Mengenal Jenis Burung Cendet (Pentet) Kembang Yang Ternyata Bukan Kerabat Cendet

Burung Cica Matahari Yang Akrab Disebut Dengan Cendet Kembang Meski tidak ada hubungan kerabat dengan Cendet
Makanan utama dari burung cica matahari sendiri adalah buah-buahan seperti pepaya dan juga pisang. Cendet kembang atau cica matahari juga suka dengan serangga kecil seperti ulat, jangkrik, katak kecil, kupu-kupu dan ikan kecil. Lantas apa sebenarnya yang membedakan antara cendet kembang dan juga cendet biasa?

Burung Pentet Kembang / Cendet Kembang atau Burung Cica Matahari?

Burung cica matahari atau spotted crocias (Crocias albonotatus). Karena penampilannya sekilas mirip pentet atau cendet, sebagian kicaumania kita menyebutnya dengan nama cendet kembang atau cendet matahari. Tetapi keduanya tidak memiliki hubungan kekerabatan, sebab cendet termasuk dalam keluarga Lanidae, sedangkan cica matahari termasuk keluarga Timaliidae. Makanan utama burung cica matahari adalah buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Mereka juga menyukai serangga kecil seperti jangkrik, ulat, kupu-kupu, katak kecil, dan ikan-ikan kecil. Perbedaan Cendet Kembang dengan Cendet biasa (Lanius Schach) terletak pada warnanya pada Cendet Kembang warna bagian sayap dan sekitarnya coklat tua dan terdapat motif sedikit bergaris di daerah punggung, dengan iris mata berwarna merah menyala.
Burung Cendet Kembang Pentet kembang sering dijuluki dengan nama Cica Matahari. Karena, bentuk fisik kedua jenis burung itu hampir sama.

Tidak hanya diamati dari segi penampilan saja, keindahan cendet kembang juga tampak dari kualitas suara yang dihasilkannya.

Untuk memperoleh suara pentet kembang yang khas serta unik, para pecinta burung harus melakukan perawatan dengan rutin dan tlaten. Dalam perawatan cendel kembang tersebut juga bisa dibilang mudah.
Keindahan cendet kembang ini bukan hanya bisa dinikmati dari penampilannya saja. Tetapi cendet kembang juga memiliki keindahan dari kualitas suara yang dihasilkan. Agar bisa mendapatkan kualitas suara yang terbaik, maka pecinta burung harus merawat dengan telaten dan rutin perawatannya pun bisa dibilang mudah. Cendet kembang biasanya hidup dengan cara berpasangan, tetapi tak jarang pula kadang sendirian dan memiliki habitat di hutan lebat. Dengan warna bulunya yang sangat indah burung ini banyak disukai oleh para pecinta burung.
Jenis burung pentet kembang punya sayap dengan warna coklat tua. Pada bagian punggung ce kemndet bang ada motif dengan sedikit garis yang menjadikannya semakin unik. Lalu jenis burung cendet kembang punya iris mata dengan warna merah menyala.
Di Indonesia, burung cendet kembang merupakan salah satu jenis hewan langka endemik yang jarang dijumpai. Bahkan jenis burung ini sudah terancam punah keberadaannya. Berdasarkan data Bird Life Internasional, wilayah persebaran burung ini terbatas di sekitar Jawa Barat. Saat ini masih dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tetapi mulai jarang terlihat (langka) di beberapa kawasan yang dulu juga menjadi habitat burung ini, misalnya di Taman Nasional Gunung Halimun.Dalam jumlah terbatas, burung ini sebenarnya juga masih bisa dijumpai di beberapa kawasan hutan pegunungan di Jawa dan Sumatera. Namun sangat disayangkan, masih ada yang memperdagangkan burung langka dan sudah dimasukkan dalam daftar burung dilindungi di Indonesia. Habitat cica matahari adalah kawasan hutan tropis dan subtropis. Menipisnya populasi cica matahari, sehingga statusnya kini menjadi Near Theatened / NT (Terancam), kemungkinan disebabkan maraknya perburuan liar plus rusaknya habitat mereka.

Perawatan Cendet Kembang:

  • Sekitar jam 07.00 pagi dan diangin-anginkan di teras. Lalu setengah jam kemudian burung ini bisa dimandikan dengan keramba mandi atau bisa juga dilakukan dengan semprot. Tergantung dari kebiasaan masing-masing.
  • Bersihkan kandang dan mengganti atau menambah air minum dan juga voer. Bukan itu saja, anda juga bisa menambahkan makanan tambahan berupa 4 ekor jangkrik.
  • Penjemuran 1 sampai 2 jam setiap hari antara pukul 08.00 sampai pukul jam 11.00. Setelah selesai dijemur, burung lalu diangin-anginkan sekitar 10 menit lalu sangkar dikerodong dan saat siang hari burung ini bisa dimaster dengan suara burung masteran.
  • Sekitar pukul 15.30 burung cendet lalu dia inginkan kembali. Selain itu boleh juga dimandikan, jangan lupa untuk memberinya extra fooding berupa jangkrik 2 ekor lalu setelah pukul 18.00 burung cendet kembali dikerodong dan di perdengarkan suara masteran.

Burung cendet kembang hidup dengan cara berpasang-pasangan. Dan terkadang juga sendirian serta punya habitat di hutan lebat. Dan makanan burung ini banyak yang mengatakan jika makanan utama pentet kembang yaitu buah pisang. Dengan bulunya yang indah, burung ini banyak disukai kalangan kicau mania.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 02:48
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.