Daun Gedi, Ciri-ciri, Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

loading...

Manfaat Daun Gedi Yang Kaya Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh Untuk Kesehatan

Daun gedi adalah jenis tanaman yang biasa disebut sebagai sayuran yondok, yang banyak tumbuh di daerah Indonesia Timur khususnya di Manado. Daun gedi juga dapat digunakan sebagai sayuran tambahan dalam bubur manado yang sangat terkenal. Tanaman daun gedi ini memiliki nama latin Hibiscus manihot L sinonimnya Abelmoschus manihot. Daun tanaman ini memiliki ciri-ciri mirip seperti daun pepaya, hanya saja ini lebih lembut permukaannya.

Daun gedi (Abelmoschus Manihot) merupakan jenis sayuran khas dari daerah Sulawesi Utara, masyarakat disana biasanya menyayur daun gedi dengan sebutan sayur nyondok yang enak.

Daun gedi memiliki ciri yaitu dengan struktur daun menjari dan berlekuk, hampir seprti daun pepaya, dan memiliki warna hijau segar.

Tanaman gedi biasanya tumbuh pada ketinggian mencapai 2 meter, daun gedi memiliki lima ruas menjari dengan ujung daunnya meruncing.
Biasanya masyarakat Sulawesi Utara menanamnya di pekarangan rumah, dengan media pot ataupun secara langsung di pekarangan.

Daun gedi sangat berkhasiat sekali bagi kesehatan, karena banyak sekali kandungan yang baik yang terdapat pada daun gedi.

Kandungan daun gedi diantaranya Alkaloid, Tanin, Terpenoid, Saponin, Flavonoid, Polifenol, Serotonin, Vitamin A, dan Vitamin C.

Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, terutama untuk pencegahan penyakit yang berbahaya seperti jantung maupun diabetes.

Tidak hanya enak untuk dijadikan makanan, daun gedi juga bisa digunakan sebagai sarana pengobatan. Penelitian menunjukan, manfaat daun gedi untuk kesehatan sangatlah banyak. Salah satu manfaatnya adalah sebagai suplai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Daun gedi mengandung banyak senyawa flavonoid yang salah satu khasiatnya adalah untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung. Karena itu, bagi orang yang menderita penyakit seprti kolesterol, sakit jantung serta tekanan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi daun gedi sebagai cara alami mencegah penyakit tersebut.

Berikut adalah beberapa khasiat yang mampu dilawan oleh tanaman daun gedi dalam membantu kesehatan tubuh, yaitu :

Mengobati Maag
Kandungan yang dimiliki pada bunga dan daun gedi yang bermanfaat untuk melindungi lapisan dinding lambung sehingga mengurangi resiko iritasi yang diakibatkan bakteri atau makanan yang memiliki pengaruh buruk pada lambung anda. Maka dianjurkan untuk mengkonsumsi daun gedi secara rutin.

Mengobati Jantung
Daun gedi memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, maka sebaiknya konsumsi lah daun gedi sebagai pencegahan. Daun Gedi juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu mengikat kolesterol dan lemak untuk dikeluarkan dari tubuh. Daun gedi juga termasuk dalam sayuran yang memiliki manfaat sebagai obat pelangsing dan membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Mengobati Osteoporosis
Daun gedi sangat mampu dalam mencegah osteoporosis, karena gangguan osteoporosis biasanya di alami wanita pasca menopause, akibat menurunnya kadar hormon estrogen. Maka konsumsilah daun gedi secara rutin u tuk masa pencegahan penyakit esteoporosis.

Mengobati Diabetes, Ginjal, Kejang dan Depresi
Daun gedi memiliki kandungan flavonoid, yang mampu mengatasi kejang akibat epilepsi, sebagai obat anti depresi dan melindungi saraf otak. Karena kandungan flavonoid inilah, ekstrak bunga gedi banyak digunakan untuk mengobati diabetes dan gangguan ginjal.

Kaya Protein dan Vitamin A
Daun gedi memiliki protein lebih banyak dibandingkan bayam. Ketika sumber protein lainnya sulit untuk dijangkau harganya, maka daun ini dapat menjadi alternatif pilihan. Selain itu daun gedi memiliki kandungan vitamin A dua kalilipat.

Tinggi vitamin C
Daun gedi memiliki kandungan yang tinggi serat. Selain itu vitamin C yang dikandungnya memiliki kandungan sama banyak dengan pisang. Sehingga mengandung dua kali jumlah Riboflavin, Tiamin dan Mineral. Termasuk didalamnya Besi, Kalium dan Kalsium.

Daun gedi untuk memperkuat janin
Daun gedi mengandung asam folat yang baik dalam perkembangan janin sebab saat hamil ibu hamil sering mengalami anemia megaloblastik kehamilan. Anemia ini disebabkan ibu kekurangan asam folat. Daun gedi dapat sekaligus menjadi penambah stamina.

Daun gedi berkhasiat dalam mencegah keguguran
Ketika seorang ibu yang hamil mengalami keguguran dan pendarahan yang disengaja maupun tidak, maka hal ini dapat dicegah dengan daun gedi sehingga janin ibu hamil menjadi kuat. Seorang ibu yang sedang mengalami kekurangan asupan gizi karena kelelahan maka daun gedi dapat menajdi sumber nutrisi karena kehilangan berat badan dan diare.

Memudahkan untuk persalinan
Penduduk asli mikronesia semenjak dahulu ternayat telah menggunakan daun gedi tak hanya untuk menyembuhkan flu, diare atau pun disentri, namun daun gedi dikonsumsi agar memudahkan dan mempercepat dalam persalinan. Para peneliti meneliti daun gedi yang ternyata dalam daun ini menemukan antiviral (antivirus). Daun ini memiliki kandungan ekstrak etanol yang memiliki sifat antikonvulsan dan antidepresan. Daun gedi sendiri merupakan agen yang menawar rasa sakit atau menenangkan.

Daun gedi untuk mengontrol kesuburan
Di Negara Karibia, daun gedi sendiri dipercaya untuk mengatasi masalah pada sistem reproduksi wanita. Hal ini disebabkan daun gedi dapat mengatur gula darah. Selain itu daun gedi bersifat afrodisiak atau dapat meningkatkan gairah seksual. Tanaman ini juga memperbaiki fungsi seksual pada wanita.

Daun gedi untuk menambah produksi ASI.
Karena daun gedi mengandung asam folat, maka daun ini sangat baik untuk menyusui. Dengan demikian sumber nutrisi dalam daun gedi ini akan meningkatkan kualitas ASI yang diproduksi dan meningkatkan kuantitasnya menjadi lebih banyak.

Daun gedi untuk mengurangi asidosis pada ibu yang hamil
Tanaman ini merupakan sumber kaya kalsium dan kaya akan unsur –unsur alkali dimana hal ini penting dalam menjaga jaringan yang bersih dan menjaga sifat basa dalam darah (alkali). Selain itu dapat mencegah penyakit kronis yang terjadi karena terlalu banyak asam dalam tubuh si ibu.

Daun gedi dan campuran wotel untuk perawatan gigi ibu hamil
Jika saat seorang ibu hamil yang memiliki keluhan sakit pada gigi harus mengurangi pemakaian obat kimia yang dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan janin, maka gedi memiliki penawar sebagai pengganti obat kimia, yaitu dengan meracik daun gedi menjadi jus, sehingga efektif dalam memperkuat gusi dan menyembuhkan gigi berlubang. Pada pembuatan jus yang ditambah dengan wortel akan menyembuhkan pendarahan gusi dan ulserasi. Atau dengan mengunyah daun gedi pada gusi.

Daun gedi sebagai obat sembelit pada ibu hamil
Jus gedi yang dibuat akan dapat membersihkan saluran pencernaan dan menghapus timbunan limbah yang lama melekat pada usus. Sehingga selain berfungsi memelihara bermanfaat juga untuk meremajakan gerakan usus.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 19:47
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.