Mengenal Jenis Burung Bernama Unik, Bebek Ruddy, Darimana Asalnya?

Mengenal Bebek Yang Suka Melakukan Migrasi, Bebek Ruddy (Ruddy’s Duck), Asal Amerika Utara

Bebek Atau Itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Di Indonesia, itik pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang India pada abad VII, terutama di wilayah Pulau Jawa. Orang-orang India tersebut merupakan ahli bangunan yang sengaja didatangkan oleh Raja Syailendra untuk membangun candi-candi Hindu dan Budha di Ndonesia. Ada yang mengatakan bahwa motivasi ritual keagamaan yang mendorong mereka mengembangakan itik di Indonesia. Bukti masih dapat dilihat dalam berbagai upacara keagamaan yang ada di Bali, yakni itik dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkan sesaji.
Tempat hidup atau Habitat utama bebek berparuh biru muda ini adalah perairan seperti danau dan kolam yang memiliki banyak tumbuhan air. Saat musim dingin di belahan bumi utara, bebek ini akan melakukan migrasi ke daerah selatan yang lebih hangat dan lebih banyak memiliki sumber makanan. 
Ruddy Duck memiliki bulu ekor yg tegak,saat menyelam ekor ini berfungsi sebagai kemudi.Sang pejantan memiliki warna merah karat dan paruh biru. 

Keunikan Bebek Ruddy Oxyura jamaicensis terletak pada paruhnya yang berwarna biru muda. Warna ini tergolong tak lazim, karena kebanyakan burung memiliki paruh berwarna hitam, kuning atau jingga.
Jenis bebek yang bernaman Bebek Ruddy ini memiliki kemampuan berenang dan menyelam yang istimewa. Kemampuan menyelam dan berenang ini memang sangat terkait dengan menu makanan utamanya yang terdiri dari biji-bijian tumbuhan air, serangga dan Udang-udangan.
Bebek Ruddy berasal dari Amerika Utara dan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Bebek ini banyak dipelihara sebagai burung hias di kolam-kolam dan danau di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya.


Bebek Ruddy Oxyurta jamaicensis. Sumber: Christopher Martin.

Banyak sekali sebenarnya jenis bebek yang ada didunia ini dan masing-masing memiliki keunikan sendiri-sendiri tetapi sebagai habitat utamanya tidak jauh dari danau, rawa dan sungai.

Sekilas Tentang Itik Di Indonesia

Bila dibandingkan dengan jenis unggas lain, penyebaran itik tergolong sangat luas karena itik dapat hidup normal di daerah subtropis maupun daerah tropis. Oleh karena itu, tidak menghrankan bila itik liar bisa berimigrasi sampai ke Afrika Utara dan Asia seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan Vietnam.

Di Indonesia, itik pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang India pada abad VII, terutama di wilayah Pulau Jawa. Orang-orang India tersebut merupakan ahli bangunan yang sengaja didatangkan oleh Raja Syailendra untuk membangun candi-candi Hindu dan Budha di Ndonesia. Ada yang mengatakan bahwa motivasi ritual keagamaan yang mendorong mereka mengembangakan itik di Indonesia. Bukti masih dapat dilihat dalam berbagai upacara keagamaan yang ada di Bali, yakni itik dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkan sesaji.

Dalam pustaka sejarah, tercatat bahwa penyebaran ternak itik sangat pesat, terutama pada jaman keemasan Majapahit yang kemudian menjadi awal permulaan penyebaran dan pengembangan ternak itik di wilayah lain Indonesia seperti Kalimantan Selatan, Sumatera, Sulawesi dan Bali. Selain angsa India, pemerintah kolonial Belanda juga tercatat memiliki andil dalam penyebaran itik di Indonesia yakni melalui kuli-kuli kontrak yang mereka mukimkan di Sumatera pada tahun 1920, khususnya di Daerah Deli dan Lampung. Jenis-jenis itik di Indonesia

Di Indonesia terdapat bermacam-macam jenis itik lokal dengan karakteriskti khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Sebagai contoh itik tegal, itik mojosari, itik bali, itik alabio, itik cirebon, itik pegagan, itik kerinci dan jenis lainnya. Secara umum, itik-itik lokal dikenal sebagai itik asli Indonesia.

Dalam istilah asing itik lokal dikenal dengan nama Indian runner atau pada jaman penjajahan Belanda dinamakan indiche-loopend. Jenis-jenis itik Indonesia umumnya dikelmpokkan berdasarkan pendekatan produksi dari keunggulan yang dimiliki masing-masing itik yaitu itik petelur dan itik pedaging.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 06:22
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.