Perbedaan Tanaman Lampes, Kemangi dan Sweet Basil

loading...

Manfaat Dari Tanaman Lampes, Kemangi dan Sweet Basil Bagi Kesehatan, Apa Saja Perbedaannya?

Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Daun lampes adalah salah satu daun yang bagian pinggirannya bergerigi dan juga tajam. Kandungan alami yang ada di dalam daun lampes ampuh untuk mengobati gangguan kesegatan. Daun ini mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan masih banyak senyawa sehat lainnya. Daun basil merupakan salah satu rempah daun yang banyak dipakai dalam hidangan Italia. Bentuknya memang mirip dengan daun kemangi tetapi lebih besar, lebar dan tebal. Daun ini aromanya wangi tajam dan sangat khas. Ada berbagai jenis basil terutama yang dipakai pada kuliner Thailand.
Lampes / Ruku-ruku yang cukup dikenal dalam kuliner sumatera barat, Kemangi yang biasa terdapat dalam lalapan atau pindang ikan, dan Basil merupakan tanaman keluarga Lamiaceae dengan Genus Ocimum. Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya.

Berikut ini Gambar 3 buah jenis "Basil" agar lebih mudah untuk membedakan dilihat dari ciri daunnya:
Lampes / Ruku Ruku
Kemangi / Selasih 
Basil / Sweet Basil
Kemangi atau Selasih yang juga dikenal dengan sebutan lemon basil memiliki nama latin Ocimum citriodorum, dalam pemanfaatannya seringkali dihidangkan dalam bentuk lalapan segar bagi masyarakat Jawa barat, atau dimasukkan dalam pindang ikan Palembang. Rasa daun kemangi terasa pedas, dingin, manis, dan wangi aroma yang khas.
Selain Dimasak, Ini Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan
  1. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah.
  2. Menjadikan kulit sehat.
  3. Membantu menyamarkan bekas luka.
  4. Mengobati kulit infeksi.
  5. Untuk kulit bebas noda.
  6. Sifat anti penuaan.
Tanaman ini bisa dibudidayakan dari stek batang atau penyemaiaan benih dari bunganya yang telah mengering. Saat tanaman ini tumbuh besar, pemetikan pucuk tanaman harus seringkali dilakukan untuk menghindari munculnya bunga, ketika bunga muncul maka daun akan mengecil sehingga sulit dimanfaatkan dan tampilannya kurang bagus.
Selain itu, daun kemangi juga mengandung serat, protein, air (sebagian besar), vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, seng, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, dan kalium.
Sebagai herbal banyak sekali manfaat kemangi antara lain sebagai sumber antioksidan, mengatasi gula darah, obat demam, antiseptik alami, mencegah timbulnya berbagai infeksi dan radang, meningkatkan imunitas tubuh dan lain-lain.
Antara Biji Selasih dan Kemangi. Biji selasih ini merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman yang bernama tanaman selasih. O iya, kemangi juga termasuk salah satu tanaman basil. Bedanya adalah kemangi tidak menghasilkan biji selasih dan hanya dimanfaatkan daunnya saja. Uniknya, daun selasih ini memiliki wangi yang harum seperti daun kemangi.
Ruku-ruku yang cukup populer pada kuliner Sumatra barat, biasanya dimanfaatkan daun segar dan batang mudanya sebagai bumbu dalam masakan gulai ikan seperti gulai ikan mas, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan holly basil dan memiliki nama latin Ocimum tenuiflorum, budidayanya sama seperti kemangi tetapi menurut saya pertumbuhan tanaman ini agak lambat tidak seperti kemangi, apabila anda ingin menanam tanaman ini coba tanyakan tetangga anda yang berasal dari keturunan minang dan memiliki hobi memasak mungkin bisa jadi dia menanamnya.
Ekstrak tanaman ruku-ruku tersebut secara farmakologi memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan E. coli, S. aureus serta P. aeruginosa.
Manfaat Ruku ruku / Lampes. Studi/ penelitian lain menunjukkan bahwa kerja kandungan Daun Lampes berkaitan dengan cellular antioxidant defence system. Ini berarti aktivitas penurun kadar gula darah dilakukan oleh senyawa yang bekerja sebagai antioksidan di dalam daun tersebut.
Ruku-ruku atau Ocimum tenuiflorum merupakan tanaman terna yang tergolong familia lamiaceae. Tanaman ini mirip dengan kemangi sehingga orang sering salah kaprah. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk masakan Minangkabau yang berupa gulai.
Selain sebagai antioksidan, penurun kadar gula, lampes juga berkhasiat untuk mengatasi kelebihan lipida, termasuk lemak dalam darah. Lipida berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan manusia. Khasiat ekstrak lampes sebagai penurun kadar lemak dan membantu perlindungan liver terhadap gangguan hiperkolesterol.

Tanaman Basil atau disebut juga "sweet basil" , biasanya dimanfaatkan pada kuliner Mediterania, memiliki nama latin Ocimum basilicum, benihnya bisa di beli di toko tanaman dan mengusung perusahaan pembibitan seperti Yates dari Australia atau Sang Hyang Seri dari negri sendiri, budidayanya cukup mudah, cukup disemaikan dalam pot dan kemudian dipindahkan ketika panjangnya kira kira 3 cm, dan warna daunnya menarik.

Manfaat Tanaman Basil  Untuk Kesehatan

Mengatasi Batu ginjal
Tanaman ini baik untuk masalah ginjal, terutama batu ginjal. Dimana mengkonsumsi jus basil yang dicampur dengan madu selama 6 bulan, dapat membantu mengusir batu ginjal melalui saluran kemih.

Sebagai Anti-Stres
Daun Basil dianggap sebagai agen anti-stres. Studi terbaru menunjukkan bahwa daun basil mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan orang yang sehat bisa mengunyah 12 daun basil, dua kali sehari, untuk mencegah stres.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Basil ternyata memiliki manfaat baik bagi mereka yang mengalami berbagai masalah pencernaan, dengan cara membantu sekresi enzim pencernaan.

Pengobatan Diabetes Secara Alami
Akar basil ternyata baik untuk mengatasi masalah diabetes. Dimana Anda hanya cukup merendam bubuk dari akar basil ke air dalam waktu satu malam dan paginya langsung di minum di pagi hari. Obat herbal ini diklaim dapat membantu mempertahankan tingkat insulin di dalam tubuh dan merupakan obat alami untuk diabetes.

Jika melihat banyaknya manfaat dari jenis-jenis tanaman basil ini maka sangat dianjurkan untuk bisa menanam atau membudidayakannya dipekarangan rumah sebagai tanaman TOGA yang berkhasiat untuk pengobatan berbagai penyakit secara alami, sudah saatnya kita kembali ke alam dan mengurangi konsumsi obat-obat kimiawi yang secara umum biasanya memiliki efek samping bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 19:43
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.