Viral Manfaat Daun Kersen, Fakta Atau Mitos, Daun Kersen Untuk Obat Diabetes?

loading...

Berita Viral Tentang Daun Kersen untuk Obat Diabetes, Manjurkah? Ini Kata Ahli

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untuk ceri yang sebenarnya, lihat artikel ceri). Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Daun kersen memiliki manfaat tentunya bukan tanpa alasan. Manfaat daun kersen ini didapatkan dari berbagai kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan dalam daun kersen merupakan senyawa yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan dalam daun kersen antara lain adalah air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, riboflavin, dan niacin. Daun kersen juga memiliki kandungan lain seperti flavonoid, saponin, tanin, juga steroid.
Viral broadcast yang menyebutkan daun kersen sebagai obat diabetes. Daur kersen, daun talok, atau daun seri ini disebut dapat membantu menyembuhkan luka pada pasien diabetes.

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Danang Ardiyanto menyebut penelitian tentang hal itu masih sangat terbatas.

"Kalau di tempat saya belum saya gunakan dan belum diteliti. Tapi kalau dari studi literatur, efek anti-DM (Diabetes Mellitus) baru sebatas pada hewan coba," jelas Danang.

Pada daun kersen, senyawa aktif yang diduga memiliki aktivitas anti-DM adalah kalkon, isoliquiritigenin, krisin dan flavonoid. Hal ini membuat konsumsi daun kersen bisa dikategorikan aman, asalkan sesuai dengan dosis turun temurun yang biasa dipakai.

"Tingkat level of evidencenya sebatas dari empiris/turun temurun dan uji praklinik/hewan coba. Untuk memastikan khasiat dan keamanan pada manusia harus dengan uji klinik," tegasnya.

Danang pun mengimbau, bila obat herbal belum memiliki uji klinis pada manusia maka sebaiknya digunakan secara 'on top' atau berbarengan dengan obat modern. Jadi, dianjurkan pasien diabetes juga tetap harus mengonsumsi obat dari dokter sekalipun ingin mencoba mengonsumsi daun kersen.

Terdapat beberapa cara menggunakan daun kersen untuk obat herbal seperti berikut ini:

1. Direbus

Cara pertama untuk menggunakan daun kersen adalah direbus. Caranya adalah dengan merebus segenggam daun kersen dengan dua gejas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Anda bisa meminum 2 hingga 3 gelas air rebusan ini setiap harinya.

2. Diseduh

Cara kedua adalah dengan menyeduh daun kersen yang sudah dikeringkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tersedia daun kersen kering yang beredar di pasaran. Sama seperti rebusan daun kersen, teh daun kersen juga sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari.

3. Dibuat jus

Semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun kersen, maka efek pengobatannya semakin tinggi. Anda juga bisa membuat jus daun kersen untuk mendapatkan manfaatnya. Jus daun kersen dipercaya memiliki kandungan senyawa-senyawa penting yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan direbus atau dikeringkan.

4. Sebagai obat luar

Daun kersen juga bisa berfungsi sebagai obat luar yang bisa mengobati berbagai peradangan pada kulit. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda bisa meremas, menumbuk, atau bahkan menghancurkan daun kersen menggunakan blender. Jika daun sudah hancur, segera aplikasikan ke bagian kulit yang mengalami peradangan. Jika menginginkan hasil yang lebih cepat, lakukan 3 kali sehari.

Berikut ini adalah bunyi broadcast yang viral:

Diteruskan Obat dari teman :
OBAT DIABETES PALING AMPUH_

#AJAIB !! INILAH OBAT DIABETES PALING AMPUH, SEBARKAN JANGAN SAMPAI PUTS DI TANGAN ANDA


Sebatas untuk Pengalaman..


Ibuku Penderita diabetes atau keunggulan gula dlm Darah sampai bila badan luka jadi akan


SUSAH UNTUK PULIH.


Karena Ibuku juga STROKE dan nyaris Semua Badan susah digerakkan sampai sepanjang

Hari hanya tidur/berbaring saja.

Sejak satu tahun lalu Pinggul Ibuku terluka (mungkin saja umumnya terlentang) Luka itu Buat lobang dipinggul sampai mengeluarkan Darah dan selanjutnya Bernanah dan Busuk. Luka itu mulai Melebar dan buat lobang sana sini Hingga luka itu tampak sangat kronis.. dan mengakibatkan bau busuk (tidak perlu saya perlihatkan fotonya krn menjijikkan)


Sepulang dari Malaysia saya berusaha Konsultasi dgn dokter tentang luka itu, dan dokter berkata Bila sisi tubuh sudah mulai membusuk harus di POTONG supaya tdk melebar kemana mana. saya Sudah cobalah bermacam langkah tp luka itu tdk kunjung pulih


Lalu ada Seseorang Rekan yg menyarankan untuk Minum rebusan daun talok/kersen/seri,

yang memiliki nama Latin
(Muntingia Calabura L)
dan saya putuskan untuk mencoba..

Awal minum Rebusan daun itu Ibuku Demam

Dan Luka Mengeluarkan Nanah banyakkkkkk Hingga harus Saya Tukat Perban beberapa kali, Setelah dua hari Minum.. Luka itu Tidak mengeluarkan Nanah lagi dan mulai keluar Darah Merah dan Beberapa Hari setelah itu seperti ada daging yg tumbuh Menutupi luka.

Luka itu mulai tambah baik dan tidak mengeluarkan Darah atau Nanah lagi,kurun Waktu sebulan.. Luka mulai kering. Dan Luka Kecil mulai Tertutup, Luka besar mulai Menciut.


Hingga saat ini tetap masih saya minum kan.. tp daunnya tidak saya rebus tp saya keringkan dan saya seduh seperti buat teh hijau. Satu gelas diminum 2 x satu hari


Caranya:


1: Petik saja daun talok/kersen yang masih segar, lalu jemur di bawah sinar sampai kering


2: Jika sudah kering, kita bisa menyeduh daun talok kering ini dengan air panas.


3: Biarkan sampai hangat baru diminum seduhan daun ini sebelum tidur


4: Ampasnya bisa digunakan lagi untuk menyeduh dengan air panas baru besok paginya, lalu buang. Tapi kalau tidak sayang bisa sekali pakai saja.


5: Minumlah secara rutin hingga gula darah Anda normal kembali.


Jika Sudah Normal, tinggal menjaga saja agar tidak kumat lagi yah. Karena penyakit Diabetes ini hanya bisa dihindari dengan pola hidup sehat. Bahkan bisa menyerang di segala usia. Mencegah lebih baik daripada mengobati.


#Semoga Informasi ini Bermanfaat,


Tolong informasi ini Jangan Sampai

Putus di tangan anda tolong Bantu untuk Membagikan informasi ini Supaya
Berguna Buat Saudara2
Kita yang Sedang Membutuhkan

Manfaat Lain Daun Kersen

1. Mengontrol kadar kolesterol

Manfaat daun kersen yang pertama adalah dapat menurunkan kada kolesterol jahat. Berdasarkan sebuah penelitian, terbukti bahwa daun kersen dapat menurunkan sintesis kolesterol dan membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah. Manfaat daun kersen yang satu ini kemungkinan didapatkan dari kandungan saponin dan flavonoid yang ada dalam daun kersen.
Kedua senyawa ini memang sudah banyak diteliti mampu untuk menurunkan kadar kolestersol dalam darah. Menurunnya kadar kolesterol jahat dalam darah akan berguna untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit kardiovaskular.

2. Mengobati diabetes

Selain mampu menurunkan kolesterol jahat, manfaat daun kersen lainnya adalah sebagai antidiabetes. Masih berkaitan dengan kandungan flavonoid dan saponin di dalamnya, kedua kandungan ini juga ternyata mampu untuk membantu seksresi hormon insulin dalam tubuh.
Seperti yang kita ketahui bahwa hormon insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah. Daun kersen bisa membantu mengontrol gula darah sehingga baik digunakan untuk mencegah diabetes kambuh dan bisa dijadikan pencegahan untuk Anda yang memiliki potensi daibetes.

3. Antikanker

Manfaat daun kersen selanjutnya adalah sebagai antikanker dan juga tumor. Kandungan senyawa tanin, saponin, dan flavinoid dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu pemicu kanker.

4. Antibakteri

Bakteri adalah jenis mikroorganisme yang bisa menyebabkan berbagai infeksi dalam tubuh. Sifat antibakteri ternyata juga merupakan salah satu manfaat daun kersen. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun kersen mengandung senyawa flavonoid berupa flavonol, flavon da auron, yang terbukti memiliki daya antibakteri terhadap beberapa bakteri.
Bakteri yang terbukti bereaksi pada ekstrak daun kersen antara lain seperti E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis. Setiap bakteri menyebabkan infeksi yang berbeda. Bakteri E. Coli merupakan bakteri utama penyebab diare. Selanjutnya bakteri P. Aeruginosa penyebab otitis internal. Bakteri S. Aureus bisa menginfeksi saluran pernapasan dan juag kulit. Serta bakteri B. Subtilis yang umumnya menyebabkan kerancunan makanan.

5. Anti peradangan

Manfaat daun kersen selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai obat antiinflamasi atau antiperadangan. Fungsi ini pada dasarnya masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Daun kersen yang aktif melawan bakteri membuat daun kersen dapat bertindak sebagai agen antiinflamasi.
Anda bisa menjadikan daun kersen sebagai salah satu obat alternatif untuk mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan atau bisa juga mengobati peradangan pada kulit. Selain meredakan peradangan, daun kersen juga dipercaya mampu untuk mengurangi nyeri pada tubuh.

6. Mencegah tekanan darah tinggi

Beberapa sumber juga mengakatakan bahwa daun kersen memiliki manfaat untuk darah tinggi. Penyakit darah tinggi bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yang berbahaya karena bisa memicu penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Daun kersen memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi kambuh. Namun jika tekanan darah tinggi sudah terlanjut kambuh dan sudah parah, obat herbal ini efektivitasnya akan menurun.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan manfaat daun kersen yang sudah disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa daun kersen memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin yang ada dalam daun kersen membuat daun ini mampu memelihara tubuh dan menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 20:23
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.