Macam-macam Cara Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi Bagi Mereka Yang Kurang Suka Air Putih

loading...

Selain Dengan Minum Air Putih, Ada Beberapa Cara Untuk Mencegah Dehidrasi

Musim kemarau telah tiba dan umumnya kita sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih sebagai tindakan antisipasi untuk mencegah dehidrasi dan juga agar metabolisme tubuh selama musim kemarau bisa berjalan normal. Tetapi ternyata ada sebagian orang yang sangat susah saat disuruh minum air putih. Ada yang bilang tidak suka, ada yang bilang tidak butuh dan beribu alasan lainnya. Kadang sebagian dari mereka lebih suka meminum cairan isotonik yang saat ini memang sedang trend dimana-mana dengan berbagai merknya.
Apa Itu Dehidrasi? Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal. Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah lebih dari 60% total berat badan.
Produk minuman isotonik banyak bermunculan bak jamur di musim penghujan. Tidak masalah jika anda mengkonsumsi minuman isotonik sekali-sekali, jangan berlebihan dan jangan setiap hari karena jika konsumsi terus menerus dan dalam jumlah besar akan beresiko terhadap kesehatan anda. Memang pangsa pasar produk-produk minuman penyegar itu terutama olah ragawan dan pada pekerja keras yang banyak mengeluarkan keringat.

Saat mulut kering dan lidah menjadi sedikit bengkak adalah sinyal tubuh mengalami dehidrasi. Cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah minum ketika haus. Tapi jika sudah minum masih ada tanda-tanda dehidrasi, bisa jadi ada faktor lain yang menjadi masalahnya. Jika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan mencoba menghemat air atau menghentikan produksi urine. Akibatnya urine akan berwarna menjadi lebih gelap atau kuning pekat.

Ketika tubuh cukup air, makanan yang dimakan akan bergerak bebas. Usus besar (kolon) akan menyerap air dari makanan yang dimakan dan kemudian mengeluarkan limbah berupa feses. Nah, ketika mengalami dehidrasi, usus besar akan menghemat air yang menyebabkan feses menjadi keras dan kering. Hasilnya adalah sembelit. Dan cara paling aman untuk cegah dehidrasi lebih baik anda konsumsi air minum atau air biasa saja.
Gejala Awal Dehidrasi. Dehidrasi terkadang dianggap sebagai permasalahan kondisi tubuh yang tidak perlu ditangani secara serius, dan kebanyakan anak-anak dan remaja menganggapnya sebagai haus biasa. Namun, jika gejala awal dehidrasi tidak ditangani dengan baik, dapat mengganggu fungsi tubuh. Beberapa tanda-tanda awal dari gejala dehidrasi adalah:
  • Merasa haus dan pusing.
  • Mulut dan kulit kering.
  • Kelelahan.
  • Jarang buang air kecil.
  • Urine berwarna lebih gelap, serta berbau lebih kuat.
Air putih merupakan air biasa namun memiliki kekuatan luar biasa untuk kesehatan tubuh. Minum air putih secara rutin dapat mendukung kesehatan tubuh seperti mengeluarkan semua racun dalam tubuh, meluruhkan lemak, dan mencegah tubuh dari dehidrasi.
Salah satu kondisi yang berisiko menimbulkan dehidrasi adalah diare, terutama bila ini terjadi pada bayi dan anak-anak. Dehidrasi juga bisa dikaitkan dengan cuaca, aktivitas fisik atau olahraga, dan pola makan. Selain diare, dehidrasi juga berisiko muncul pada kondisi muntah-muntah, serta berkeringat berlebihan, misalnya pada saat demam atau berolahraga saat cuaca panas.
Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sayangnya ada beberapa orang yang tidak terlalu suka minum terutama minum putih.
Sebenarnya dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, anda juga bisa terhindari dari ancaman dehidrasi karena berbagai macam jenis buah dan sayuran banyak yang mengandung cairan berupa air yang cukup untuk mencegah serangan dehidrasi.

Berikut adalah cara untuk membuat Anda jadi tidak terkena dehidrasi jika tidak mau minum air putih:

Makan Buah Semangka
Semangka adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung air. Dengan mengonsumsi buah ini anda bisa mendapatkan asupan air yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Makan sup
Anda juga bisa mengonsumsi sup agar terhindar dari dehidrasi. Namun konsumsilah sup bening saja. Sup ini akan lebih menyehatkan jika Anda menambahkan sayuran lengkap di dalamnya.

Minum infused water
Infused water saat ini menjadi tren gaya hidup sehat. Untuk membuat minuman ini, campurkan potongan buah-buahan segar seperti stroberi serta daun mint. Air yang telah tercampur akan mempunyai rasa tersendiri yang menyegarkan. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari potongan buah yang ada di dalamnya.

Mengonsumsi timun
Hampir mirip dengan Semangka, Timun merupakan jenis sayuran dengan kandungan tinggi air di dalamnya. Itulah sebabnya Anda selalu merasa segar setiap kali selesai makan timun. Selain itu, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa makan timun dapat meningkatkan libido bagi perempuan.

Minum teh
Terkadang beberapa orang tidak menyukai minum air putih sebab air putih berasa hambar. Jika Anda termasuk orang yang demikian, cobalah untuk membuat teh. Terutama jika Anda minum teh herbal. Sebagai contoh, minum teh hitam dapat melawan kanker serta meningkatkan kesehatan jantung karena tingginya zat polifenol di dalamnya.
Jika merasa mengalami dehidrasi, minumlah banyak cairan. Anda bisa minum air putih atau jus buah yang diencerkan. Tetapi jika mengalami dehidrasi karena diare, jus buah dan susu sebaiknya dihindari. Usahakan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan minuman bersoda. Jika tidak tertangani, dehidrasi bisa menyebabkan kejang, kerusakan otak, dan bahkan kematian.
Karena dehidrasi bisa menimbulkan bahaya kesehatan yang fatal, cobalah cara di atas bila Anda tidak terlalu suka minum air putih. Selain itu tanpa Anda sadari cara di atas akan membuat Anda menyukai minum air putih. Biasakan minum air putih satu gelas menjelang tidur dan dua gelas ketika bangun tidur kenapa? Karena saat tidurpun tubuh anda masih beraktifitas yang juga bisa mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jadi cobalah praktekkan tips ini secara rutin dan rasakan manfaatnya bagi tubuh anda.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 23:31
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.