Daftar Nama dan Foto Jenis-Jenis Burung Lengkap Dengan Harganya, Burung Apa Yang Paling Mahal?


Mengenal Nama-Nama dan Foto macam-macam Jenis Burung Kicauan dan Estimasi Harganya

Baru-baru ini dunia burung alias kicaumania dikejutkan dengan seseorang yang dengan santainya membeli merpati seharga 1 milyar, ya betul seharga 1 milyar. Merpati tersebut bernama Joyoboyo atau Jayabaya. Sebelumnya juga ada harga burung kicau jenis lovebird yang spektakuler penawarannya hingga 2 milyar, lovebird tersebut bernama Kusumo yang saat ini hanya tinggal nama karena sudah mati sebelum transaksi jual beli terjadi karena pemilik burung yang sudah berkali-kali juara tersebut memang tidak berniat menjualnya meskipun sudah ditawar hingga 2 milyar.
Tentang Merpati Jayabaya. Jayabaya, merpati milik Aristyo Setiawan yang tergabung dalam tim Embatama Bandung, kerap mengukir prestasi gemilang. Ia mengalahkan lawan-lawannya dengan berkali-kali mendarat lebih cepat pada meja yang berada di tengah kolong, seperti pada lomba nasional Persatuan Merpati Tinggi Indoneisa (PMTI) Vitarest 2018. Kegemilangan Jayabaya menarik minat Robby, pehobi merpati yang juga sering ikut perlombaan dari tim Royal Bogor. Pada pekan terakhir Juni 2019 ia berani membeli Jayabaya senilai 1 miliar rupiah. Sebelum memutuskan membeli Jayabaya, Robby terlebih dahulu mempelajari penampilannya sejak 2018. Karena performa Jayabaya semakin membaik, ia pun merasa tak akan salah membeli merpati tersebut. Aristyo Setiawan awalnya merasa berat untuk melepas burung kesayangannya. Untuk menghindari penawaran para peminat, ia sengaja mematok harga tinggi. Menurutnya, mula-mula penawaran datang senilai 700 juta rupiah dari orang Banten. Lalu penawaran kedua datang dari Robby senilai 750 juta rupiah. Melihat angka yang begitu besar, ia sempat goyah, tapi belum mau melepas merpatinya. Ketika Robby akhirnya menawar Jayabaya senilai 1 miliar rupiah, ia pun tak kuat lagi. Jayabaya akhirnya dilepas.
Harga burung-burung tertentu memang bisa mencapai jutaan rupiah, puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Burung-burung kicau yang sudah menjadi langganan juara nasional bisa dihargai ratusan juta seperti jenis merpati dan lovebird diatas.

Harga lovebird impor saat ini ada yang mencapai 40 juta rupiah untuk jenis biola meskipun seiring waktu harga burung lovebird sudah semakin turun karena banyaknya penangkar lovebird yang berhasil mengembangbiakkan jenis burung ini. Sedangkan harga lovebird lokal hanya berkisar pada angka ratusan ribu saja per ekornya.

Sebenarnya berapa harga burung normal yang saat ini ada dipasaran?

Burung berkicau memiliki nama dan jenis yang sangat banyak. Spesies burung berkicau di Indonesia saja jumlahnya ratusan spesies. Masing-masing spesies burung berkicau memiliki kekhasan dan keunggulan serta kelemahan masing-masing.

Ada burung berkicau yang pandai mengoceh dengan suara yang gacor tanpa putus dalam waktu lama. Ada juga jenis burung kicau yang hanya bersuara pendek-pendek. Beberapa jenis burung berkicau memiliki suara yang keras dan tajam sehingga bisa memekakkan telinga.

Ada juga suara burung yang lembut dan merdu juga memiliki irama dan bunyi khas seperti bungi "gung" pada burung perkutut. Beberapa macam burung berkicau juga mahir menirukan suara manusia, suara kendaraan bermotor, suara klakson bahkan sampai suara mesin pabrik dan bedug.

Dari segi harga, burung berkicau memiliki range harga yang sangat bervariasi tergantung dari jenis, kemahiran berkicau, pernah jadi juara dan juga tergantung dari berapa besar minat si pembeli untuk mendapatkan burung yang dia inginkan. Terkadang ada burung berkicau yang kualitasnya biasa saja karen belum benar-benar mahir berkicau bisa mendapatkan harga mahal karena pembeli yang begitu antusias untuk mendapatkannya.


Mau tahu beberapa jenis burung berkicau dan kisaran harganya? Silahkan simak daftar nama dan foto-foto aneka jenis burung berkicau dibawah ini.






















Tentang Lovebird Kusumo. Kusumo, lovebird legendaris milik Sigit, warga Desa Jambakan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, mati pada 19 November 2018. Meski kehilangan, Sigit mengaku tak menyesal lovebird miliknya yang pernah ditawar Rp 2,2 miliar itu mati. Ia mengisahkan, Kusumo mati tak lama setelah dimandikan. "Sama sekali tidak ada rasa menyesal. Karena bagi saya Kusumo lebih dari sekadar lovebird," kata Sigit






















Burung Cucak Hijau

Kisaran harga burung Cucak Hijau antara Rp 750.000 - Rp 1.500.000

Burung Berkicau Jenis Murai Batu

Burung Kacer
Kisaran harga burung Kacer antara Rp 500.000 - Rp 750.000





























CUCAK RANTING/RANTECUCAK RANTE MASCUCAK RAWA

CUCAK BIRUCUCAK TRUCUKANCUCAK JENGGOT

CUCAK KUTILANGKAPAS TEMBAKCUCAK KELING

CIPO DAUNCENDET / PENTET /TOEDCUCAK WILIS
Harga burung berkicau jenis cendet berkisar antara Rp 80.000 - Rp 150.000/ekor.
CUCAK CUNGKOK

Burung Kutilang Emas
Burung Kutilang Sutra

Harga Burung Berkicau Jenis Kutilang berkisar antara Rp 50.000 - 150.000 per ekor, tergantung jenis burung kutilangnya.
Samyong






PERENJAKPOKSAI MANDARINPOKSAI MANTEL
Burung Ciblek Kebun
Burung Ciblek Gunung
Harga Burung Jenis Ciblek Berkisar antara Rp 50.000 - Rp 150.000 per ekor

POKSAI SUMATERAPOKSAI JAMBULMOZAMBIK

Harga Burung Berkicau Jenis Poksay untuk yang lokal Rp 350.000 an per ekor, sedangkan Poksay impor bisa mencapai Rp 2.500.000 per ekor.
BLACKTHROATEDEL SANGERKENARI YORKSHIRE

KENARI WATERSLAGERKENARI LIZARDZEBRA FINCH

Harga Burung Kenari berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 1 jutaan untuk yang jenis lokal, sedangkan kenari jenis impor antara Rp 2.000.000 sampai Rp 10.000.000 per ekornya.
DECUTLEDEKAN GUNUNG
TLEDEKAN LAUT

ANIS KEMBANGANIS BATAANIS MACAN
Harga burung berkicau jenis Anis merah sangat beragam dan tergantung dari kesukaan pembeli juga, harga berkisar antara Rp 600.000 - Rp 1.000.000 per ekor
ANIS SIBERIAANIS KUNINGANIS CENDANA

JALAK KEBOJALAK SURENJALAK PUTIH

JALAK HONGKONGJALAK NIASJALAK RIO - RIO
Harga burung jalak sangat tergantung dari jenis burungnya, untuk harga kisaran jenis burung jalak yang tidak dilindungi antara Rp 50.000 - Rp 800.000, sedangkan untuk harga Jalak Bali yang bersertifikat sekitar Rp 10 juta hingga 15 jutaan.
JALAK BALIPOKSAI HONGKONGHWAMEI / WAMBIE

BRANJANGANPLECI KACAMATABURUNG MADU BAKAU

Burung Pleci Kaca Mata
Cikrak Daun
Harga burung berkicau jenis pleci memang tergolong murah karena burung pleci bisa anda beli pada kisaran harga Rp 25.000 - Rp 50.000  per ekor.
Cica Kopi
LoveBird
Harga burung jenis Lovebird lokal berkisar antara Rp 150.000 - Rp 850.000 per ekor
Disclaimer: 
"Harga-harga diatas adalah harga perkiraan atas harga normal dan bukan termasuk harga burung-burung juara kontes maupun burung-burung berkicau yang sudah benar-benar "jadi" dan gacor saat berkicau. Harga bisa berbeda diberbagai daerah dan bisa berubah sewaktu-waktu, tetapi semoga kisaran harga diatas bisa menjadi acuan untuk yang baru menggemari dunia burung berkicau. Semoga bermanfaat."

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 01:56
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.