Terbongkar! Rahasia Mengapa Burung Beo Pandai Berbicara Meniru Suara Manusia

loading...

Beginilah Cara Burung Beo Si Burung Cerdas Menirukan Berbagai Macam Suara Manusia, Suara Mesin Mobil, Suara Kucing, Suara Anjing dan Tentu Saja Suara Jenis Burung Lainnya

Burung beo merupakan salah satu dari sedikit binatang yang dianggap sebagai ahli peniru suara. Namun, kemampuan mereka dalam menirukan suara lebih unggul dibanding burung lain. Sebuah studi yang terbit di jurnal PLOS ONE menemukan otak burung beo memiliki struktur berbeda dibanding burung penyanyi lain, misalnya burung kolibri. Selain memiliki bagian otak yang mampu mengendalikan pembelajaran vokal bernama core, burung beo juga memiliki sesuatu yang dinamai "cangkang" atau cincin luar juga untuk pembelajaran suara. "Cangkang" milik burung beo berukuran relatif besar, dan inilah yang membuat beo bisa menirukan suara manusia.
Selama ini pecinta burung hanya tahu jika jenis burung-burung tertentu bisa menirukan berbagai suara burung lain dengan sangat mirip. Tetapi berbeda untuk jenis burung beo, burung ini bisa menirukan suara apa saja dan bahkan seperti bisa berbicara menirukan suara manusia yang sedang berbicara.
  • Video youtuibe penampakan burung beo menirukan suara 1, Silakan KLIK DISINI
  • Video youtuibe penampakan burung beo menirukan suara 2, Silakan KLIK DISINI
  • Video youtuibe penampakan burung beo menirukan suara 3, Silakan KLIK DISINI
  • Video youtuibe penampakan burung beo menirukan suara 4, Silakan KLIK DISINI
  • Video youtuibe penampakan burung beo menirukan suara 5, Silakan KLIK DISINI
Para ilmuwan akhirnya mengetahui rahasia di balik kemampuan burung beo yang lihai menirukan suara manusia. Menurut para ahli, semua ini disebabkan oleh struktur otak burung beo yang berbeda dengan otak burung penyanyi lain. "Temuan ini akan membuka jalan besar untuk studi tentang burung beo dalam memahami bagaimana mereka memproses informasi dan menyalin suara manusia," ujar Dr Mukta Chakraborty dari Duke University dilansir Telegraph.
Peneliti dari Duke University, seperti dilansir National Geographic, menyatakan bahwa terdapat perbedaan struktur utama pada otak burung beo yang menjadi alasan kuat mengapa ia bisa menirukan suara manusia dengan sangat baik. Dalam otak burung ini terdapat bagian inti (core) yang berguna mengatur kemampuan vokal. Mereka juga menemukan otak beo ini ternyata berbeda dengan spesies burung lain yang sama-sama bisa bernyanyi, seperti kolibri dan songbird.
Dalam studi ini para ilmuwan memeriksa otak delapan spesies burung nuri, termasuk Conure, cockatiel, lovebirds, dua spesies burung kakatua Amazon, macaw biru dan emas, seekor kea, dan burung beo Afrika. Para ahli kemudian mencari penanda gen spesifik pada burung dan manusia yang digunkanan untuk mempelajari lagu. Mereka membandingkan pola ekspresi gen pada otak ke-8 burung dengan penelurusan saraf.
Sama seperti suara manusia yang dihasilkan dari laring, suara burung beo pun juga berasal dari organ yang sama, namanya syrinx. Kalau laring terletak di atas batang tenggorokan, syrinx milik beo terletak di bawah batang tenggorokan, si atas paru-paru dalam sistem pernafasannya. Menurut peneliti di Harvard University, Irene Pepperberg, seperti dikutip dari CNN, otot-otot rumit yang mengelilingi syrinx dari beo, bisa mengontrol suara yang diproduksi.
Diasumsikan bahwa daerah di sekitar inti otak tidak ada hubungannya dengan pembelajaran vokal tetapi temuan ini mendukung hipotesis tim bahwa manusia dan hewan peniru suara mampu mempelajari lagu karena duplikasi jalur otak.

Ini karena sebagian besar wilayah otak untuk mempelajari suara pada burung terselip di daerah yang juga mengontrol gerakan dan daerah ini menunjukkan beberapa pola khusus ekspresi gen. Ini mungkin menjelaskan mengapa beberapa burung beo juga dapat belajar menari dengan musik. "Dibutuhkan kekuatan otak yang signifikan untuk memproses informasi pendengaran dan menghasilkan gerakan yang diperlukan untuk meniru suara spesies lain," imbuh Dr Chakraborty.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 15:53
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.