Tips Cara Merawat Tanaman Anggur Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

loading...

Budidaya Anggur Dalam Pot Dengan Media Tanam Pasir Dan Kompos (Humus)

Buah Anggur memiliki nama Latin Vitis vinifera atau Vitis labrusca, buah ini termasuk  tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Tanaman Anggur ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah.Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Karena Manfaatnya yang banyak sekali Sehingga Orang semakin gencar untuk membudidayakan tanaman yang satu ini.
Budidaya anggur bisa anda lakukan di jenis tanah berpasir, banyak memiliki kandungan usur hara, memiliki ph 6 hingga 7 dan gembur. Tanaman ini menghendaki suhu uptimal antara 25 hingga 31 derajat C dengan kelembaban udara mencaai 80% dan supplai pencahayaan matahari dari 10 hingga 12 jam setiap harinya.
Budidaya anggur tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Anggur hanya dapat hidup dengan baik di daerah bersuhu panas dan berkelembaban rendah. Itu berarti, tempat yang sempurna untuk budidaya anggur adalah daerah tepi pantai. Lokasinya pun harus dipilih. Sebaiknya, jangan meletakkan pot anggur di tempat yang terlalu luas atau terlalu terbuka. Angin yang terlalu kencang dan suhu udara yang tidak stabil dapat menghambat pertumbuhan anggur.
Berikut beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman anggur :
  • Tungau merah
  • Rayap
  • Kelelawar atau Codot
  • Rayap
  • Burung
  • Ulat
  • Tikus
Sedanngkan untuk penyakit yang sedang menyerang anggur adalah :
  • Plasmopara viticola atau embun tepung
  • Botrytis Cinerea atau Busuk Buah
  • Physopella ampelopsidis atau Karat daun
  • Elisione ampelina atau penyakit kudis
Pot
Jenis Pot untuk tanaman anggur yang paling baik adalah pot tanah liat karena pot ini memiliki pori-pori yang dapat menyerap air. Jika tidak ada pot tanah liat, bisa digunakan pot semen. Pot yang paling buruk adalah pot plastik karena plastik tidak memiliki pori-pori sama sekali.

Media Tanam
Media tanam yang paling cocok untuk tanaman anggur adalah pasir. Karena, pasir memiliki tekstur yang renggang sehingga akar tanaman anggur dapat tumbuh dan bergerak dengan lebih mudah. Agar lebih gembur, pasir dapat dicampur dengan pupuk kandang atau humus.

Benih
Benih anggur dapat didapat dengan berbagai macam, antara lain biji, setek, dan cangkok. Namun, benih yang paling mudah adalah setek. Setek yang baik harus memiliki akar yang panjang dan daunnya sudah mulai berkembang.
Bibit anggur yang baik biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Panjang stek tidak lebih dari 25 sampai 30 cm dengan 2 sampai 3 ruas
  • Batang stek berbentuk bulat dengan diameter 1 cm
  • Pada kulit batang berwarna coklat dan bagian bawah kulit berwarna hijau, tidak ada bercak hitam dan memiliki kandungan air (berembun)
  • Tunas yang tumbuh dari stek terlihat padat dan besar
Ketika telah mendapatkan batang anggur yang akan distek langkah selanjutnya adalah menyemaikan bibit anggur tersebut. Agar bibit bisa tumbuh dengan baik maka perlu dilakukan beberapa langkah sederhana yakni.
  • Semaikan bibit stek dengan menggunakan pot atau polybag selama 5 sampai 7 hari
  • Langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit ke media semai di dalam pot atau polybag yang telah diisi media dengan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan komposisi 1:1:1
  • Sirami bibit secara rutin setiap pagi dan sore hari. Usahakan agar tanaman ini tidak tergenang air
  • Ketika sudah berusia 2 bulan biasanya akan mulai tumbuh tunas-tunas baru dan akarnya mulai banyak

Tips dan Cara Supaya Tanaman Anggur Cepat Berbuah

Hal yang terpenting supaya mempercepat tumbuh buah yaitu pemangkasan pada ranting yang menyebabkan bunga keluar dan cabang tersier. Ketika cabang tersier sudah berwarna coklat atau sudah berumur tiga bulan, pemangkasan boleh dilakukan. Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini dilakukan pada ruas keempat atau kelima dari pangkal cabang.

Pada pemangkasan pertama, malai bunga yang muncul biasanya masih berukuran kecil. Jumlah malai berangsur-angsur akan bertambah pada pemangkasan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Bunga yang muncul setelah pemangkasan lama-kelamaan akan mekar dan menghasilkan buah-buah kecil berwarna hijau. Buah ini akan terus berkembang dan mencapai pertumbuhan maksimal setelah 105-110 hari sejak pemangkasan.
Pada masa pertumbuhan buah, tanaman anggur di dalam pot perlu disiram setiap hari dan pemupukan dilakukan setiap bulan. Adapun pupuk yang diberikan berupa NPK sebanyak dua sendok makan.
Untuk penyiraman pada budidaya anggur bisa dilakukan sekali sehari yakni ketika pagi atau sore hari. Ketika tiba musim penghujan kamu tidak perlu melakukan penyiraman karena tanaman ini tidak suka dengan keadaan tanah yang lembek dan banyak air. Yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan perawatan tanaman ini adalah pemberian pupuk secara berkala. Pemupukan bisa dilakukan ketika usia tanam berumur 90 hari dan dilakukan pemupukan susulan setiap 3 bulan sekali. Pupuk yang digunakan cukup dengan menggunakan urea dengan dosis 15 gr setiap lubang tanaman.
Salah satu ciri buah anggur yang siap dipanen memiliki tekstur buah yang kenyal dan lunak, warna merata pada satu tandan buah serta butir-butir buah anggur mudah sekali lepas dari tandannya. Petiklah anggur ketika masih pagi dan segera masukan ke dalam dos karton atau keranjang yang telah disiapkan. Hindari untuk menumpuk buah anggur dalam satu tempat karena akan menghancurkan buah ini.

Proses pemupukan agar bisa tumbuh subur, berikut tahapan pemupukan tersebut:
  • Ketika tanaman anggur masih berumur kurang dari 1 tahun maka pemberian pupuk bisa dilakukan dengan cara melngkar dari daerah pangkal batang menggunakan nitrogen atau pupuk urea, menggunakan dosis 10 hingga 15 gr per batang anggur denga jarak interval 10 hari.
  • Pemupukan tanaman anggur yang berusia lebih dari 1 tahun adalah dengan cara pemberian pupuk lengkap dengan kandungan NPK dosisnya adalah 80 hingga 100 gr per tanaman.
  • Pemberian pupuk kandang bisa di berikan sekali 6 bulan dengan dosis 20 kg.
  • Berikan pupuk P&K juga pupuk N sebelum pemangkasan, yaitu hitungan 5 hari sebelum pemangkasan di lakukan.
Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Menghilangkan Migran
Jus anggur dikenal sebagai obat rumahan yang mampu membantu menyembuhkan migran. Jika Anda termasuk dalam penderita migran kronis, maka Anda patut mencoba obat alami ini. Caranya dengan membuat jus anggur murni tanpa air dan diminum setiap pagi hari.

Menyembuhkan Sembelit
Kandungan gizi dari buah anggur sangatlah penting untuk menyembuhkan sembelit. Karena anggur mengandung asam organik, selulosa dan gula yang membantu Anda mengatasi masalah sembelit.

Memperlambat Penuaan
Benih dan kulit anggur mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat kuat untuk menunda penuaan. Anda pun dapat memasukkan buah ini ke dalam sarapan pagi Anda secara teratur.

Jantung sehat
Anda tak perlu khawatir lagi akan kesehatan Jantung. Karena saat ini Anda dapat menjaga jantung Anda dengan meminum satu gelas jus anggur atau memakannya dalam keadaan mentah. Cara ini sangat efektif untuk menyehatkan jantung Anda.

Mengatur Gula Darah
Anggur memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga anggur diklaim sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah yang tidak seimbang. Fitonutrien yang hadir dalam buah berbentuk mungil ini sangat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mencegah kanker
Anggur juga kaya akan sumber antioksidan dan anti inflamasi nutris, yang membantu menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Fitonutrien resveratrol, anthocyanin dan proanthocyanidins yang sangat kuat hadir dalam buah anggur dan memiliki sifat anti peradangan yang menyingkirkan pertumbuhan kanker.

Selain buahnya yang enak menggoda ternyata Buah anggut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan bukan, Nah Baca Juga artikel Kami sebelumnya yang telah kami Publikasikan di blog Manfaat Buah ini, yakni Manfaat Buah Semangka, Semoga Bermanfaat.

Berikut adalah zat-zat yang terkandung dalam buah anggur beserta khasitnya:

1.Zat tanin yang bekerja dalam sistem pencernaan dan sirkulasi darah yang berfungsi untuk menyerang virus.
2.zat flavonoid yang berkhasiat untuk sebagai antioksidan dan mencegah atherosclerosis.
3.Zat besi yang berkhasiat membantu pembentukan seldarah merah(haemoglobin).

Selain itu buah anggur juga berkhasiat untuk:

1.Mencegah konstipasi.
2.Membersihkan hati.
3.Membantu fungsi ginjal.
4.Membantu pembentukan darah.
5.Menonaktifkan virus.
6.Menurunkan kolesterol.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

100gram buah anggur segar dicuci bersih dan dibuang bijinya. Setelah itu diblender sampai halus bersama 500cc air matang. Jus ini diminum secara rutin satu gelas sehari setelah makan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 21:57
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.