Cara Mencegah dan Pengobatan Infeksi Toksoplasma

loading...

Apa Itu Toksoplasma?

Toksoplasma adalah sebutan dari parasit yang memiliki nama lengkap Toxoplasma gondii yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan menyebabkan penyakit infeksi. Toksoplasma adalah penyakit yang dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Parasit yang menyebabkan penyakit ini dapat menginfeksi plasenta dan janin, sehingga dapat menyebabkan kerusakan otak, bayi lahir mati dan keguguran. Toksoplasma adalah penyakit yang disebarkan dari hewan ke manusia (kecuali pada ibu hamil). Parasit T. gondii dapat bertahan dalam tubuh dalam kondisi tidak aktif, sehingga memberi kekebalan seumur hidup terhadap infeksi parasit ini. Namun saat sistem imunitas tubuh melemah karena suatu penyakit atau konsumsi obat tertentu, infeksi T. gondii dapat aktif kembali dan memicu komplikasi yang lebih parah.
Selama ini banyak orang mengenal toksoplasma adalah penyakit yang menular dari kucing ke manusia. Padahal, parasit bisa berpindah perantara asal masih hewan berdarah panas. Anjing, tikus, atau kelinci sekali pun masih memiliki kemungkinan menjadi perantara dari toksoplasma sebelum akhirnya menular ke manusia.

Cara mencegah toksoplasma yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan kandang hewan peliharaan dan kotorannya secara berkala. Dengan melakukan itu, kemungkinan terjadi penularan akan sangat kecil.

Bagaimana Jika Terinfeksi Parasit Toksoplasma?

Toksoplasma hanya menular dari perantara ke orang melalui kontak langsung atau tidak langsung. Penularan antara manusia dan manusia bisa saja terjadi kalau terjadi transplantasi organ dari penderita ke orang lain. Jadi, selama menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan dari hewan peliharaan, toksoplasma tidak akan menular.

Pertanyaan tentang Toksoplasma :
Assalamualaykum dokter, saya umur 32 tahun mempunyai istri yg divonis dokter kena tokso, indikasinya pernah melahirkan bayi yg tidak normal (tempurung kepalanya belum terbentuk) dan saat ini sedang hamil 2 minggu. Apa yang harus saya lakukan. seandaynya harus terapi bagaimana caranya mohon penjelasannya…?

Jawaban:

Wa’alaikumussalam,

Mungkin yang dimaksud tokso adalah Toksoplasmosis yaitu penyakit yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii. Vonis terkena toksoplasmosis kurang cukup jika hanya berdasarkan pemeriksaan dan riwayat penyakit dahulu. Misalnya pernah melahirkan bayi yang tidak normal dengan tempurung kepala belum terbentuk. Untuk lebih pastinya kami sarankan anda untuk berkonsultasi kembali dan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyakit ini.

Jika memang positif dan pasti terkena toksoplasmosis ketika hamil., yang berbahaya adalah janinnya bisa terinfeksi juga kemudian bisa menyebabkan kecacatan yaitu hidrocefalus, perut bengkak (ascites), kebutaan, radang otak dan lain-lain. Bisa juga menyebabkan keguguran jika terserang pada tiga bulan pertama.

Jika seorang ibu hamil sudah terkena infeksi toxoplasma dengan diagnosis yang sudah pasti dari dokter. Maka terapi dan penanganan yang ditempuh adalah dengan memberikan antibiotik dengan pengawasan.

Antibiotik yang diberikan bisa berupa Sulfa dan pirimethamin Atau spiramycin dan clindamycin.

Antibiotik ini bisa menmenembus sawar plasenta dengan baik. Terapi tetap dilakukan terus sampai persalinan. Jika sudah melahirkan, maka bayi perlu diperiksa juga apakah terkena infeksi atau tidak (tertular jika pada pemeriksaan yaitu lgM adalah positif). Meskipun bayi tidak tertular tetap perlu dikontrol secara berkala dengan pemeriksaan. Pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan segera mungkin pada minggu-minggu awal kehamilan dengan harapan bayi tidak tertular.
Kami sarankan jika memang terkena toxoplasma , segera kontrol rutin pada dokter spesialis kandungan.
Infeksi toksoplasma yang sering kali tidak disadari adalah ketika tangan yang sudah terkontaminasi menyentuh mulut, hidung atau mata. Namun, perlu diketahui juga mereka yang memelihara kucing dan terpapar parasit ini tidak langsung terinfeksi. Infeksi tidak menular pada mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pada penderita toksoplasmosis dengan sistem kekebalan tubuh rendah, biasanya dokter akan memberikan seperti pyrimethamine dengan clindamycin. Konsumsi obat ini memerlukan waktu 6 minggu atau lebih lama.

Cara Mencegah Toksoplasma

Tindakan pencegahan adalah langkah yang paling tepat agar Anda terhindar dari toksoplasma. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena infeksi toksoplasma, antara lain:
  • Menggunakan pelindung tangan terutama aktivitas yang banyak dilakukan di tanah.
  • Jangan lupa selalu cuci sayuran dan buah sebelum dikonsumsi.
  • Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matang. Selain itu, cucilah semua peralatan dapur setelah memasak daging mentah.
  • Berikan kucing makanan kering atau kalengan daripada daging mentah. Jaga kucing untuk selalu di dalam rumah agar tidak tertular infeksi dari tikus atau hewan-hewan lainnya. Jauhkan kucing dari dapur dan meja makan.
  • Hendaknya tetap menjaga kesehatan hewan peliharaan dan gunakan sarung tangan saat membersihkan kotorannya. Hindari memelihara kucing liar, karena rentan terinfeksi parasit T. gondii.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 02:38
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.