Fakta Manfaat Hebat Dari Menangis Yang Jarang Diketahui Orang

loading...

Ternyata Menangis Bisa Menyehatkan Jiwa dan Raga, Ini Buktinya !

Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi (bahasa Inggris: lacrimation atau lachrymation; (dari bahasa Latin lacrima, artinya "air mata") untuk membersihkan dan melumasi mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis.
Menangis adalah suatu proses alami yang terjadi pada manusia. Hampir semua manusia dilahirkan dengan keadaan menangis. Setiap manusia dewasa pun pasti pernah menangis. Jika dilihat dari sisi gender, wanita lebih sering menangis daripada pria. Seperti dilansir dari medicaldaily, wanita menangis rata-rata 5,3 kali per bulan, sedangkan pria rata-rata menangis 1,3 kali per bulan. Menurut peneliti, hal ini karena wanita lebih mampu mentransfer emosinya secara biologis menjadi air mata, ditambah juga kelenjar air mata wanita lebih kecil daripada pria. 

Air mata mempunyai sistem yang kompleks, terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan minyak, air, dan mukus. Lapisan air adalah yang paling tebal dan mengandung elektrolit (seperti natrium dan kalium), protein (paling banyak dalam bentuk enzim), glukosa, dan zat lain. Banyaknya kandungan lemak pada lapisan minyak terluar berfungsi untuk memperlambat penguapan. Tetapi, komposisi spesifik dari air mata dapat berubah dari hari ke hari tergantung pada kesehatan dan kondisi Anda.

Manfaat Menangis

Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-2 yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-2 yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu “endorphin leucine-enkaphalin” dan “prolactin.” Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-2 yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-2′nya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun kamu didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena kamu bisa menangis meledak-ledak.

Ada tiga jenis air mata, dengan fungsi yang berbeda-beda

Ada tiga jenis air mata yang keluar dari mata kita, yaitu air mata emosi, air mata basal, dan air mata refleks. Masing-masing air mata ini dapat diproduksi oleh mata tergantung dari fungsi dan penyebabnya.
  • Air mata emosi. Air mata emosi keluar karena adanya tekanan emosi. Air mata ini mengandung kadar zat pembuat stress yang tinggi, seperti adenokortikotropin (ACTH). Air mata ini dapat memberi sinyal emosi kepada orang lain.
  • Air mata basal. Air mata basal selalu ada di dalam mata karena air mata ini berfungsi untuk melembapkan, menutrisi, dan melindungi mata. Kelenjar lakrimal yang berada di sisi terluar bagian mata atas selalu memproduksi cairan yang mengandung protein dan antibakterial. Cairan ini mengalir dari bola mata bagian luar menuju kornea dan melumasi seluruh permukaan mata setiap kali kita berkedip.
  • Air mata refleks. Air mata refleks berfungsi untuk melindungi mata dari iritasi, seperti iritasi yang disebabkan oleh debu, asap, maupun bawang. Jadi saat Anda sedang mengupas bawang, air mata inilah yang keluar.
Selain fungsi yang telah dijelaskan di atas, air mata juga mempunyai fungsi lainnya. Air mata berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan zat gizi, serta mengeluarkan produk sisa yang sudah tidak terpakai oleh tubuh, sama seperti fungsi darah pada tubuh. Air mata juga meningkatkan citra yang terbentuk pada retina dengan menghaluskan penyimpangan yang ada pada permukaan bola mata. Hal itulah yang menyebabkan pandangan Anda kabur saat mata Anda sedang kering. Air mata juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh karena air mata mengandung antibodi, enzim dan komponen kekebalan tubuh lainnya. Zat ini membantu melindungi mata dari mikroorganisme. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan air mata karena fungsi air mata yang sangat banyak.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu [yang telah diperah] bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.” (HR. Tirmidzi [1633]).
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya;
  • [1] seorang pemimpin yang adil,
  • [2] seorang pemuda yang tumbuh dalam [ketaatan] beribadah kepada Allah ta’ala,
  • [3] seorang lelaki yang hatinya bergantung di masjid,
  • [4] dua orang yang saling mencintai karena Allah; mereka berkumpul dan berpisah karena-Nya,
  • [5] seorang lelaki yang diajak oleh seorang perempuan kerkedudukan dan cantik [untuk berzina] akan tetapi dia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah’,
  • [6] seorang yang bersedekah secara sembunyi-sumbunyi sampai-sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan
  • [7] seorang yang mengingat Allah di kala sendirian sehingga kedua matanya mengalirkan air mata (menangis).” (HR. Bukhari [629] dan Muslim [1031]).
Air mata diproduksi sebagian besar oleh kelenjar lakrimal yang terletak tepat di atas sudut luar mata. Saat berkedip, sebenarnya Anda sedang melumasi mata Anda dengan air mata karena pada saat itu air mata menyebar di permukaan mata. Air mata mengalir ke lubang kecil di kelopak mata yang disebut puncta, dan jika produksi air mata berlebih, seperti pada saat menangis, air mata tersebut akan mengalir dari kelopak mata bawah menuju ke saluran pada rongga hidung, di mana Anda dapat menelannya ketika menangis, atau air mata tersebut dapat menjadi bagian dari cairan hidung. Inilah yang menyebabkan Anda merasa susah bernapas ketika Anda menangis.

Menangis Ternyata Juga Penuh Makna dan Hikmah, Inilah Jenis Tangisan Terbaik

Terkadang seseorang menitikkan air mata tatkala memperoleh kebahagiaan, maupun ketika menghadapi persoalan hidup yang pelik. Tentu, tidak ada salahnya bila seseorang menitikkan air mata terhadap kebahagiaan dan musibah yang menimpanya. Sebab, Nabi Muhammad SAW pun pernah menitikkan air mata ketika melepas kepergian putra tercintanya, Ibrahim, untuk selama-lamanya.

Sebagaimana yang diceritakan Anas, kami bersama-sama dengan Rasulullah datang berkunjung ke kediaman Abu Yusuf al-Qain. Istri Abu Yusuf adalah ibu susuan Ibrahim, putra Rasulullah. Kemudian, Rasulullah menggendong Ibrahim lalu menciumnya. Pada kesempatan yang lain, kami kembali berkunjung ke kediaman Abu Yusuf. Tapi, ketika itu Ibrahim kecil sedang menghadapi sakaratul maut. Air mata Rasulullah menetes dari pelupuk matanya. Menyaksikan peristiwa tersebut, Abdurrahman bin Auf bertanya kepada Nabi, "Wahai Rasulullah, mengapa engkau menangis?"

Rasulullah menjawab, "Wahai Ibnu Auf, sesungguhnya itu merupakan ungkapan rasa kasih sayang." Kemudian, Rasulullah mengulang kembali perkataannya, "Sesungguhnya mata memang meneteskan air mata dan hati merasa sedih. Namun, kami tidak mengucapkan sesuatu kecuali kalimat yang diridhai oleh Allah SWT. Dan sesungguhnya kami semua merasa sedih untuk berpisah denganmu wahai Ibrahim."

Kisah ini hendak mengingatkan dalam batas yang wajar air mata kesedihan boleh ditumpahkan, tetapi harus diiringi dengan melafazkan kalimat-kalimat yang diridhai Allah. Selain itu, tangisan air mata juga harus diiringi dengan tindakan dan perbuatan yang diridhai Allah SWT.

Ibnu Abbas RA meriwayatkan, "Ada dua mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka. Yaitu mata yang menangis di pertengahan malam karena takut kepada Allah dan mata yang terjaga di jalan Allah." (HR Tirmidzi). Hadis ini menjelaskan bahwa air mata yang mengalir karena takut kepada Allah SWT dan karena berusaha konsisten di jalan Allah termasuk air mata yang tidak tersentuh api neraka.

Selain itu, air mata mengalir juga disebabkan seseorang yang mendengar, membaca, dan mengkaji Alquran. Sebagaimana Allah SWT berfirman, "Dan apabila mereka mendengarkan apa (Alquran) yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri), seraya berkata, "Ya Tuhan, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Alquran dan kenabian Muhammad)." (QS al-Maidah [5] : 83).

Menurut hasil penelitian dan beberapa ilmuwan, air mata yang tertumpah itu mengandung beberapa manfaat, di antaranya; dapat membantu daya penglihatan menjadi lebih baik, meminimalisasi gangguan bakteri dan racun pada tubuh, menjaga kesehatan hidung dalam membantu pernapasan, meningkatkan motivasi hidup (mood) untuk lebih bahagia dan berprestasi, termasuk membantu meredakan gangguan ketegangan, frustasi, putus asa, dan stres.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 19:37
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.