Gabungkan Minyak Zaitun Dan Jinten Hitam Untuk Atasi Sakit PMS dan Darah Tinggi

loading...
Apa Itu Minyak Zaitun dan Jintan Hitam?
Minyak zaitun atau minyak olive (bahasa Inggris:Olive oil) adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Sedangkan Jintan hitam atau Habbatussauda adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Dengan Kombinasi Minyak Zaitun dan Habbatusauda

Habbatussauda dalam banyak riset terbukti dapat menurunkan tekanan darah, demikian juga minyak zaitun yang selain menurunkan tekanan darah juga bermanfaat mecegah pennyumbatan pembuluh darah, dan sangat membantu wanita dalam hal problem kewanitaan semisal nyeri haid ataupun gangguan siklus haid.

Sebuah kajian ilmiah yang berjudul Olive oil biophenols and women’s health, yang disusun oleh Ivan Fistonic dan sekelompok ilmuwan dari Gynecology, Obstetrics and Menopause Clinic Preradovićeva, Zagreb, Kroasia, yang dimuat di Medicinski Glasnik, Volume 9, Number 1, February 2012, menjelaskan banyak hal bagaimana sebenarnya minyak zaitun ini merupakan sahabat yang menyehatkan bagi kaum wanita.

Atasi Juga Sindrom Pramenstruasi dengan Habbatusauda dan Minyak Zaitun

Sindrom pramenstruasi (PMS) pada wanita biasanya ditandai dengan iritabilitas, kesulitan berkonsentrasi, insomnia, kembung dan edema, periode yang menyakitkan dan nyeri payudara, mual, dan diare. Dengan mengurangi proses oksidatif di otak, serta peran vitamin E, triterpen, dan fenol yang terkandung dalam minyak zaitun secara signifikan mengurangi gangguan yang muncul akibat PMS. Asam linoleat mengurangi transformasi asam arakidonat menjadi prostaglandin (PGE2), yakni hormon yang kuat yang mempengaruhi rahim dan bertanggung jawab untuk kontraksi yang menyakitkan selama periode haid. Dalam hal ini kombinasi minyak zaitun dan minyak habbatussauda sangatlah dianjurkan.

Manfaat Lain Minyak Zaitun

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun berkualitas tinggi mengurangi low-density lipoprotein (LDL) peroxidation secara signifikan lebih tinggi dari minyak bunga matahari pada wanita pascamenopause yang menderita hiperkolesterolemia.

Minyak zaitun extra virgin adalah suplemen gizi terbaik bagi wanita hamil, karena keseimbangan lemak idealnya merupakan gizi berharga yang penting untuk perkembangan janin intrauterin serta pengembangan jaringan lemak optimal selama masa bayi awal.
Sindrom pramenstruasi (PMS) pada wanita biasanya ditandai dengan iritabilitas, kesulitan berkonsentrasi, insomnia, kembung dan edema, periode yang menyakitkan dan nyeri payudara, mual, dan diare. Dengan mengurangi proses oksidatif di otak, serta peran vitamin E, triterpen, dan fenol yang terkandung dalam minyak zaitun secara signifikan mengurangi gangguan yang muncul akibat PMS. Asam linoleat mengurangi transformasi asam arakidonat menjadi prostaglandin (PGE2), yakni hormon yang kuat yang mempengaruhi rahim dan bertanggung jawab untuk kontraksi yang menyakitkan selama periode haid.

Manfaat Minyak Habbatussauda bagi wanita:
Mengandung tocopherol (Vitamin E) dalam dosis yang tinggi. Vitamin E merupakan antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap awet muda dan mencegah penuaan dini.
Mengandung thymoquinone yang merupakan antioksidan antikanker, yang terbukti secara riset menangkal berbagai type kanker ganas.
Thymoquinone juga merupakan zat immunomodulator yang mampu memberikan daya tahan tubuh atau immunitas tubuh yang maksimal.

Manfaat Dan Resep Cara Menggunakan Minyak Zaitun, Habatusauda dan Madu Untuk Pengobatan

Beberapa resep penggunaan dan manfaat habbatus sauda’:

  1. Ditumbuk, dibuat adonan dangan campuran madu, kemudian diminum setelah dicampur air panas, diminum rutin berhari-hari: menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid dan ASI.
  2. Diadon dengan air tepung basah atau tepung yang sudah dimasak, mampu mengeluarkan cacing dengan lebih kuat.
  3. Minum minyaknya kira-kira sesendok dicampur air untuk menghilangkan sesak napas dan sejenisnya.
  4. Dimasak dengan cuka dan dipakai berkumur-kumur untuk mengobati sakit gigi karena kedinginan.
  5. Digunakan sebagai pembalut dicampur cuka untuk mengatasi jerawat dan kudis bernanah.
  6. Ditumbuk halus, setiap hari dibalurkan ke luka gigitan anjing gila sebagian dua atau tiga kali oles, lalu dibersihkan dengan air.

Untuk konsumsi rutin menjaga kesehatan, sebaiknya dua sendok saja. Sebagian kalangan medis menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsinya bisa mematikan.

Madu atau ‘Asl

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Beberapa hasil penelitian tentang madu:

a. Bakteri tidak mampu melawan madu

Dianjurkan memakai madu untuk mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti)

b. Madu kaya kandungan antioksidan

Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress)

c. Madu dan kesehatan mulut

Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.

d. Madu dan kulit kepala

Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala dan wajah diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.

e. Madu dan pengobatan kencing manis

Madu mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsure antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.

f. Madu mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung

Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.

g. Selain itu madu amat bergizi, melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, cocok untuk mengobati batuk berdahak. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa bertahan sampai enam bulan.

Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih dan tidak tajam serta yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiri daripada yang diambil dari sarang biasa, dan itu tergantung pada tempat para lebah berburu makanannya.

Minyak Zaitun

“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Fungsi minyak zaitun:

  1. Mengurangi kolesterol berbahaya tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
  2. Mengurangi risiko penyumbatan (trombosis) dan penebalan (ateriosklerosis) pembuluh darah.
  3. Mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi.
  4. Mengurangi serangan kanker.
  5. Melindungi dari serangan kanker payudara. Sesendok makan minyak zaitun setiap hari mengurangi risiko kanker payudara sampai pada kadar 45%.
  6. Menurunkan risiko kanker rahim sampai 26%.
  7. Pengkonsumsian buah-buahan, sayuran, dan minyak zaitun memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari kanker kolon.
  8. Penggunaan minyak zaitun sebagai krim kulit setelah berenang melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma)
  9. Berpengaruh positif melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi risiko tukak lambung.
  10. Mengandung lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi manusia seperti yang terdapat dalam ASI.
  11. Penggunaan sebagai minyak rambut pembunuh kutu rambut.
Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 21:21
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.