sehingga bisa mencegah pembentukan enzim mRNA. Enzim inilah yang akan membuat virus dengue semakin kuat dan menyebar dalam tubuh pasien DBD. Maka, jangan lewatkan manfaat jambu biji ini untuk melawan infeksi virus secara alami.

Selain mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi penting, jambu biji juga mengandung berbagai jenis mineral serta kalsium. Untuk meningkatkan jumlah keping darah, Anda membutuhkan kalsium dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, fosfor juga bisa memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran. Anda bisa menemukan kalsium serta mineral-mineral tersebut dalam jambu biji.

Bawang putih
Selain baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, mengonsumsi bawang putih juga mampu menambah keping darah dalam tubuh. Oleh karena itu jangan buang bawang putih yang biasanya muncul di dalam masakan Anda.

Buah bit
Mereka yang mengalami anemia serta sedang lemas, konsumsi semangkuk buah bit setidaknya dua kali dalam seminggu. Buah ini mampu menjaga jumlah keping darah Anda agar tidak turun.

Hati
Baik hati ayam maupun hati sapi, keduanya bermanfaat untuk menambah jumlah trombosit atau keping darah Anda. Namun pastikan bahwa Anda telah memasaknya dengan benar sebab proses pemasakan yang salah bisa merusak kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda sedang sakit dan jumlah trombosit menurun, sebaiknya konsumsi makanan di atas. Sebab cara tersebut merupakan cara sehat untuk menambah jumlah trombosit. Jangan pernah meremehkan turunnya jumlah trombosit apalagi sampai jauh dibawah ambang batas normal karena sangat membahayakan jiwa anda.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 16:35
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.