Macam-macam Penyebab Gangguan Berjalan Saat Tidur (Sleepwalking)

loading...

Gangguan (Kebiasaan) Tidur Sambil Berjalan, Penyebab dan Cara Mengatasinya

(Somnabulisme atau sleepwalking)

Seseorang yang menderita gangguan ini cenderung berjalan saat mereka sedang tidur nyenyak.
Pada saat seseorang tidur, terbagi menjadi sekitar 4-5 siklus, yang masing-masing siklus berlangsung sekitar 90 menit dan terbagi menjadi 2 tahapan, yaitu tahapan tidur rapid eye movement (REM) dan tahapan non-REM (NREM). Siklus tidur diawali dengan tahapan NREM lalu dilanjutkan dengan REM, begitu seterusnya siklus akan berulang. Pada tahapan REM inilah otak menjadi lebih aktif, denyut jantung dan napas menjadi cepat, serta dapat timbul mimpi. Apabila anak Anda kerap mengalami penyakit tidur berjalan, buatlah tambahan pengaman di tiap sisi ranjang untuk mencegah mereka turun dari kasur. Bila perlu, awasi anak Anda tiap malam atau sewa perawat untuk melakukan tugas khusus ini.
Survei yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa terdapat 15% orang yang memiliki kebiasaan sleepwalking dan kebanyakan dari mereka adalah anak-anak, terutama yang berusia 3 hingga 7 tahun. Berdasarkan data The National Sleep Foundation’s 2004, setidaknya diketahui sebanyak 1% anak usia balita dan 2% anak usia sekolah memiliki kebiasaan sleepwalking yang dilakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu. 

Beberapa Faktor Penyebab Orang Tidur Sambil Berjalan

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang tidur sambil berjalan.

1. Stres kronis
Menurut studi terbaru, stres kronis bisa menjadi salah satu alasan kenapa seseorang berjalan saat tidur.

2. Kurangnya tidur
Ahli kesehatan mengatakan bahwa sleepwalking sering terjadi pada orang yang menderita insomnia kronis.

3. Penyalahgunaan obat
Penggunaan dan penyalahgunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang juga dapat memicu masalah tidur ini. Obat penenang terutama dikatakan bisa menyebabkan seseorang mengalami sleepwalking.

4. Masalah jantung
Para peneliti menemukan gangguan tidur ini pada mereka yang menderita masalah jantung. Hingga saat ini, mereka berusaha mencari tahu apa hubungan antara masalah jantung dan sleepwalking.
Penyakit tidur berjalan biasa terjadi di kalangan anak-anak, meskipun bisa saja dialami oleh segala usia. Diperkirakan 1-5% anak-anak mengalami penyakit tidur berjalan. Biasanya, usia anak yang mengalami penyakit tidur berjalan adalah usia sebelum remaja, yaitu 11-12 tahun. Walaupun biasanya penyakit tidur berjalan yang terjadi pada anak-anak bukan merupakan penyakit yang serius, namun dapat menimbulkan cedera akibat terbentur atau jatuh. Berbeda dengan anak-anak, penyakit tidur berjalan pada orang dewasa dapat menjadi tanda suatu kondisi yang lebih serius.
5. Kecanduan alkohol
Kecanduan alkohol yang kronis dapat menyebabkan gangguan tidur sambil berjalan, menurut sebuah studi terbaru.

6. Sleep Apnea
Sleep Apnea adalah salah satu gangguan tidur yang juga berkaitan dengan sleepwalking. Sayangnya, para peneliti belum sepenuhnya menemukan kaitan di antara keduanya.

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Sambil Berjalan

Tidak ada obat-obatan secara khusus untuk mengobati penyakit tidur berjalan, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit tidur berjalan, di antaranya adalah dengan:
  • Mengurangi stres.
  • Melakukan aktivitas yang bisa merelaksasi pikiran sebelum tidur, misalnya mandi air hangat atau membaca buku.
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol atau berkafein sebelum tidur.
  • Membuang air kecil terlebih dahulu.
  • Membuat kamar tidur kita menjadi senyaman mungkin.
  • Mendisiplinkan waktu tidur.
Jika salah satu anggota keluarga Anda mengalami ganggguan tidur berjalan, bimbing penderita agar dapat kembali tidur, dan jangan berteriak atau mengejutkan penderita. Bila gangguan ini terjadi pada waktu yang sama tiap malam, cara lain untuk mengatasinya adalah dengan membangunkan penderita 15-30 menit sebelum gejala penyakit tidur berjalan muncul, sehingga siklus tidurnya berubah dan diharapkan dapat meredakan kondisi ini.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 23:42
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.