Mengenal Peternakan Sapi Angus Terbesar Di Australia


Inilah Peternakan Sapi Black Angus Terbesar, Rangers Valley Australia

Sapi Angus atau Sapi Aberdeen Angus Scotlandia. Sapi Angus atau Aberdeen angus adalah jenis sapi unggul ber kwalitas super. Berternak Sapi angus atau Sapi Aberdeen Angus. Sapi yang ternakkan dengan tujuan sebagai penghasil daging merupakan pengertian dari sapi potong atau bisa juga disebut sapi pedaging. Ciri paling khas sapi Angus adalah warnanya yang serba hitam (ala ninja) pada sekujur tubuhnya. Jika dalam bahasa Jawa sapi ini sangat mudah diingat karena namanya Angus kalau dalam bahasa jawa bisa berarti gosong dan semua yang gosong tentunya berwarna hitam jadi klop dengan warna kulit jenis sapi ini. Dikarenakan asalnya adalah dari suatu daerah yang bernama Aberdeen Shire dan Aungushire di Negara Scotlandia sana maka sapi Angus ini memiliki nama resmi atau nama populer Aberdeen Angus.
Puluhan ribu sapi diternakkan secara alami di Rangers Valley, Australia. Lebih dari 32 ribu sapi diberi pakan khusus hingga siap disembelih secara halal. Mengunjungi Rangers Valley di Glen Innes, New South Wales, detikFood (12/9) bersama rombongan Holycow! Steakhouse by Chef Afit berkesempatan melihat proses pemeliharaan sapi hitam Australia. Di lahan seluas 4.500 hektar, puluhan ribu sapi diternakkan dengan metode alami.

Disebut alami karena Rangers Valley tak memakai bahan kimia, seperti suntik hormon pada proses pemeliharaannya. Begitu juga dengan pakan sapi long fed pure angus dan crossbreed (persilangan) wagyu yang hanya berupa gandum saja.

Foto: detikfood
Ciri fisik sapi Angus lainnya adalah tidak memiliki punuk dan juga tidak mempunyai tanduk, bentuknya agak pendek tetapi gerakannya lincah atau aktif bergerak. Berat sapi Aberdeen Angus Jantan Dewasa bisa mencapai 1 ton atau lebih tergantung dari intensifnya pemeliharaan jenis sapi ini. Sedangkan berat yang betina dewasa umumnya natara 500 - 750 kg. Keunggulan dari segi daging, sapi Angus memiliki komposisi daging yang seratnya padat dan halus sehingga sangat disukai, jika dibandingkan dengan jenis sapi lain.
Alex dan Hossam Shabayk selaku Business Development Manager MENA & Southeast Asia Rangers Valley menjelaskan sapi diberi makan 70 persen gandum (wheat) dan 30 persen barley. Rasionya harus tepat karena akan mempengaruhi kualitas daging. Proses pencampuran pakan dilakukan dengan mesin sehingga dalam 1 jam bisa menghasilkan 40 ton. Tak heran mengingat tiap sapi di sini umumnya diberi 22 kg pakan per hari.

"Dalam sehari sapi diberi dua kali makan, 40 persen di pagi hari dan 60 persen di sore," tutur Alex. Total, sehari Rangers Valley perlu menyediakan lebih dari 600 ton pakan sapi. Racikan pakan ini berbeda di tiap peternakan karena mereka punya 'resep' masing-masing.

Foto: detikfood
Keunggulan Sapi Angus

  • Memiliki sifat yang dominan sehingga sangat bagus untuk disilangkan dengan sapi lain
  • Tidak memiliki tanduk sehingga relatif aman jika dipelihara secara koloni merupakan keunggulan yang tidak dimiliki jenis sapi lain.
  • Bentuk tubuh panjang dan kompak meskipun ukuran tingginya termasuk pendek. Tubuh yang panjang dan kompak menunjukkan persentase karkas yang bagus dan daging yang padat.
  • Jarang mengalami kesulitan saat beranak serta memiliki sifat keibuan yang sangat bagus
  • Mudah menurunkan sifat marbling atau perlemakan dalam daging pada anak-anaknya. Sifat ini (marbling) sangat disukai dinegara-negara eropa tetapi di Indonesia khususnya pasar daging lokal tidak menyukai daging yang berlemak.
Selain itu, sapi Rangers Valley dibesarkan di area pemberian pakan (feedlot) dalam kurun waktu berbeda. "Untuk Black Angus perlu dipelihara selama 270 hari, sedangkan Wagyu selama 1 tahun," kata Alex.

Ada juga Full Blood Wagyu yang dihasilkan dari sapi pure wagyu. Jenis sapi ini dipelihara lebih lama hingga 500 hari. Hasilnya profil rasa dagingnya lebih kuat. Dari puluhan ribu sapi yang ada di Rangers Valley, semuanya terpantau karena tiap sapi diberi penanda di telinganya. Informasinya berupa nomor yang mencakup nomor hewan sebagai individu, nomor grup hingga berat badan sapi saat masuk.

Foto: detikfood

Hossam mengklaim saat ini Rangers Valley mungkin menjadi peternakan sapi hitam terbesar di dunia. Ia menekankan aspek alami dalam proses pemeliharaan sapi hitamnya. Yang tak kalah penting juga aspek kesejahteraan hewan (animal welfare) yang sangat dijunjung tinggi.

Sumber detik.com dan sumber lainnya


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:13
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.