Harga Kulit Sapi dan Jerohan Akhir Tahun 2018


Berapa Harga Kulit Sapi Bulan Desember 2018 Jelang Tahun Baru 2019?

Harga terbaru kulit sapi saat ini masih berkisar antara Rp 16.000 - Rp 17.000 untuk jenis kulit basah dalam artian kulit yang baru keluar dari rumah potong hewan. Harga kulit tersebut berlaku di area jabodetabek. Harga kulit dipasaran Jawa Timur lebih murah daripada di pasar Jabotabek untuk saat ini. Harga kulit sapi lokal di Jatim secara umum lebih mahal dibandingkan dengan harga kulit sapi impor karena alasan bahwa kulit sapi impor ada tattonya sehingga mengurangi kualitas kulit tersebut, entah ini akal-akalan pedagang kulit atau memang kenyataannya demikian masih perlu digali lebih jauh.

Harga kulit sapi memang sering dipengaruhi juga oleh nilai mata uang rupiah atau kurs dolar Amerika. Hal ini normal terjadi karena kebanyakan kulit sapi dipasarkan juga ke pasar ekspor yang tentunya sangat terpengaruh dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Semakin jatuh nilai rupiah, harga kulit sapi akan semakin mahal dan eksportir akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Disisi lain jatuhnya nilai mata uang rupiah akan berdampak buruk terhadap harga-harga barang lain didalam negeri karena harga barang bisa terus naik dan bertambah mahal dari hari ke hari.

Bagaimana dengan harga Jerohan sapi pada akhir tahun 2018?

Jerohan sapi yang merupakan produk sampingan pemotongan hewan ternyata menjadi salah satu produk unggulan dari jagal untuk mendapatkan keuntungan. Saat harga jerohan anjlok biasanya jagal juga mengeluh keuntungannya tergerus bahkan bisa merugi.

Harga jerohan atau ofal untuk RPH seputaran Jabodetabek biasanya dihargai sesuai dengan berat karkas. Jika saat ini harga jerohan berkisar antara Rp 5.000 per kg maka harga borongan jerohan adalah Rp 5.000 dikalikan berat dari karkas sapi yang dipotong. Misalnya berat karkas 200 kg maka harga borongan jerohan atau offal dari sapi tersebut Rp 1,000.000. Bukan nilai yang kecil tentunya dan menjadi sangat wajar jika harga jerohan juga sangat menentukan untung ruginya jagal selain dari naik turunnya harga kulit, harga karkas dan tentunya harga daging.

Sedangkan harga jerohan per item barang bisa sangat bervariasi. Untuk harga jerohan seperti usus dan babat umumnya dijual pada harga Rp 30.000 - Rp 40.000 per kg. Harga limpa dan paru dijual dengan harga berkisar antara Rp 50.000 - Rp 60.000. Untuk harga hati sapi dijual dengan kisaran harga Rp 55.000 - Rp 70.000 per kg. Sedangkan untuk harga daging kepala sapi berkisar Rp 90.000 per kg. Harga buntut sapi per kgnya berkisar Rp 85.000/kg.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 06:50
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.