Macam-macam Jenis Pisang dan Cara Mengolah Sesuai Jenisnya

loading...

Mengenal Ciri-ciri Berbagai Jenis Pisang, Kandungan Gizi, Bentuk, Rasa dan Cara Yang Tepat Untuk Mengolahnya Menjadi Makanan atau Jajanan Yang Lezat

Apa Itu Buah Pisang?
Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Buah ini tumbuh bersusun atau tandan, dengan pisang tersusun seperti menjari atau biasa disebut sisir. Ketika matang, semua buah pisang akan berubah warna nya menjadi kuning. Walaupun begitu, ada buah pisang yang berwarna hijau, ungu atau bahkan hitam.
Salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan sarapan di negara maju adalah pisang. Dengan mencampurkan pisang dengan sereal, akan memberikan anda sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas pagi. 200 pelajar yang mengikuti sebuah penelitian membuktikan, bahwa konsentrasi belajar para pelajar meningkat, jika mereka mengkonsumsi pisang pagi harinya. Itu dikarenakan kandungan kalium pada pisang, memberikan sebuah stimulun pada otak. Pisang juga merupakan pilihan terbaik pada bayi yang baru memulai mengkonsumsi makanan padat, karena pisang bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.
Pisang, adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dan itu untuk alasan yang baik. Buah kuning dan mempunyai bentuk melengkung ini, mempunyai gizi yang banyak. Pisang tumbuh disekitar 107 negara di dunia dan berada pada posisi keempat diantara tanaman pangan yang dinilai secara moneter. Pisang mengandung banyak potasium dan merupakan sumber potasium yang baik. Dalam 100gram buah pisang terdapat 358mg potasium. Didalam pisang juga terdapat kandungan kalium yang adalah komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung, serta melawan efek berbahaya dari sodium.

Menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, adalah beberapa manfaat dari menkonsumsi buah pisang. Gizi pada pisang dengan ukuran sedang (Sekitar 126gram) dan itu dianggap satu porsi. Dalam satu porsi pisang, mengandung sekitar 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, diantaranya:
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg
  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
4700 miligram sehari, adalah asupan pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa.
Jika anda mengkonsumsi pisang pada pagi hari, untuk dijadikan sarapan, maka anda akan mendapatkan tambahan nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang juga mempunyai banyak mineral yang disebut elektrolit kalium. Disaat kalium memasuki tubuh anda, maka nanti akan langsung masuk kedalam aliran darah dengan melalui dinding usus. Tempat kalium berjalan adalah disekitar sel-sel tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini terus berlanjut di seluruh tubuh yang diperlukan, dan tetap membuat jantung berdetak. Dari kasus kekurangan kalium yang paling parah, adalah menurunnya irama jantung dan menjadi tidak teratur dan dapat menyebabkan kematian.

Jenis Pisang Ambon

Kalau yang satu ini adalah jenis pisang dengan harga paling murah di pasaran. Pisang ambon memiliki daging lembut dan pulen berwarna kuning pucat kemerahan. Aromanya harum sekali, makanya cocok banget untuk membuat bolu pisang. Tapi dimakan langsung juga enak kok!

Jenis Pisang Kepok

Berlawanan dengan pisang raja, pisang kepok justru memiliki bentuk paling lebar sehingga mudah dikenali. Ukurannya pendek pipih dan seperti memiliki siku. Pisang kepok terbagi dalam dua jenis, kepok kuning dan kepok putih. Kedua jenis ini kurang nikmat disantap langsung. Apalagi kepok putih yang memiliki tekstur daging buah lebih keras dan rasanya sepat, banyak digunakan untuk pakan burung. Sementara kepok kuning lebih enak diolah menjadi pisang goreng tepung, dikukus, atau dibakar.

Jenis Pisang Tanduk

Sama seperti pisang kepok, pisang tanduk juga kurang enak disantap langsung. Pisang jenis ini memiliki bentuk panjang melengkung seperti tanduk, ukurannya paling panjang di antara semua jenis pisang. Tekstur daging buahnya cukup keras, sehingga lebih enak disantap setelah diolah menjadi pisang goreng.

Jenis Pisang Cavendish

Hampir semua supermarket menjual pisang jenis cavendish. Karena kulitnya yang bersih dan mulus, banyak orang menganggap pisang cavendish diimpor dari luar negeri. Jangan salah, pisang cantik ini produk asli Indonesia lho! Perkebunan terbesarnya ada di Lampung dengan teknologi modern sehingga hasil lebih berkualitas. Pisang cavendish berbentuk lonjong ramping, kulitnya berwarna kuning cerah mulus. Tekstur daging buahnya lembut, cocok dimakan langsung atau dijadikan topping makanan. Biasanya para pelaku diet mengonsumsi pisang ini bersama yoghurt dan oat.

Jenis Pisang Barangan

Merupakan salah satu jenis pisang meja unggulan yang memiliki cita rasa khas, manis, dan aromanya harum dan kuat. Pisang yang termasuk kelompok kultivar AAA ini merupakan pisang khas daerah Sumatera Utara dan lazim disajikan sehari-hari dan pada berbagai acara di Sumatera Utara. Selain di Sumatera Utara, pisang barangan juga banyak dibudidayakan di Sulawesi Selatan.

Jenis Pisang Susu

Punya tekstur yang mirip dengan pisang cavendish, ada si mungil pisang susu yang jadi kegemaran balita dan anak-anak. Rasanya lebih manis dari cavendish dan ada sensasi creamy seperti susu. Ukuran pisang susu paling kecil di antara semua jenis pisang. Kulitnya tipis berwarna kuning cerah dengan bintik coklat kehitaman. Bentuknya melengkung tanpa siku. Selain dimakan langsung bisa juga dijadikan isian sandwich atau dadar gulung pisang cokelat.

Jenis Pisang Raja

Meski dinamai pisang raja, jenis ini justru memiliki bentuk paling ramping. Warna kulitnya kuning pucat atau kusam degan sedikit corak kehitaman. Pisang raja banyak digemari karena daging buahnya tebal dan padat. Bisa dimakan langsung, tapi lebih digemari sebagai isian kue tradisional seperti nagasari atau dibuat es pisang ijo.

Jenis Pisang Nangka

Dinamai pisang nangka bukan karena hasil persilangan antara tumbuhan pisang dan nangka lho! Tapi pisang jenis ini memang terbilang unik, dalam kondisi mentah maupun matang warna kulitnya tetap hijau. Sementara daging buahnya berwarna kuning kemerahan dengan tekstur agak keras. Rasa pisang nangka perpaduan manis dan sepat, sehingga kurang enak dimakan langsung. Biasanya dijadikan bahan baku pembuatan keripik pisang atau kudapan pisang epe.

Jenis Pisang Mas

Ukuran pisang jenis ini kecil-kecil dengan warna kuning cerah mulus, tanpa bintik kehitaman seperti pisang susu. Kulitnya agak tebal dengan daging buahnya manis dan lembut. Pisang mas enak disantap langsung, tapi sering juga dicampurkan dalam adonan bolu atau brownies.

Jenis Pisang Barlin

Pisang barlin (sebagian orang menyebutnya pisang berlin) atau disebut juga pisang berlian merupakan jenis pisang meja yang memiliki ukuran dan bentuk mirip dengan pisang mas. Perbedaan fisik antara pisang barlin dan pisang emas terletak pada warna kulit dan bentuk ujung buah. Pisang barlin memiliki kulit berwarna hijau kekuningan dan bagian ujung buahnya lebih lancip dibandingkan pisang mas yang bagian ujung buahnya membulat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 05:55
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.