Suara Menyedihkan Burung Parasit Wiwik Rimba Yang Suka Menitipkan Telur Ke Sarang Burung Lain

loading...

Karakter dan Ciri-ciri Burung Wiwik Rimba Yang Hobi Menetaskan Telurnya Di Sarang Burung Lain

Wiwik Rimba memiliki populasi yang cukup umum di Halmahera Timur dan tersebar luas. Oleh IUCN, burung ini dikategorikan tidak terancam punah (Least Concern/LC). Burung ini juga tidak masuk dalam kategori burung yang dilindungi, baik di Indonesia maupun internasional (CITES).

Wiwik Rimba punya kebiasaan yang janggal, karena selalu bertelur di sarang milik burung lain. Burung ini menitipkan telurnya agar dierami dan diasuh oleh burung lainnya. Oleh karenanya, burung ini kerap mendapat julukan sebagai burung parasit.
  • Video Youtube Suara dan Penampakan Burung Wiwik 1, Silakan KLIK DISINI
  • Video Youtube Suara dan Penampakan Burung Wiwik  2, Silakan KLIK DISINI
Jika di sebuah sarang ada dua telur, maka telur Wiwik Rimba akan menetas lebih dahulu. Anak Wiwik Rimba juga akan tumbuh lebih cepat dibandingkan anak burung induk semangnya.

Seringkali, anak Wiwik Rimba akan mendesak dan mendorong anak burung lain hingga keluar dan jatuh dari sarang. Akhirnya, anak Wiwik Rimba ini akan dibesarkan sendirian tanpa pesaing oleh induk semangnya.

Wiwik Rimba hampir tidak pernah ditemui di bagian dalam hutan, menghuni taman-taman, hutan sekunder, savana, dan kawasan hutan terbuka sampai ketinggian 1300 mdpl.

Burung ini kerap terbang naik turun, memangsa ulat, seperti jenis-jenis Wiwik yang lain. Sering bertelur di sarang burung Cikrak-peri bahu putih, Isap-madu telinga-hitam, dan Sikatan perut-kuning.

Wiwik Maluku yang langka Cacomantis heinrichi memiliki ciri yang mirip dengan Wiwik Rimba. Perbedaannya terletak pada bagian perut dan dada yang berwarna merah karat. Wiwik Maluku termasuk burung endemik Maluku Utara. Burung ini menghuni hutan pegunungan dengan ketinggian di atas 1000 mdpl sehingga kurang dikenal dan jarang dijumpai (Coates dan Bishop, 2000).
Wiwik lurik atau cocomantis sonneratii ( banded bay cuckoo) memiliki tubuh bagian atas yang berwarna coklat terang dengan tubuh bagian bawah keputih-putihan bergaris hitam halus dan alis bergaris pucat. iris mata kuning, paruh atas kehitaman, paruh bawah kekuningan dan kaki abu-abu. burung ini lebih sering terdengar suaranya tetapi jarang terlihat penampakannya. makanan utamanya adalah ulat, kupu-kupu, larva hemiptera dan serangga lainnya. menyerang sarang jenis chloropsis dan muscicapidae untuk menyimpan telurnya pada bulan bulan oktober dan februari hingga juni.
Menurut Kutilang Indonesia, Wiwik Rimba terdiri dari 11 sub-spesies, dengan daerah persebaran mencakup: Indonesia, Australia, Kepulauan Bismarck, Kepulauan Solomon, Filipina dan Kepulauan Admiralty. Adapun subspesies dan daerah sebaran Wiwik Rimba adalah sebagai berikut:
  • everetti (Hartert, 1925): Filipina barat daya (Basilan dan Kepulauan Sulu).
  • blandus (Rothschild & Hartert, 1914): Kepulauan Admiralty.
  • macrocercus (Stresemann, 1921): Kepulauan Bismarck (kecuali pulau New Hanover), dan Pulau Tabar.
  • websteri (Hartert, 1898): New Hanover.
  • addendus (Rothschild & Hartert, 1901): Kepulauan Solomon.
Lokal: Sulawesi, Maluku, dan Papua
  • virescens (Br├╝ggemann, 1876): Sulawesi.
  • aeruginosus (Salvadori, 1878): Maluku barat dan tengah (Sula, Buru, Ambon, Seram).
  • infaustus (Cabanis & Heine, 1863): Maluku utara dan timur (Morotai, Tidore, Ternate, Halmahera, Bacan, Obi, Seram Laut, Watubela, Kai), Pulau Papua dan pulau-pulau di timur laut.
  • oreophilus (Hartert, 1925): Dataran tinggi Pulau Papua tengah dan selatan.
  • variolosus (Vigors & Horsfield, 1827): Berkembangbiak di Australia utara dan timur; saat musim dingin bermigrasi ke utara sampai kepulauan Aru, Kepulauan Kai, Maluku, Pulau Papua, pulau-pulau di Papua barat dan Sunda Kecil (Timor, Kisar).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 16:36
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.