Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Anggur Yang Layak Diketahui

loading...

Apa Saja Jenis Nutrisi dan Kandungan Kimiawi Pada Buah Anggur? Adakah Bahaya Jika Makan Anggur Secara Berlebihan?

Beberapa literatur mengungkapkan bahwa dari sejumlah nutrisi yang dimiliki oleh anggur, sebagian besar nutrisi tersebut terdapat pada kulitnya. Namun perlu diperhatikan bahwa menurut Department of Agriculture U.S, anggur termasuk dalam enam besar buah dengan kandungan pestisida terbanyak pada kulitnya. Sehingga, sebelum dikonsumsi, sebaiknya Anda pastikan Anda telah mencucinya dengan benar-benar bersih.
Buah anggur terdiri dari beragam macam warna, diantaranya merah, hitam, ungu atau biru (concord), hijau, merah muda dan kuning. Menurut seorang ahli gizi, Alissa Rumsey, secara umum manfaat anggur bagi kesehatan pada masing-masing anggur tersebut sama, tapi kandungan flavonoid dan resveratrol ditemukan paling tinggi pada anggur concord. Namun sajian anggur concord lebih banyak ditemukan berupa jus dibandingkan dalam bentuk anggur segar.

Pada umumnya, buah anggur dimakan secara segar namun banyak juga yang mengolahnya menjadi jus anggur, wine, kismis dan selai anggur. Buah anggur diyakini telah dibudidaya sejak tahun 4000 sebelum masehi di Timur Tengah dan berkembang pesat penyebarannya ke seluruh pelosok dunia mulai adanya perjalanan Kolombus yang mengitari dunia. Buah Anggur dalam bahasa ilmiah disebut dengan Vitis vinifera.
Berikut kandungan buah anggur merah per 100 gram (3,5 oz):
No. Energi 288 kJ (69 kcal)
1 Karbohidrat 18.1 g
2 Gula 15.48 g
3 Serat pangan 0.9 g
4 Lemak 0.16 g
5 Protein 0.72 g
6 Tiamina (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
7 Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
8 Niasin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
9 Asam Pantotenat (B5) 0.05 mg (1%)
10 Vitamin B6 0.086 mg (7%)
11 Folat (Vit. B9) 2 mcg (1%)
12 Vitamin B12 0 mcg (0%)
13 Vitamin C 10.8 mg (18%)
14 Vitamin K 22 mcg (21%)
15 Kalsium 10 mg (1%)
16 Besi 0.36 mg (3%)
17 Magnesium 7 mg (2%)
18 Mangan 0.071 mg (4%)
19 Fosfor 20 mg (3%)
20 Kalium 191 mg (4%)
21 Natrium 3.02 mg (0%)
22 Zink 0.07 mg (1%)
Buah Anggur Kaya akan antioksidan
Radikal bebas adalah kondisi di mana molekul memiliki elektron yang tidak berpasangan. Pada kadar yang seimbang, sebenarnya tubuh Anda masih mampu menetralisirnya. Namun pada kadar yang berlebihan, molekul yang seharusnya mampu membantu tubuh Anda dalam melawan infeksi yang menyerang ini, justru mampu menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh Anda. Anda membutuhkan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang berlebihan pada tubuh.

Anggur diyakini kaya akan kandungan antioksidan berupa flavonoid dan resveratrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, resveratrol yang dimiliki anggur mampu menangkal dampak yang disebabkan oleh peradangan serta pencegahan beberapa penyakit tertentu.

Buah Anggur Untuk Mengendalikan Tekanan Darah
Meningkatkan asupun kalium atau Potasium dapat membantu mengurangi efek negatif dari konsumsi sodium yang berlebihan dalam makanan. Buah Anggur mengandung Kalium yang tinggi sehingga dapat mengurangi efek natrium pada orang yang menderita tekanan darah tinggi. Selain Kalium, Buah Anggur juga mengandung serat yang berperan penting untuk menjaga  sistem kardiovaskular yang sehat, termasuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

Anggur Bermanfaat Mencegah diabetes
Peneliti meyakini bahwa resveratrol mampu mengaktifkan suatu gen yang dapat mencegah tubuh terpapar obesitas. Selain itu resveratrol juga mampu mencegah terjadinya kondisi resisten insulin, dimana tubuh tidak mampu mencerna gula darah, yang mampu memicu tubuh terserang diabetes.

Buah Anggur Untuk Menjaga Kesehatan jantung
Anggur juga mengandung suatu flavonoid yang dinamakan dengan rutin. Pada kondisi tertentu darah dalam tubuh Anda mengalami pembekuan. Rutin yang terdapat pada anggur ini memiliki kemampuan untuk memperlambat laju darah yang mengalami pembekuan ini dengan menghambatnya. Sehingga manfaat anggur yang memiliki kandungan rutin ini juga mampu mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Buah Anggur Untuk Mencegah Degenerasi Makula dan Menjaga Kesehatan Mata
Buah Anggur dapat mencegah kehilangan penglihatan akibat usia dan degenerasi makula. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Miami menunjukan bahwa anggur dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit penglihatan yang berkaitan dengan rusaknya retina mata. Manfaat ini mungkin dikarenakan buah anggur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kedua antioksidan ini dianggap dapat menetralisir molekul yang tidak stabil atau yang biasa kita kenal dengan istilah radikal bebas.

Buah Anggur Bermanfaat Untuk Kesehatan otak
Penelitian yang dilakukan oleh Krikorian terhadap 12 orang dewasa yang telah mengalami penurunan kemampuan mengingat berhasil mengungkapkan bahwa, terdapat peningkatan kemampuan verbal dan peningkatan kemampuan partisipan dalam mengulang memori spasial setelah pemberian jus anggur selama 12 hari. Hasil ini terjadi karena antioksidan yang dimiliki oleh anggur memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik Anda meskipun usia Anda telah menua.

Buah Anggur Berguna Untuk Mencegah serangan kanker
Anggur kaya akan kandungan antioksidan berupa resveratrol yang berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tang FY berpotensi untuk memperlambat perkembangan sel kanker payudara dalam tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Radhakrishnan yang berhasil menyimpulkan bahwa kombinasi antara ekstrak biji anggur dengan resveratrol memiliki kemampuan menekan pertumbuhan perkembangan sel kanker usus.

Anggur Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Flavonoid, Mineral dan Vitamin terutama vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K yang dibutuhkan untuk menjaga sistem organ tubuh dan sistem kekebalan tubuh kita semuanya terdapat dalam buah anggur. Buah ini juga dapat mencegah penyakit umum seperti demam dan pilek dan beberapa penyakit serius yang diakibatkan karena menurunnya sistem kekebalan tubuh kita.

Bahaya Dan Efek Samping Memakan Anggur Secara Berlebihan

Dikutip dari Laman stylecraze berikut ini beberapa efek samping dari mengonsumsi anggur yang terlalu banyak. Apa saja?

Bisa Menyebabkan alergi
Walau jarang terjadi, tetapi ini salah satu efek samping paling serius dari anggur. Bahkan, bagi sebagian orang bisa memicu reaksi alergi. Gejala alergi termasuk gatal-gatal, bercak merah, kesulitan bernapas, dan bersin. Dalam kasus yang parah, bahkan penderita alergi akan mengalami syok anafilaksis. Adapun reaksi itu biasanya disebabkan oleh pestisida yang disemprotkan pada anggur atau jamur yang tumbuh pada anggur.

Mengakibatkan Berat badan bertambah
Anggur diketahui punya nilai kalori yang rendah, di mana satu cangkir anggur hanya memiliki sekitar 100 kalori. Tetapi, karena anggur berukuran kecil maka tanpa disadari biasanya Moms lupa sudah berapa banyak telah memakannya. Sehingga ini akan mengarah pada penggandaan 100 kalori atau bahkan tiga kali lipat.

Menyebabkan Kelebihan karbohidrat
Karbohidrat berubah menjadi glukosa dalam tubuh. Selain itu, karbohidrat juga harus ada dalam makanan sehari-hari Moms. Asupan karbohidrat harian harus berkontribusi 45 hingga 60% dari semua kalori yang dikonsumsi.

Menyebabkan gangguan pencernaan
Mengonsumsi anggur terlalu banyak, baik yang dikeringkan atau dimakan langsung bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan diare. Bagi penderita intoleransi fruktosa, juga bisa mengalami sakit perut bersamaan dengan gangguan pencernaan. Penderita intoleransi fruktosa sebaiknya harus menghindari makan anggur, karena dapat merusak fungsi hati dan ginjal. Sementara kondisi yang lebih ringan terjadi adalah malabsorpsi fruktosa. Ini dapat menunjukkan gejala yang sama tetapi dengan intensitas yang lebih sedikit.

Bisa Menyebabkan perut kembung
Ketika tubuh mencerna anggur, banyak fruktosa yang dilepaskan. Saluran pencernaan memecah fruktosa, tetapi sebagiannya tidak tercerna dan akan berpindah ke usus. Kemudian, bakteri di usus besar mulai memakan gula yang tidak tercerna ini dan melepaskan gas, sehingga dapat menyebabkan perut kembung.

Menyebabkan Muntah
Ketika makan anggur secara berlebihan bukan tidak mungkin akan merasa mual. Ini terjadi karena sistem pencernaan sulit mencerna semua serat dari anggur sehingga membuat rasa tidak nyaman di perut. Kemudian menyebabkan mual dan muntah.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 02:39
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.