Download Mp3 Suara Burung Jingjing Batu Si Pemakan Serangga Yang Bertubuh Mungil


Burung Jingjing Batu Serupa Burung Cendet Tapi Tak Sama, Bagaimana Karakter Suaranya? Download Mp3 Kicau Burung Jingjing Batu Disini!
Ciri khas burung Jingjing Batu jika dilihat dari kicauannya yaitu memiliki volume yang cukup tinggi dan melengking seperti suara siulan. Tempo kicauannya juga cukup rapat. Untuk suara yang dikeluarkannya yaitu mirip suara crecetan dengan bunyi siulan. Namun suara bawaan burung ini sebenarnya monoton atau kurang bervariasi.
Burung jingjing batu memiliki postur tubuh kecil, dengan panjang sekitar 15 cm. Burung jantan memiliki bagian tubuh atas berwarna hitam, dengan tunggir dan sisi bulu ekor (bagian luar) berwarna putih. Tubuh bagian bawah berwarna putih. Jinging batu adalah spesies burung dari keluarga Campephagidae, dari genus Hemipus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, ulat, kupu, laba-laba, tempaya yang memiliki habitat di dataran rendah, perbukitan, tepi hutan. tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.
Hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil, sering berbaur dengan burung jenis burung lainnya, beterbangan di antara pucuk-pucuk pohon kecil. Memburu serangga kecil, ulat kupu-kupu, laba-laba, tempayak dan serangga lainnya yang sering ditangkap di udara. Karakter. Tubuh berukuran kecil (15 cm). Jantan: Tubuh bagian atas hitam. Tunggir dan sisi bulu ekor terluar putih. Tubuh bagian bawah putih. Betina: Mirip jantan tetapi warna hitam diganti dengan coklat.
Adapun burung jingjing betina memiliki penampilan yang mirip dengan burung jantan, hanya saja tubuh bagian atas berwarna cokelat. Ketika musim berkembang biak sudah datang yaitu tepatnya pada bulan Mei hingga bulan September, pada umumnya burung Jingjing Batu akan membangun sarangnya. Sarang yang dibangunnya yaitu memiliki bentuk mirip cawan yang berukuran kecil. Kemudian, sarang tersebut juga disusun dari bahan serabut batang atau akar pohon dan lumut. Yang selanjutnya diikat di cabang pohon dengan menggunakan jaring laba-laba.

Di Indonesia, wilayah persebaran burung jingjing batu meliputi Pulau Sumatera (termasuk Nias dan Simeulue), Kepulauan Riau, Lingga, Bangka, Belitung, serta Pulau Kalimantan termasuk Pulau Banggi, Jawa, dan Bali. Adapun perseebaran global meliputi wilayah selatan Myanmar (Tenasserim), wilayah selatan Thailand, dan Semenanjung Malaysia.
Ciri khas burung Jingjing Batu lainnya yaitu warna tubuh burung Jingjing Batu yang hanya terdiri atas dua warna. Diantaranya yaitu warna hitam dan juga warna putih. Untuk warna hitam ini tampak pada bagian atas tubuhnya. Diantaranya mulai dari bagian kepala, tengkuk, punggung depan, kedua sayap, dan juga pada bagian ekornya. Sedangkan ciri khas burung Jingjing Batu selanjutnya yaitu dengan warna putih yang terlihat menutupi di area bawah tubuhnya. Diantaranya mulai dari bagian tenggorokan, bagian dada, perut, punggung belakang, dan tjuga pada bagian tunggirnya.
Berikut ini link Download kicauan burung jingjing batu dalam format Mp3 yang diambil dari situs burung terpopuler omkicau.com, semoga berkenan:

Suara kicauan burung jingjing batu – variasi 1 KLIK DISINI

Suara kicauan burung jingjing batu – variasi 2 KLIK DISINI

Suara kicauan burung jingjing batu – variasi 3 KLIK DISINI

Selain download MP3 suara burung Jingjing Batu, di situs ini anda juga bisa download MP3 kicauan burung lainnya seperti: kicau walet pemanggil, kicau burung bangau, kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang laut yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul.
Ada tiga spesies burung jingjing yang memiliki wilayah persebaran di sebagian wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yaitu:
  • Jinjing batu / black-winged flycatcher-shrike (Hemipus hirundinaceus)
  • Jinjing bukit / bar winged flycatcher-shrike (Hemipus picatus)
  • Jingjing petulak / large woodshrike (Tephrodornis virgatus)
Tetapi yang bisa disebut paduan cendet-sikatan (flycatcher-shrike) hanya jingjing batu dan jingjing bukit. Jingjing petulak berasal dari genus yang berbeda.

Jingjing batu dan jingjing bukit memiliki karakteristik fisik yang hampir sama. Perbedaan hanya terletak pada bulu sayap, di mana sayap burung jingjing bukit memiliki goresan warna putih.

Sumber Omkicau.com dan sumber lainnya

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 02:39
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.