Inilah Syarat Umur Minimal Hewan Kurban Yang Wajib Diketahui

loading...

Berapa Umur Minimal Sapi, Kambing dan Domba Yang Bisa Dipotong Sebagai Hewan Kurban?


Syarat umur minimal ternak yang bisa digunakan untuk kurban memang selayaknya diketahui oleh mereka yang ingin berkurban. Untuk tiap jenis hewan kurban, syarat umur yang harus dipenuhi ternyata memang bermacam-macam. Untuk sapi kurban umur yang layak berbeda dengan umur kambing dan demikian pula dengan umur domba.

Berikut ini Umur Hewan Kurban Yang Disyaratkan:

Sapi

Umur minimal ternak sapi yang akan digunakan sebagai sapi kurban adalah 2 tahun. Sapi berumur 2 tahun dan masuk tahun ke 3 bisa dilihat dari perubahan gigi susunya. Untuk umur 2 tahun sapi sudah poel 2 dalam arti gigi susu yang berubah menjadi gigi permanen minimal 2 buah. Ukuran gigi permanen jauh lebih besar dari gigi susu sehingga mudah dibedakan. Selain dari gigi umur juga bisa ditentukan dari tanggal kelahiran sapi jika memang peternak memiliki catatan yang valid maka bisa dijadikan dasar penentuan umur. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.


Kambing

Umur minimal kambing kurban yang disyaratkan adalah 1 tahun. Ciri kambing umur diatas 1 tahun adalah poel 2. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Domba

Domba bisa dijadikan hewan kurban setelah berusia 6 bulan atau lebih, ini sebaiknya dijadikan pilihan terakhir jika tidak menemukan kambing yang sesuai maupun domba yang lebih tua umurnya.

Unta

Untuk hewan Unta syarat minimal umur sebagai hewan kurban adalah 5 tahun. Untuk jenis ternak yang satu ini memang tidak lazim dinegara kita karena memang akan sangat menyulitkan untuk bisa mencari pedagang untuk dinegeri ini dan tentunya harganya juga akan sangat mahal jika harus mendatangkan dari negara timur tengah atau Afrika.
Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.” (HR. Muslim no. 1963)
Musinnah dari kambing adalah yang telah berusia satu tahun (masuk tahun kedua). Sedangkan musinnah dari sapi adalah yang telah berusia dua tahun (masuk tahun ketiga). Sedangkan unta adalah yang telah genap lima tahun (masuk tahun keenam). Inilah pendapat yang masyhur di kalangan fuqoha. Jadza’ah adalah domba yang telah berusia enam hingga satu tahun.
Demikian beberapa informasi mengenai umur hewan kurban yang layak menjadi perhatian. Dan tentunya selain umur yang sesuai, hewan kurban harus sehat, tidak ada cacat dari lahir, tidak terlalu kurus dan semakin gemuk akan semakin afdol serta yang terpenting adalah Iklhas lahir batin hanya mengharap ridho Allah SWT agar kurban bisa diterima. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 20:06
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.