Teknik dan Cara Melatih Burung Perkutut Agar Mau Manggung Saat Lomba


Cara Melatih Mental Burung Perkutut Agar Manggung Saat Lomba

Burung perkutut mau manggung saat lomba? Tentu bukan perkara mudah untuk melatih perkutut agar memiliki mental baja dan mau manggung tanpa takut saat diikutkan pada lomba burung perkutut. Mungkin saja satu jenis perkutut demikian bagus manggung saat dirumah tetapi lantas diam dan tidak mau buka suara saat lomba sehingga mengecewakan pemiliknya. Mental burung yang kuat memang perlu dilatih agar bisa terus manggung meskipun silih berganti dilombakan dengan lingkungan yang berbeda-beda bahkan kadang dengan jarak yang jauh sampai keluar kota.

Burung perkutut yang lebih jinak akan mampu untuk mengeluarkan suaranya atau manggung dengan lantang,sebab jenis perkutut lebih jinak tidak akan takut terhadap arena sekitar tempat lomba burung perkutut,ia akan lebih santai,menganggap jika daerah tersebut adalah rumahnya.maka dari itu,selain melatih mental kusus untuk perkutut lomba,melatih agar perkutut tidak liar juga sangat penting.

Salah satu tips melatih mental perkutut agar prima saat lomba adalah dengan menggantang burung perkutut. Menggantang perkutut memang merupakan salah satu cara yang dipercaya bisa untuk melatih mental,cara mengantang perkutut kita lakukan pada pukul 3 sore sampai mangrib,lakukan cara ini secara rutin,dan untuk ketinggian gantangan,sebaiknya sesuaikan dengan umur burung perkutut tersebut. Lokasi pada saat kita mengantang perkutut tersebut juga akan lebih bagus jika setiap hari kita pindahkan,cara ini untuk melatih dan membiasakan perkutut agar mampu menyesuaikan diri dengan cepat.

Meski tidak sepopuler jenis burung lainnya, penggemar burung perkutut seakan tidak lekang oleh jaman. Berbagai lomba burung perkutut juga masih sering dilaksanakan diantara para pecinta jenis burung ini. Memang popularitas burung perkutut semakin berkurang seiring banyaknya burung kicau impor yang masuk ke Indonesia dan langsung menjadi trend burung kicau yang banyak diburu para kicaumania.
Selain bisa mendapatkan informasi tentang berbagai cara melatih perkutut lomba agar memiliki mental baja, di situs ini anda juga bisa download MP3 kicauan burung berbagai jenis seperti: suara perkutut manggung, kicau walet pemanggil, kicau burung bangau, kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang laut yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul.
Jika anda berminat untuk memelihara burung perkutut tentunya harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis perkutut yang baik apalagi jika anda berminat untuk melombakan burung perkutut tersebut. Banyak cara untuk mengetahui ciri-ciri burung perkutut yang bagus untuk lomba dan sebagian akan diulas dibawah ini.

Perkutut lomba memang memerlukan latihan mental yang lebih atau ekstra dibandingkan dengan perkutut yang hanya dipelihara untuk kelangenan dirumah dan untuk menikmati suaranya saja. Perkutut harus sering kita latih baik fisik serta mentalnya,melakukan latihan mental ini di maksudkan agar nantinya sewaktu perkutut masuk lomba,ia tidak akan takut melihat burung lain serta mampu dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya..
Ciri ciri burung perkutut yang rajin manggung antara lain:
  • Lihat pada bagian matanya mata burung perkutut yang nantinya bisa gacor akan tampak pada bagian matanya sorot tajam
  • Pilihlah yang berjenis kelain jantan,ciri ciri burung perkutut yang berjenis kelamin jantan adalah ukuran badan yang besar dan berbadan tegap
  • Kondisi fisik burung perkutut lincah
  • Bulu burung perkutut halus dan susunan bulu teratur
Bagaimana  Cara Melatih Mental Perkutut Lomba?

Menggantang perkutut.

Menggantang perkutut salah satu cara untuk melatih mental,cara mengantang perkutut kita lakukan pada pukul 3 sore sampai mangrib,lakukan cara ini secara rutin,dan untuk ketinggian gantangan,sebaiknya sesuaikan dengan umur burung perkutut tersebut. Lokasi pada saat kita mengantang perkutut tersebut juga akan lebih bagus jika setiap hari kita pindahkan,cara ini untuk melatih dan membiasakan perkutut agar mampu menyesuaikan diri dengan cepat.

Latihan bersama Perkutut Lainnya
Latihan bersama yang saya maksud adalah melakukan latihan perkutut dengan perkutut lainya,intinya burung dengan burung.dengan cara melakukan latihan bersama ini,kekurangan dari perkutut kita bisa kita lihat,jika masih ada kekurangan,bisa kita lakukan perbaikan,selain itu,melakukan latihan bersama juga berfungsi supaya perkutut yang masih sedikit mengeluarkan suara,ia akan terpancing perkutut lain yang telah senior..

Sedangkan latihan lainya yang bisa kita terapkan untuk melatih mental perkutut dengan cara melatih perkutut tersebut dengan membawa di atas kendaraan.jika perkutut belum pernah kita bawa naik kendaraan,baik mobil maupun motor,ia akan lebih cenderung mengalami stress. Saat membawa perkutut dalam perjalanan,sebaiknya jika sangkar tersebut kita lakukan kerodong,namun jika perkutut bos di rumah belum pernah masuk lomba,akan lebih joss jika kita ikutkan lomba kelas piyikan perkutut,biar perkutut tersebut terbiasa dan bisa beradaptasi dengan puluhan jenis perkutut lainya.
Tips Cara merawat burung perkutut lokal:
  • Untuk menjaga kesehatan burung perkutut sebaiknya berikan pakan berupa biji bijian,jenis biji yang sangat di sukai burung perkutut adalah biji padi gabah namun kita bisa memberikan pakan biji berupa beras ,beras hitam,milet dan juga voer
  • jangan lupa untuk memberikan minuman dan taruhlah di dalam sangkarnya
  • Memandikan burung perkutut setiap 3 hari sekali umumnya untuk memandikan burung perkutut sebaiknya di lakukan pada jam 7 pagi
  • Setelah burung kita mandikan sebaiknya burung kita jemur di hangatnya sinar matahari pagi
  • Jangan lupa untuk memberikan kerikit dan taruhlah atau campurkan dengan beras ataupun biji padi yang belum di selep masih wujud gabah
  • Pemberian kerikil berupa tanah ini berguna untuk membantu proses pencernaan burung perkutut dan pemberian kerikil tanah juga bisa kita berikan untuk burung merpati
  • Agar supaya burung rajin manggung sebaiknya burung kita berikan suara masteran perkutut Cara menjinakkan burung perkutut adalah pada saat kita memberikan pakan ke dalam sangkar sesekali burung kita pegang dan kita usap usap kepalanya dan usap pada bagian bulu sayapnya,setelah itu taruhlah sangkar burung di teras rumah yang sering di lalui manusia (pemilik burung)
Tips Memilih Perkutut Bakalan Yang Cocok Buat Perkutut Lomba


Amati Kepala Burung Perkutut
Bentuk kepala perkutut bakalan atau piyikan yang paling bagus nantinya untuk maju lomba adalah perkutut yang memiliki bentuk kepala lonjong,bentuknya hampir mirip seperti bentuk buah pinang yang masih muda. Pada bagian mata indah,jernih serta memiliki aura cerah yang mengkilau,pada bagian mata dalam,kususnya bagian titik mata hitam,terlihat menonjol besar,selain itu,pada bagian paruh burung tersebut terlihat sangat tebal namun tidak terlalu panjang.kusus untuk bagian hidung,terlihat menonjol ke depan dan lubang bagian hidung di tutupi oleh bulu.

Amati Bagian Leher Perkutut.
Leher bagian perkutut yang bagus untuk maju kontes memiliki ciri yang panjang serta tegak lurus ke depan serta bisa mengangkat kepalnya.bagian bawah leher,kususnya di kantong suara yang terlihat mengembung sedikit menonjol.

Amati Bagian badan Perkutut.
Perkutut bagus memiliki bagian dada yang relatif bidang serta bentuk tubuh kurus namun atletis,pada belakkang punggung agak sedikit membungkuk.kusus untuk bagian sayap perkutut,memiliki bulu yang relatif panjang indah serta agak mengkilau..itulah beberapa ciri burung perkutut bagus bisa untuk maju dalam arena lomba.

Cermati Bagian kaki Perkutut.
Pada kakinya terlihat kuat dan kokoh,saat berdiri maupun saat melakukan kuda-kuda,kaki terlihat tegap,mantap serta pada bagian tulang paha yang relatif lebih rapat.bagian jari panjng,bentuk sisik kasar,namun semua sisik tersebut enek jika kita lihat,rapi serta bagian terahir sisik kaki terlihat agak besar dari sisik lainya. Selain itu, burung perkutut yang bagus memiliki warna sisik kaki yang dominan hitam agak kemerahan sedikit.dan pada bagian telapak kaki,terdapat sedikit warna putih..

Cermati Juga Bagian Supit Dan Ekor Perkutut.
Bagian ciri supit dan ekor perkutut juga menentukan dari kualitas burung tersebut.perkutut bagus,umumnya memiliki bentuk supit yang tidak rapat,supit agak renggang serta memiliki kelenturan tidak keras.nah untuk bagian Ekor perkutut yang bagus bisa di lihat dengan tanda bulu ekor panjang dan menumpuk,bagian ujung perkutut lebih kecil..pada bagian brutu atau pantat burung perkutut besar,serta agak runcing yang menonjol ke depan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 01:02
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.