Mengenal Burung Bubut Alang-alang (Tuk Tuk), Jenis Pemakan Serangga Yang Jarang Terbang

Jenis Burung Bubut Alang-alang

Bubut, Jenis Burung Penghuni Semak Belukar Yang Hoby Menyantap Serangga dan Hewan Kecil

Burung pemakan daging yang sangat dikenal masyarakat tentunya jenis elang, rajawali dan juga burung hantu. Dan jangan pula ditinggalkan jenis burung pemakan bangkai yang memiliki pencernaan super kuat sehingga mampu mencerna bangkai yang penuh bakteri yang bahkan bisa meracuni hewan lain yang memakannya.

Ternyata masih ada lagi jenis burung pemakan daging yang berupa hewan kecil dan jarang dikenal yaitu jenis bubut alang-alang. Burung Bubut Burung bubut alang alang ini termasuk pemakan daging. Burung ini sering dijumpai di padang rumput misalnya di padang ilalang, rumpun rumput gelagah. Jenis burung bubut yang memiliki ukuran besar ukuran tubuhnya yaitu hingga mencapai 46 cm. Semua bagian bulunya berwarna hitam biru-ungu mengkilap. Sayap, mantel, dan bulu penutup sayap juga berwarna coklat berangan. Pada bagian irisnya berwarna merah, paruh hitam, serta bagian kaki berwarna hitam. Burung ini kerap dijumpai hinggap di atas tanah maupun berada di semak-semak dan pohon.


Burung Bubut Alang Alang, Menghabiskan Sebagian Besar Waktunya Di Atas Tanah

Bubut alang-alang adalah spesies burung dari keluarga Cuculidae, dari genus Centropus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat, laba-laba, belalang, serangga lain dan memiliki habitat di belukar. Menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, nama ilmiah dari burung bubut alang-alang adalah Centropus bengalensis.

Bubut Alang-alang adalah spesies burung yang mempunyai paruh, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur. Burung ini jenis burung pemakan hewan-hewan kecil seperti jangkrik, belalang, ataupun serangga kecil yang bersembunyi dilalang, Burung ini sering bersembunyi dan membuat sarangnya di tengah alang-alang dengan suara yang khas yaitu menyerupai pentungan kayu dengan kayu (tuk tuk tuk) dan sebagian daerah di Bangka memanggil burung ini denga burung tuk tuk.
Bubut alang-alang adalah spesies burung dari keluarga Cuculidae, dari genus Centropus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat, laba-laba, belalang, serangga lain dan memiliki habitat di belukar.
Bubut alang alang juga biasa bersarang di rumpun gelagah serta semak. Burung ini punya kuku yang panjang seperti burung elang tapi lebih ramping yang fungsinya untuk menangkap mangsa.

Burung ini juga menghabiskan waktunya di atas tanah. Burung ini bertelur 2- 3 butir tiap sarang dan sarang burung ini berada diatas permukaan tanah.

Musim berkembangbiak burung ini di mulai dari bulan januari sampai dengan akhir bulan maret. Atau bisa juga april sampai mei. Kebanyakan mereka akan membuat sarang di tempat lokasi rawa serta di area pinggir sungai.

Kemudian untuk tinggi sangkar mencapai 4 sampai dengan 6 meter dari tanah. banyaknya telur yang di hasilkan sebanyak 1 hingga 3 butir telur saja dalam 1 sarang.

Burung-burung ini akan mencari makan dengan cara mengais – ngais tanah ataupun dengan mencari makan pada tempat ranting – ranting pohon yang rindang di alam liarnya.

Burung bubut ini juga bisa kita jumpai di antara semak-semak yang terdapat hutan, baik itu pada saat mereka berburu mangsa maupun ketika burung bubut tersebut sedang membuat sarang untuk mereka bertelur. Bentuk dari sarang burung bubut ini cukup unik, sebab bentuknya bundar seperti bola, dan untuk tempat sarang itu juga cenderung berada di lokasi semak yang cukup lebat. Di dalam sarangnya indukan burung bubut selanjutnya akan menghasilkan telur dengan ciri-ciri dari warna telurnya yaitu dengan warna putih dan ada sebuah tanda yang berwarna kuning.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 04:13
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.