Harga Entok Anakan (DOD) dan Dewasa Siap Potong 2019

loading...

Berapa Harga Bibit Entok (DOD) dan Entok Dewasa Siap Potong Saat Ini Tahun 2019?

Entok dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan bebek manila atau itik manila, dan dalam bahasa Inggris disebut dengan Muscovy Duck. Unggas ini sengaja dipelihara untuk diambil telurnya dan juga dagingnya. Harga entok pergerakan naik turunnya sangat berbeda dengan harga ayam broiler. Harga entok untuk tahun 2019 diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan harga entok tahun 2018 yang lalu, mengapa? Hal ini disebabkan permintaan entok yang tidak terlalu melonjak dan pasarnya yang juga tidak terlalu ada persaingan. Harga entok umumnya hanya akan bergerak naik saat moment perayaan hari besar saja dan jarang sekali mengalami fluktuasi harga pada hari-hari biasa.
  • Informasi harga entok siap potong sebenarnya sangat bervariasi di berbagai daerah, tetapi untuk saat ini harga entok berkisar antara Rp 60.000 - Rp 100.000 tergantung ukuran beratnya. Bahkan untuk entok yang jumbo dan gemuk harga per ekornya bisa mencapai Rp 120.000 - Rp 130.000. Untuk didaerah perkotaan seperti di Jakarta, pada musim tertentu seperti jelang hari raya harga entok bisa diatas Rp 200.000 per ekornya. Harga entok memang secara umum sering mengalami kenaikan jika menjelang hari besar sama dengan komoditas ternak yang lainnya.
  • Harga bibit atau anakan entok atau  dikenal dengan istilah DOD entok berkisar antara Rp 5.000 - Rp 6.000 per ekor. Harga bibit entok ini mirip dengan harga bibit bebek yang mencapai Rp 7.000 per ekornya.
Ternak entok memang tidak sepopuler ternak ayam kampung karena memang entok hanya disukai didaerah tertentu saja dan tidak merata di seluruh Indonesia. Sementara ayam kampung, mulai dari ujung Sumatera sampai Papua sudah banyak yang mengenalnya dan menggemarinya.
Ciri khas warna bulu entok adalah hitam dan putih, kaki berwarna kuning dengan selaput yang agak sedikit lebar. Di Indonesia sendiri jenis Entok Rimba yang paling banyak di ternak dan di pelihara oleh banyak orang untuk di manfaatkan daging dan telurnya. Entok rimba biasa hidup di daerah rawa-rawa, pesisir sungai, dan lahan pertanian. Selain itu entok juga bisa dimanfaatkan untuk mengerami telur bebek maupun ayam lokal. Entok termasuk jenis unggas Omnivora atau hewan pemakan segalanya. Entok yang hidup di alam liar biasanya memakan ikan kecil, tumbuhan air, dan biji-bijian. Untuk entok yang di pelihara dan di ternak biasanya di beri pakan nasi bekas, ampas tahu, eceng gondok, dedak dan juga pur.
Ternak entok memang masih jarang dibudidayakan secara intensif dan dalam jumlah besar. Kapasitas dan model pemeliharaan entok masih skala rumah tangga saja yang banyak dilakukan sementara untuk skala besar seperti perusahaan atau industri belum diketahui aktifitasnya. Entok yang siap untuk dikonsumsi adalah yang berusia 10 minggu. Sedangkan untuk entok petelur biasanya akan mengerami telurnya selama 35 hari. Unggas ini juga dapat dibuat menjadi aneka macam masakan, baik itu masakan utuh seperti dibakar, atau dibuat menjadi sup. Adapun tips untuk memasak unggas ini juga cukup sederhana. Pertama-tama untuk menghilangkan bau amis dari binatang ini adalah menggunakan jeruk nipis. Setelah itu diamkan selama beberapa lama, dan bersihkan. Setelah itu entok siap untuk dibuat masakan tertentu. Entok adalah salah satu menu favorit di beberapa restoran Asia, itu karena daging entok ini sangat lembut dan memberikan cita rasa yang khas ketika dikonsumsi. Karena jarangnya orang yang memelihara dan beternak entok, maka harga binatang ini dipasaran juga masih cukup tinggi dibandingkan dengan daging ayam.
Harga Entok 2019


Entok masih keluarga dekat dengan Itik, ukuran badan entok mampu mencapai 86 cm, dan berat sekitar 3kg untuk entok jantan, dan untuk entok betina ukuran badan bisa mencapai 64 Cm dan berat sekitar 1,3 Kg. Jika di jadikan hewan peliharaan berat entok bisa mencapai 7 Kg jika kita memberinya pakan yang bagus.
Itik serati, itik surati, itik manila, entog, atau mentok (Cairina moschata) adalah sejenis burung atau unggas yang termasuk keluarga bebek yang dipelihara untuk diambil daging dan telurnya. 
Meski jarang terjadi, entok juga bisa terbang lumayan jauh. Bahkan pernah kejadian seekor entok yang baru dipotong ternyata bisa terbang sampai jarak puluhan meter sebelum ambruk dan mati. Jadi hati-hati kalau menyembelih entok, sebaiknya setelah dipotong entok langsung dimasukkan dalam kurungan seperti kurungan ayam untuk menghindari kemungkinan si entok terbang.

Demikian informasi harga entok tahun 2019, harga bisa saja berubah sewaktu-waktu dan tentunya bisa berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Secara umum harga entok memang relatif stabil sepanjang tahun.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 18:56
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.