Macam-macam Jenis Burung Cucak-cucakan Lengkap Dengan Harganya

loading...
Cucakrowo

Daftar Harga Jenis Burung Cucak-cucakan, Mulai dari Jenis Cucak Hijau, Cucak Keling, Cucak Ranting, Cucak Jenggot Hingga Burung Cucakrowo Hutan

Terdapat 919 jenis tumbuhan dan satwa dilindungi. Dari jumlah itu, 562 di antaranya merupakan jenis burung. Nah, dalam daftar tersebut, ada burung-burung yang selama ini banyak dijual di pasaran. Juga, dipelihara masyarakat. Antara lain, murai batu, jalak suren, pleci, cucak hijau, cucak rawa, kenari, dan anis kembang.
Burung jenis cucak-cucakan memang banyak sekali macamnya, sebut saja ada cucakrowo, cucak kencur, cucak ranting sampai cucak hijau trotolan dll. Harganya pun sangat bervariasi, untuk harga burung cucak-cucakan termurah adalah jenis cucak kencur dan cucak kombo yang hanya berkisar Rp 50.000 hingga Rp 80.000. Sedangkan harga burung cucak termahal masih dipegang oleh jenis burung cucakrowo, baik cucak rowo hutan maupun cucakrowo hasil penangkaran anakan. Harga burung cucakrowo tergolong tinggi mencapai jutaan rupiah yaitu berkisar antara Rp 5.000.000 - Rp 10.000.000 tergantung dari kualitas masing-masing burung. Harga bisa lebih mahal lagi jika burung tersebut adalah burung cucakrowo langganan juara lomba.

Di alam habitatnya burung merbah (cucak-cucakan) hidupnya suka berpasang-pasangan atau berkelompok dan sering juga di temui burung ini bercampur dengan kelompok jenis lain.Mereka menyukai daerah pepohonan yang rindang dan semak belukar.Adapun nama Merbah di ambil dari bahasa melayu,sedangkan Cucak adalah sebutan orang jawa,dan di pulau lain ada yang menyebutnya sebagai Tempuruk, Empuloh, Pampulu, Brinji dan lain-lain.

Burung Merbah ini memakan buah-buahan yang lunak seperti pepaya, pisang dan sebagainya.Dan mereka juga memakan serangga seperti belalang, jangkrik, ulat, dan lain-lain.

Mereka mempunyai ciri bulu yang halus, lembut, paruhnya ramping, sayapnya pendek, ekornya sedang dan beberapa jenis ada yang memiliki jambul.Namun untuk membedakan jenis kelamin antara jantan dan yang betina agak sulit,karena keduanya adalah jenis burung yang memiliki ciri fisik yang hampir sama.

Berikut Daftar Harga Macam-macam Jenis Burung Cucak-cucakan

  • Harga Cucak hijau Banyuwangi trotolan Rp 1.500.000
  • Harga Burung Cucak hijau Banyuwangi dewasa hutan Rp 1.000.000
  • Cucak hijau Kalimantan kuningan trotolan Rp 300.000
  • Cucak hijau Kalimantan trotol hitam Rp 500.000
  • Cucak hijau Sumatera trotolan Rp 600.000
  • Cucak hijau Sumatera dewasa hutan Rp 500.000
  • Cucak hijau mini Rp 350.000 – Rp 500.000
  • Harga Burung Jenis Cucak jenggot Rp 250.000
  • Cucak keling / Cangkeling Rp 50.000
  • Harga Termurah Jenis Cucak kencur Rp 50.000
  • Harga Murah Jenis Burung Cucak kombo Rp 80.000
  • Cucak ranting dewasa hutan Rp 150.000
  • Cucak ranting trotolan Rp 250.000
  • Cucak tembak atau kapas tembak Rp 300.000
  • Harga Jenis Burung Mahal Cucakrowo penangkaran anakan (3-4 bulan) Rp 7.000.000 – Rp 10.000.000 / pasang
  • Harga Burung Cucak Mahal Jenis Cucakrowo hutan Rp 5.000.000
Daftar harga jenis burung cucak diatas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung trend dan bisa berbeda pada beberapa daerah.

Ciri-ciri Jenis Cucak Ijo Banyuwangi, cucak ijo mini dan Kalimantan

Untuk bisa membedakan Cucak Ijo Banyuwangi Jawa Timur dengan jenis cucak hijau lain yang ada di Tanah Air sendiri meliputi postur tubuh panjang agak melengkung, jambul berdiri ketika ngentrok, warna hijaunya cenderung tajam dan ekornya lebih panjang. Menurut kabar yang berkembang, konon burung cucak asal banyuwangi ini juga terdapat dalam berbagai jenis yang tersebar di alas purwo, songgon, pesanggaran dan kawasan kaki gunung ijen. Semua jenis burung yang ada di berbagai hutan tersebut mempunyai ciri perwakan dan kicauan yang berbeda-beda. Namun berdasarkan pendapat berbagai pihak, hanya cucak ijo banyuwangi inilah yang lebih menarik di mata pecinta kicau mania.

Cucak Ijo Mini merupakan burung dari genus Chloropsis yang memiliki ukuran tubuh paling kecil dan warna bulu pada tubuhnya cenderung lebih matang. Selain itu, perbedaan mencolok juga bisa dilihat pada bagian atas kepalanya yakni hanya bewarna hijau tua. Selebihnya, burung mungil ini juga mempunyai keindahan dari segala sisi seperti jenis cucak ijo lain. Ia juga kerap menjadi perburuan para penghobi atau pecinta cucak hijau untuk dijadikan burung master. Tentunya hal ini juga bisa dilihat dari sudah cukup banyaknya berbagai event kejuaraan dan kegiatan latber yang dibuka untuk jenis burung ini di berbagai daerah.

Burung cucak ijo kalimantan ini memang agak sulit dibedakan dengan cucak hijau asal jawa timur. Namun tetap ada beberapa bagian yang bisa dimengerti untuk mengenali burung hijau asal pulau kalimantan ini. Jika dilihat secara seksama, warna tubuhnya cenderung bewarna hijau muda dan agak kekuningan. Selain itu, saat menginjak usia dewasa ukuran tubuhnya relatif lebih kecil serta ekornya lebih pendek dan kaku. Meskipun suara gacor maupun ngeroll yang dimilikinya dianggap tidak lebih baik, namun burung ini mempunyai mental petarung yang tak ragu meladeni suara kicau yang dikeluarkan jenis burung lain saat di alam liar.

Ciri-ciri Burung Cucak Rowo Medan, Aceh, Lampung, Jambi dan Riau Serta Cucak Rowo Kalimantan

Postur tubuh cucak rowo medan berukuran relatif lebih besar, dengan tubuh yang terasa padat dan agak keras bila dipegang. Bulunya tampak bersih dengan warna hijau keabu-abuan dan sedikit kecoklatan. Hal ini memberikan kesan burung telah lama dipelihara walaupun baru ditangkap dari alam bebas. Cucak rowo medan memiliki ciri khas suara yang keras dan berkesan berat namun tidak tebal. Bila didengarkan secara saksama, suara cucak rowo medan tidak atau kurang melengking/menjerit sehingga terasa seperti mengambang.

Bagi para pemula di dunia burung mungkin akan kesulitan membedakan antara cucak rowo aceh dan cucak rowo medan. Cucak rowo aceh memiliki ukuran yang sama besar dengan cucak rowo medan, kualitas suaranya pun tidak jauh berbeda. Perbedaannya terletak pada warna bulu burungnya. Cucak rowo aceh memiliki warna hijau yang lebih menonjol dibanding cucak rowo medan. Kemiripan kondisi geografis di bagian utara Sumatera menyebabkan kemiripan karakteristik dari kedua jenis burung ini.

Cucak rowo lampung memiliki ukuran seperti cucak rowo medan namun dengan postur tubuh yang lebih pendek. Ciri khas cucak rowo lampung adalah memiliki bentuk fisik kekar dan berdada bidang dengan tulang sayap yang terlihat lebih kokoh.

Cucak rowo yang berasal dari daerah Jambi dan Riau memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek dari cucak rowo medan. Postur tubuhnya pun tidak sekekar dan tidak memiliki dada bidang seperti cucak rowo lampung. Karakter suara cucak rowo jambi dan riau mirip dengan cucak rowo lampung, tetapi dengan volume suara yang lebih kecil.

Cucak rowo kalimantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari cucak rowo asal Sumatera. Selain itu, warna hijau pada bulunya pun tidak secerah cucak rowo dari Pulau Sumatera. Cucak rowo kalimantan memiliki tempo suara yang relatif lebih lambat dengan variasi yang lebih sedikit. Sebagian penggemar cucak rowo menilai suara cucak rowo kalimantan tipis dan kurang tajam.


Burung Merbah atau yang lebih di kenal dengan burung cucak-cucakan atau keluarga Pycnonotidae ini banyak tersebar di asia dan afrika.Dalam bahasa inggris burung merbah ini di sebut dengan bul-buls. Burung-burung ini sangat riuh suaranya dan meramaikan alam dengan nyanyiannya,apalagi di saat pagi hari dan sore hari.Kicauannya pun beragam dan terdengar sangat harmonis dan merdu.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 07:09
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.