Harga Plastik Bekas 2019, Mulai Botol Bekas Hingga Plastik Campuran

loading...

Daftar Nama dan Harga Macam-macam Jenis Plastik Bekas (Rosok) Tahun 2019

Sampah plastik yang berupa plastik bekas adalah salah satu jenis sampah yang tidak mudah terdaur ulang oleh mikroorganisme. Sampah plastik yang dibuang sembarangan bisa mencemari lingkungan (tanah) hingga puluhan tahun bahkan sampai ratusan tahun lamanya. Berita baiknya adalah sampah ini masih bisa didaur ulang lagi menjadi berbagai macam peralatan agar tidak mencemari lingkungan asal dikelola dengan baik, dikumpulkan, dipilah-pilah dan tidak dibuang sembarangan. Hanya ada beberapa jenis sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang dan harus dimanfaatkan dalam bentuk lain seperti dijadikan souvenir atau bentuk-bentuk hiasan yang bisa dikomersilkan.
Apa Itu Plastik? Plastik adalah istilah umum bagi Polimer, material yang terdiri dari rantai panjang karbon dan elemen-elemen lain yang mudah dibuat menjadi berbagai bentuk dan ukuran. Plastik dibuat dengan cara polimerisasi yaitu menyusun dan membentuk secara sambung-menyambung bahan-bahan dasar plastik yang disebut monomer. Polimer yang digunakan untuk membuat plastik hampir selalu dicampur dengan aditif, termasuk pewarna, plasticizer, stabilisator, pengisi, dan bala. Aditif ini mempengaruhi komposisi kimia, sifat kimia, dan sifat mekanik dari plastik dan juga mempengaruhi biayanya.
Plastik murni memiliki toksisitas rendah karena ketidakmampuan mereka dalam air dan karena mereka inert biokimia, karena berat molekul yang besar. Produk-produk plastik mengandung berbagai aditif, beberapa di antaranya bisa beracun. Misalnya, plasticizer seperti adipat dan ftalat sering ditambahkan ke plastik getas seperti polivinil klorida untuk membuatnya cukup lentur untuk digunakan dalam kemasan makanan, mainan, dan banyak barang lainnya. Jejak dari senyawa-senyawa ini dapat keluar dari produk. Karena kekhawatiran atas efek lindi tersebut, Uni Eropa telah membatasi penggunaan DEHP (di-2-ethylhexyl phthalate) dan phthalates lainnya dalam beberapa aplikasi, dan Amerika Serikat telah membatasi penggunaan DEHP, DPB, BBP, DINP , DIDP, dan DnOP dalam mainan anak-anak dan artikel perawatan anak dengan Undang-Undang Peningkatan Keamanan Produk Konsumen.
Plastik bekas seperti plastik sak pembungkus pakan, beras, peralatan rumah tangga serta botol-botol plastik bekas berbagai macam memang bisa menjadi masalah sampah yang membahayakan lingkungan. Bayangkan saja berapa ribu botol bekas air mineral setiap hari yang dibuang orang yang sedang melakukan perjalanan dan berapa ton sampah plastik tertimbun setiap hari di tempat pembuangan air. Dan kasus yang sedang hangat diperbincangkan saat ini adalah sampah plastik yang berasal dari sedotan minuman yang sekali pakai langsung buang yang ternyata setiap harinya jutaan sedotan bekas bisa mencemari tanah dan lingkungan.

Berikut ini informasi daftar harga plastik bekas saat ini dari berbagai jenis seperti plastik campuran hingga bekas botol air mineral:

  • Rosok botol plastik bekas air mineral Rp 5.500 - Rp 8.000/kg
  • Harga Barang Bekas Rongsok Pralon , Harga Rp. 900 per Kilo Gram.
  • Harga Barang Bekas Rongsok Gelas plastik air minum mineral , Harga Rp 5.500 - Rp. 8.000/kg
  • Harga Barang Bekas Rongsok Plastik tipis transparan sisa kemasan elektonik , Harga Rp. 4.000 per Kilo Gram.
  • Rosok Plastik Bening Campur, harga sekitar Rp 1.500/kg - Rp 2.500/kg
  • Rosok Plastik Kresek harga  Rp 500/kg - Rp 750/kg
  • Rosok Plastik Kemasan  harga Rp 100/kg - Rp 300/kg
Harga plastik bekas sangat bervariasi tergantung dari jenis plastiknya, saat ini yang paling banyak ditemukan disekitar kita adalah plastik bekas air mineral seperti botol-botol bekas dan juga gelas plastik bekas. Apalagi jika saat hajatan maka sesudahnya akan banyak sekali boto-botol plastik dan gelas plastik bekas yang berserakan disekitar lokasi acara.
Hasil penelitian terbaru lembaga Sustainable Waste Indonesia yang didanai Danone Aqua menunjukkan dari 350.000 ton botol PET yang dikonsumsi setiap tahun secara nasional, sebanyak 216.047 di antaranya berhasil dikumpulkan lagi. Dalam kajian SWI, dari 100% sampah plastik yang dihasilkan, 69% di antaranya masuk ke tempat pembuangan akhir dan hanya 7% yang didaur ulang. Adapun 24% mencemari lingkungan.
Sedikit kesadaran untuk mau memilah sampah plastik dan mengumpulkannya ditempat tertentu bisa sedikit ikut membantu menjaga kelestarian lingkungan kita dan selain itu juga bisa mendapatkan penghasilan. Atau kita juga bisa mengumpulkannya untuk diserahkan kepada pemulung yang tentunya akan dengan senang hati untuk menerimanya.

Memang harga sampah plastik atau plastik bekas ini tidaklah seberapa tetapi jika jumlahnya mencapai ton-tonan maka anda akan terkejut dengan nilai rupiah yang dihasilkan. Anda berminat untuk mulai memilah plastik dan botol bekas untuk sekedar memberikannya kepada pemulung agar dijual di pabrik daur ulang plastik atau bahkan ingin menjadikannya sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan?

Disclaimer: Daftar harga macam-macam plastik bekas di atas adalah harga estimasi dan harga kisaran yang bisa saja berbeda antara daerah satu dengan lainnya dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa menanyakan harga secara lebih uptodate jika ada pengepul barang bekas atau plastik bekas disekitar tempat tinggal anda.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 21:46
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.