Mengenal Macam-macam Nama Jenis Burung Berekor Panjang dan Indah

Daftar Nama dan Foto Macam-Macam Jenis Burung Pemilik Ekor Yang Super Panjang 

Keluarga (bangsa) Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari manusia.

Beberapa jenis burung yang sudah sangat dikenal karena keindahannya adalah jenis burung cenderawasih yang sangat banyak macamnya. Dan tentunya tidak boleh dilupakan ada satu jenis burung yang menjadi sangat terkenal karena ekornya yang memiliki banyak sekali "mata" yaitu burung merak.

Dunia unggas terutama untuk jenis burung memang memiliki macam dan jenis serta kekhasan yang sangat beragam. Ada burung yang khas dengan kicauannya yang merdu, kicauan yang panjang dan melengking dan ada juga dengan kicauannya yang mengalun. Ada jenis burung yang memiliki keistimewaan dari warna bulunya yang indah dan beraneka warna dan ada juga burung yang terkenal karena keganasannya seperti burung rajwali dan burung condor atau burung bangkai. Berikut ini adalah beberapa jenis burung yang memiliki keistimewaan dengan ekornya yang panjang dan indah.
Ekor ialah bagian ujung belakang badan hewan. Ekor memiliki berbagai fungsi pada hewan; pada burung untuk keseimbangan saat terbang, menarik lawan jenis sehingga banyak jenis burung jantan yang memiliki ekor indah untuk menarik burung betina, sebagai alat gerak untuk ikan dan hewan air lain, sebagai alat keseimbangan bagi hewan darat (misalnya kucing) atau bahkan untuk memegang sesuatu (pada monyet).
Burung Ekor Panjang: Long-tailed Paradise


Burung Ekor Panjang Long-tailed Paradise
Jenis burung ekor panjang Long-tailed Paradise yang bisa memiliki ekor sepanjang 36 cm, warna burung ini memiliki ciri khas yang didominasi oleh warna hitam mulai dari kepala sampai ekor, sedangkan pada bagian tubuh dan sebagian lehernya memiliki warna lain. Dengan warnanya yang hitam maka burung ini terlihat gagah, ekornya yang panjang bak ekor pada baju pengantin.
  • Link video penampakan dari burung Long Tailed Paradise, Silakan KLIK DISINI
Long-­tailed paradise whydah (Vidua paradisaea) adalah burung penetap (non­migrasi) dari spesies burung penyanyi yang memiliki habitat dan penyebaran di wilayah Afrika.

Nama mereka diambil dari bentuk ekornya yang sangat panjang. Burung finch ini juga dikenal sebagai widow birds karena bulu­bulu mereka akan berubah menjadi hitam dengan ekornya yang bertambah panjang selama musim kawin.

Ukuran tubuh antara burung jantan dengan betina hanya sekitar 13 cm panjangnya, namun burung jantan akan menumbuhkan ekornya hingga mencapai 40 cm selama musim berkembang biak. Di luar itu, baik burung jantan atau betina sama­sama memiliki ekor yang pendek.

Dalam satu tahun, burung paradise whydah jantan akan mengalami 3 kali perubahan bulu pada masa mabungnya. Berdasarkan info yang dilansir dari situs agrobur, pada kondisi normal atau diluar musim kawin, warna bulu mereka lebih mirip burung betina dengan warna burung gereja pada umumnya namun dengan ekornya yang pendek.

Menjelang musim kawin, mereka akan mengalami masa mabung yang akan merubah bulu­bulu mereka menjadi warna yang lebih eksotis dan cantik, dengan ekornya yang panjang bisa mencapai 35 cm, setelah mulai berkembang biak bulu-bulu mereka akan kembali berubah menjadi lebih hitam mengkilap dengan ekor yang bertambah panjang mencapai 40 cm. Lalu keadaan akan kembali ke semula setelah mereka melewatkan masa­masa tersebut. Seperti juga berbagai jenis burung finch lainnya, paradise whydah memakan biji­-bijian sebagai makanan utama mereka, termasuk biji gandum, millet dan terkadang memakan rayap dan larva.

Jenis Burung Ekor Panjang: Resplendent Quetzal


Resplendent Quetzal
Resplendent Quetzal ini juga memiliki ekor yang sangat panjang bisa mencapa setengah meter lebih. Ciri pada bulu burung Resplendent Quetzal di dominasi oleh warna hijau mengkilap dari kepala hinga ujung ekornya, kecuali pada bagian ujung sayap dan dadanya. panjang ekor dari burung Resplendent Quetzal jantan bisa mencapai lebih dari 66 cm. Hanya saja untuk ekor panjang pada jenis burung ini hanya ada beberapa helai bulu saja.
  • Link video penampakan burung Resplendent Quetzal, Silakan KLIK DISINI
Burung Resplendent Quetzal dianggap terkait dengan "dewa ular", Quetzalcoatl oleh peradaban mesoamerika Pre-Columbian. Bulu ekornya yang hijau, simbol untuk pertumbuhan tanaman musim semi, dihormati oleh suku Aztec kuno dan Maya, yang melihat quetzal sebagai "dewa udara" dan sebagai simbol kebaikan dan cahaya. Para Penguasa Mesoamerika dan beberapa bangsawan mengenakan hiasan kepala yang terbuat dari bulu quetzal, secara simbolis menghubungkan mereka ke Quetzalcoatl. Karena dilarang membunuh seekor quetzal, burung ini hanya ditangkap, diambil bulu ekornya yang panjang, kemudian dibebaskan. Quetzalcoatl adalah dewa pencipta dan dewa angin, sering digambarkan dengan rambut abu-abu . Dalam beberapa bahasa Mesoamerika , istilah untuk quetzal juga bisa berarti mulia dan suci.

Dari dulu banyak yang berpikir bahwa Resplendent Quetzal tidak dapat dibiakkan atau dipelihara untuk waktu yang lama di penangkaran, dan memang burung ini terkenal karena biasanya membunuh dirinya sendiri segera setelah ditangkap atau dikurung. Makanya burung ini adalah simbol tradisional akan kebebasan. Namun, sebuah kebun binatang di Meksiko telah mengembangbiakkan spesies ini sejak tahun 1992, dan pada tahun 2004 burung-burung Resplendent Quetzal hasil perkembang biakkan di penangkaran diumumkan.

Burung Ribbon-tailed Astrapia

Inilah salah satu jenis burung dengan ekor panjang yang hampir mencapai 1 meter pada saat dewasa. Burung jenis Ribbon-tailed Astrapia yang memiliki panjang ekor lebih dari 90 cm. burung Ribbon-tailed Astrapia dapat ditemukan di bagian barat pegunungan papua nugini.
  • Link Video Penampakan Burung Ribbon Tailed Astrapia, Silakan KLIK DISINI
Jenis burung Cendrawasih ini yaitu satu diantara burung cendrawasih yang paling spektakuler. Namanya Astrapia Ribbon-tailed serta mempunyai bulu ekor terpanjang dalam hubungannya dengan ukuran badan, panjangnya meraih kian lebih tiga kali panjang badannya. Panjang burung dewasa meraih 32 cm dengan ekor burung jantan yang dapat meraih 1 mtr.. Burung jantan mempunyai warna hitam serta hijau zaitun sedang burung betina berwana coklat. Burung jantan memilki ekor panjang berupa pita berwarna putih. Daerah penyebarannya ada dibagian tengah Pulau Irian.

Astrapia Ribbon-tailed (Astrapia mayeri) ini adalah salah satu burung cendrawasih yang paling spektakuler. Namanya Astrapia Ribbon-tailed dan memiliki bulu ekor terpanjang dalam kaitannya dengan ukuran tubuh, panjangnya mencapai lebih dari tiga kali panjang tubuhnya.

Astrapia mayeri bisa sampai 32 cm (tanpa termasuk ekor laki-laki, yang dapat lebih dari 1 meter), burung hitam beludru surga. Yang Jantan memiliki bulu warna-warni hijau dan perunggu zaitun, dan dihiasi dengan bulu-bulu hias "bola" di atas tagihan dan dua sangat panjang, pita-seperti putih bulu ekor. Sedangkan yang Betina adalah burung cokelat dengan kepala warna-warni.

Astrapia Pita-ekor didistribusikan dan endemik hutan subalpine di bagian barat dataran tinggi tengah Papua Nugini. Seperti banyak burung hias lainnya dari surga, laki-laki adalah poligami. Para Astrapia Pita-ekor burung terbaru dari surga untuk ditemukan.

Burung Kicau Yang Berekor Panjang: Burung Murai Batu

Burung murai batu memiliki panjang ekor lebih dari 30 cm akan tetapi tidak semua burung murai batu bisa memiliki ekor yang sangat panjang ada juga burung murai batu yang panjang ekornya hanya mentok di kisaran 17 cm, sedangkan murai batu yang punya ekor panjang pada umumnya di sebut dengan murai medan, murai malaysia, murai singapur dan juga murai tahiland. Jadi selain khas dengan kicauannya yang merdu, burung murai batu jenis tertentu juga memiliki keistimewaan dengan panjang ekornya.

Burung Indah dengan Ekor Panjang: Burung Merak india


Burung yang terkenal dengan keindahan ekornya adalah burung merak yang lebih banyak hidup didaratan sedangkan burung indah yang menguasai bagian atas hutan adalah burung cenderawasih. Jenis burung merak tertentu ternyata memiliki ekor yang sangat panjang bisa mencapai 2 meter. Salah satunya adalah burung merak biru / merak india berdasarkan informasi dari wikipedia panjang tubuhnya dapat mencapai sekitar 2 meter lebih, dengan ukuran tubuh yang lumayan besar burung merak india juga memiliki ekor yang bisa dikatakan sangat panjang, selain panjang motif bulu pada ekor burung merak ini juga sangat indah bahkan bulu ekor merak yang sudah lepas bisa di jual dengan harga yang cukup menarik. Burung merak memang sudah lama digunakan sebagai simbol keindahan dan juga simbol kesakralan seperti di India, lihat saja cerita krisna tokoh dari india yang saat masih kecil menggunakan bulu merak sebagai hiasan di kepalanya.

Burung Ekor Panjang Unik: Burung Lady Amherst’s Pheasant

Burung ini memiliki ekor yang panjang dengan motif bulu yang unik dan khas. Jenis burung Lady Amherst’s Pheasant ini panjang ekornya bisa lebih dari 80 cm akan tetapi pada umumnya yang memiliki ekor panjang hanyalah burung yang berjenis kelamin jantan. Berasal dari china (tiongkok) di bagian barat daya dan juga bisa ditemukan di burma. Lihat saja warna dan motif pada ekor burung ini yang mirip dengan motif batik lurik pada kain batik Jawa. Unik bukan?

Burung Sakabula (The Long-tailed Widowbird)

Salah satu ciri utama burung ini adalah warna hitam pada sekujur badan dengan sedikit warna orange pada pangkal bulu bagian atas. Jenis burung ini memang dominasi oleh warna hitam pekat ini merupakan burung yang berasal dari benua afrika, burung sakabula ini bisa memiliki ekor dengan panjang 3 kali dari panjang badan yang dimilikinya, sakbula jantan bisa memiliki ekor dengan panjang sekitar 50 cm, dan menurut penelitian burung sakabula betina akan memilih burung sakabula jantan yang memiliki ekor panjang.

Jenis Burung Mungil dengan Ekor Panjang: Red-tufted sunbird (Nectarinia johnstoni)

Red-tufted sunbird atau disebut juga sebagai scarlet-tufted sunbird memiliki wilayah penyebaran di Kenya, Uganda, Malawi, Kongo, Tanzania, Rwanda, dan Zambia. Jadi, spesies ini hanya ada di Afrika.
Red-tufted sunbird

Panjang tubuhnya luar biasa, yaitu sekitar 27 cm (termasuk ekor), lebih panjang daripada spesies burung-madu lainnya. Tetapi hanya burung jantan yang memiliki tubuh sepanjang itu, karena panjang tubuh burung betina rata-rata hanya 14 cm. Burung jantan mempunyai mahkota berwarna hijau. Sisi kepala dan lehernya berwarna hitam. Adapun tubuh bagian atas berwarna hijau metalik. Jenis burung mungil lain yang memiliki ekor panjang adalah Malachite sunbird (Nectarinia famosa).

Malachite sunbird bisa ditemukan di dataran tinggi Ethiopia hingga Afrika Selatan. Panjang tubuh burung jantan bisa mencapai 25 cm (termasuk ekor). Adapun panjang tubuh burung betina hanya sekitar 15 cm. Dalam kondisi breeding, bulu–bulu burung jantan didominasi warna hijau metalik, sayapnya hijau kehitaman, dan terdapat bercak-bercak kuning di bagian dadanya. Dalam kondisi non-breeding, warna bulunya cenderung cokelat.
Tag: Jenis Burung, Macam-macam nama burung, Burung kicau ekor panjang, burung indah, ekor burung terpanjang, macam dan jenis burung yang memiliki ekor terpanjang, burung kicau, burung cantik, jenis burung dan kekhasan serta ciri-cirinya, burung dengan ekor panjang didunia.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 05:58
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.