Jenis-jenis Vitamin Untuk Merangsang Nafsu Makan Ternak


Ternak yang memiliki nafsu makan rendah mudah terserang penyakit, pertumbuhan lambat dan performance jelek. Sapi yang kurang makan akan terganggu pertumbuhannya.

Sapi malas makan banyak sekali penyebabnya antara lain kondisi sapi yang sedang sakit atau ada tanda-tanda akan sakit, pakan yang tidak palatable sehingga ternak sapi tudak menyukainya dan bisa juga karena kurangnya air minum. Untuk pakan yang kering atau dry matter nya tinggi maka ketersediaan air minum secara adlibitum atau selalu tersedia wajib hukumnya.

Bagaimana cara mengatasi ternak yang nafsu makannya anjlok? Pemberian vitamin adalah salah satu solusinya selain pemberian pakan yang memiliki palatabilitas tinggi. Hindari penggunaan bahan baku pakan yang sudah rusak dan berbau busuk menyengat karena disamping sapi tidak menyukainya, bahan pakan busuk ini sangat berpotensi membawa penyakit dan bakteri yang merugikan.
Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Sumber berbagai vitamin ini dapat berasal dari makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan suplemen makanan.
Berikut ini salah satu contoh produk vitamin yang bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan ternak sapi. Lengkap dengan komposisi, dosis dan cara penggunaannya.

PRIMAVIT-Gel

oral
Perangsang Nafsu Makan
Netto:100gr

KOMPOSISI
Tiap 100 gr mengandung
Vitamin A.......100.000 IU
Vitamin D3.......25.000 IU
Vitamin E................50mg
Vitamin B1...........100 mg
Vitamin B6.............50 mg
Vitamin B12.......100 mcg
Palatabilitas agen: 1000mg
Carrier/nutrisi add: 100gr
Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Vitamin B adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3). Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh guna menjaga kadar kalsium dan fosfat. Vitamin yang larut dalam lemak ini diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat, yaitu mineral yang penting bagi pembentukan dan perlindungan tulang dan gigi.
INDIKASI
-Meningkatkan nafsu makan
-Mempercepat proses penyembuhan penyakit
-Membantu proses pertumbuhan kulit dan bulu

DOSIS
Sapi, kerbau, Kuda:100gr/400kgBB
Kambing, domba: 10-20gr/30kgBB
Anjing, kucing : 1,5gram/2kgBB (1/2 sendok teh)/2kgBB
Atau diberikan secukupnya sesuai kebutuhan vitamin.
Diberikan pada saat hewan kurang nafsu makan atau kondisi sakit.

Kemasan: 100 gram

OBAT HANYA UNTUK HEWAN TERNAK DAN TIDAK COCOK DIGUNAKAN PADA MANUSIA


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:18
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.