Macam-macam Jenis Burung Elang Dan Daftar Harganya

loading...



Informasi Estimasi Harga Terbaru Macam-macam Jenis Burung Elang Saat Ini, Jenis Elang Apa Yang Paling Mahal?

Burung elang ataupun alap-alap mampu memangsa hewan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya. Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuat dari dedaunan sampai ranting pohon. Dari semua jenis elang ada satu jenis elang yang memangsa jenis serangga dan sarangnya hingga buah – buahan yakni elang sikep madu. Namun, untuk ukuran elang terbesar tidak terdapat di indonesia karena elang terbesar yang ada di Indonesia adalah elang papua yang memiliki panjang tubuh 75 – 90 cm.
Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya. Ia menjaga anaknya sampai mampu terbang. Elang merupakan hewan pemangsa. Sedangkan burung sikatan londo berasal dari wilayah utara dan barat amerika akan tetapi saat ini malah jarang di temukan di daerah tersebut akan tetapi burung ini berkembang biak cukup pesat di sebagian negara di eropa dan kawasan asia barat daya. Di alam liar burung ini membangun sarang di semak belukar dan bisanya burung nighitingale betina bisa bertelur 4 sampai 5 butir telur.
Harga Macam-macam Burung Elang Terbaru Saat Ini Di Pasaran
  • Burung Elang Bondol Rp 550.000 – Rp 900.000
    Burung Elang Anakan Rp 250.000 – Rp 500.000
    Burung Elang Bido Rp 400.000 – Rp 700.000
  • Burung Elang Putih Rp 1.000.000
  • Elang Bondol, Brahminy Kite Rp 700.000 – 900.000
    Elang Brontok hitam, CHE-DM Rp 850.000 – 1.000.000
  • Elang Brontok putih, CHE-LM Rp 1.300.000 – 1.500.000
    Elang Brontok cokelat, CHE-PM Rp 1.700.000 – 2.000.000
  • Elang Hitam, Indian black eagle Rp 2.000.000 – 2.500.000
  • Elang ikan Kepala Abu, Grey headed Fish Eagle Rp 2.000.000 – 2.500.000
    Elang Jawa, Javan hawk eagle Rp 1.600.000 – 1.900.000
  • Elang laut Perut Putih, White bellied sea Eagle Rp 2.500.000 – 3.500.000
  • Elang Paria, Black kite Rp 600.000 – 800.000
    Elang Perut Karat, Rufous bellied Eagle Rp 2.500.000 – 3.500.000
  • Elang sikep madu, Oriental Honey Buzzard Rp 400.000 – 500.000
  • Elang ular Bido, Crested sherpent eagle Rp 400.000 – 500.000
Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh Indonesia. Dalam Bahasa inggris, eagle atau elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila. Sementara itu burung-burung pemangsa yang lebih kecil dalam Daftar Burung Indonesia nomor 2 disebut Elang-alap.
Burung Elang Putih

Sesuai dengan namanya, Elang putih memiliki bulu putih namoak cantik yang menyelimuti hampir sebagian tubuhnya dengan menyisakan bagian sayap dan ekor berwarna abu-abu hingga hitam. Burung eksotis ini dibandrol lumayan tinggi sekitar 1 jutaan lebih.

Burung Elang Hitam

Jenis Elang satu ini memiliki tampilan warna bulu hitam yang menutupi keseluruhan tubuhnya. Tampilannya yang begitu hitam elegan membuatnya jadi salah satu elang yang banyak diminati. Harga burung pemangsa ini dibandrol pada kisaran 500 ribu hingga mencapai 750 ribu.

Burung Elang Laut

Elang ini merupakan jenis yang memiliki habitat di daerah sekitar pesisir pantai dan laut dengan mangsa utama berbagai jenis ikan dan kepiting. Burung jenis ini dibandrol paling murah diantara jenis lain yakni sekitar 500 ribuan.

Burung Elang Anakan

Bagi yang menginginkan burung Elang yang masih relatif memiliki harga murah, Elang yang masih anakan bisa anda jadikan pilihan. Harga burung Elang yang masih anakan dihargai sekitar 250 ribu hingga 500 ribuan tergantung jenis Elangnya.

Mengenal Jenis Burung Elang Bondol dan Harganya

Elang Bondol termasuk dalam jenis Elang bertubuh sedang. Jenis ini identik dengan bulu putih yang menyelimuti tubuh bagian atas mulai dari kepala hingga dada, sementara di bagian sayap dan tubuhnya lainnya dibalut dengan warna merah bata berkombinasi coklat kekuningan. Harga burung Elang Bondol dibandrol berkisar antara 500 ribu hingga 900 ribuan.
Pakan burung elang bondol ini juga sama dengan elang jenis lain, yaitu mamalia kecil, kodok, dan beberapa hewan kecil lainnya. Selain itu, burung ini juga memakan bangkai, sampah, dan ikan sisa tangkapan nelayan.

Untuk bisa memelihara burung ini, sebaiknya terlebih dahulu mempelajari perilaku dari jenis elang bondol ini. Di alam liar, burung elang bondol ini kerap beratraksi dengan terbang di angkasa, seperti terbang naik dengan cepat diselingi gerakan menggantung di udara, kemudian menukik tajam dengan sayap terlipat dan dilakukan secara berulang-ulang.

Burung elang bondol biasanya akan berkembang biak pada bulan Januari – Agustus, dan Mei – Juli. Telur yang sudah dibuahi akan dierami selama 28 – 35 hari. Anakan mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang setelah berumur 40 – 56 hari, dan menjadi dewasa mandiri setelah 2 bulan kemudian.

Fakta-fakta elang bondol dikutip dari Gembiralokazoo:

Berubah-ubah warna

Burung Elang Bondol memiliki ukuran sedang dengan panjang tubuh mencapai 45 cm, berwarna putih dan coklat pirang. Elang bondol remaja memiliki warna bulu seluruh tubuh kecokelatan. Warna berubah putih keabu-abuan pada tahun kedua, dan mencapai bulu dewasa sepenuhnya pada tahun ketiga.

Ujung ekor bundar, iris mata coklat, paruh dan sera abu-abu kehijauan, kaki dan tungkai kuning kusam. Ketika dewasa, warna bulu tubuhnya pada bagian kepala, leher, dan dada putih, sedangkan bagian sayap, punggung, ekor, dan perut coklat terang dengan bulu primer yang hitam.

Perilaku

Biasanya elang bondol hidup sendiri alias soliter. Namun di daerah yang makanannya melimpah, elang bondol bisa hidup dapat membentuk kelompok sampai 35 individu. Ketika berada di sekitar sarang, sesekali memperlihatkan perilaku terbang naik dengan cepat diselingi gerakan menggantung di udara, kemudian menukik tajam dengan sayap terlipat dan dilakukan secara berulang-ulang.

Terbang rendah di atas permukaan air untuk berburu makanan, tetapi terkadang juga menunggu mangsa sambil bertengger di pohon dekat perairan, dan sesekali terlihat berjalan di permukaan tanah mencari semut atau serangga-serangga kecil.

Reproduksi

Telur berwarna putih, sedikit berbintik merah, jumlah 1-4 butir.Berkembang biak pada bulan Januari-Agustus, dan Mei-Juli. Dierami selama 28-35 hari. Anakan mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang umur 40-56 hari, menjadi dewasa mandiri setelah 2 bulan kemudian.

Makanan

Burung ini memakan mamalia kecil, ayam, burung yang berukuran kecil dan beberapa jenis reptil serta serangga.

Habitat

Habitat elang bondol adalah di rawa-rawa. Mereka menyukai pohon yang tinggi untuk membuat sarang. Sarang-sarang diletakkan di daerah dekat dengan ujung agar terlindung dari mamalia atau hewan lain yang dapat memakan telur atau anaknya. Mereka ditemukan di anak benua India, Asia Tenggara dan Australia.

Diolah dari berbagai sumber media online

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 21:36
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.