Kabar Duka Matinya Lovebird Kusumo Juara Ngekek Nasional

Kematian lovebird Kusumo menjadi kabar duka di kalangan pencinta burung. Lovebird Kusumo sudah jadi legenda karena ratusan kali menjuarai lomba dan pernah ditawar hingga Rp 2 miliar. 

Lovebird Kusumo mati pada Senin (19/11) setelah 7 tahun dipelihara oleh Sigit Marwanta atau Sigit Wmp. Sigit menceritakan awal mula dia memelihara Kusumo hingga akhirnya langganan juara. 

"Dulu belinya di pasar, lalu kurawat buat lomba. Total sudah hampir 400 kali juara I di event nasional tahun 2014-2017. Yang juara II nggak dihitung," kata Sigit saat berbincang Jumat (23/11/2018). 

Ratusan kali juara, lovebird Kusumo jadi legenda di kalangan kicau-mania. Bahkan lovebird Kusumo pernah ditawar untuk dibeli senilai Rp 2 miliar. Tapi Sigit menolaknya. 

"Iya (Rp 2 miliar). Bentuknya berupa Alphard, Rubicon, tambah Rp 300 juta. Tapi nggaklah, jangan. Pertama, karena kedekatan, yang ngasih nama kan anakku juga. Kalau kata anakku nggak boleh, ya nggak dilepas. Temanku juga bilang ini buat icon. Ya sudah, sampai kapan pun nggak kulepas," ucapnya. 

Siapa yang menawar lovebird  Kusumo hingga miliaran rupiah? Sigit menutup rapat-rapat identitasnya. 

"Istilahnya beliau tinggal cari hiburan. Anak-anaknya sudah sukses semua. Nggak mau dirilis juga," ujar Sigit. 

Berkukuh tak melepas  lovebird  Kusumo  pada 2017, Sigit akhirnya tetap harus mengucapkan selamat tinggal kepada burungnya. Kusumo mati mendadak setelah dimandikan Sigit. 

"Malam itu aku pulang. Dia kubawa ke sampingku, habis mandi kan. Duduk santai di pendopo. Dia pingin keluar sangkar, tahu-tahu kayak pingin mendekat. Kupegang, lemas, kukira tidur. Tahunya bablas," kisahnya.

Menolak tawaran Rp 2,2 miliar

Saking istimewanya, Kusumo pernah ditawar oleh seseorang senilai Rp 2,2 miliar. Namun, Sigit menolak tawaran itu karena baginya Kusumo sudah menjadi bagian dari hidup.

"Bagi saya Kusumo sudah menjadi bagian dari hidup saya. Ikatan batin yang tidak bisa dinilai dengan rupiah," ujar Sigit.

Sigit mengatakan, banyak kenangannya bersama Kusumo. Menurut dia, Kusumo sudah memberikannya kebanggaan karena sering juara setiap mengikuti kontes perlombaan burung berkicau.

"Sudah lebih dari 400 kali juara pertama, setiap mengikuti berlombaan burung di berbagai eventregional maupun nasional," kata calon anggota DPR RI Dapil V Jateng dari PKB ini.

Sigit mengungkapkan, ia telah memelihara Kusumo sejak burung itu masih kecil. Ia membeli anakan lovebird itu di pasar.

Ia memelihara Kusumo dengan penuh cinta dan perhatian.

Bahkan, untuk menghasilkan suara yang bagus, Kusumo selalu diberi makan berupa daun bayam dan daun gingseng.


Sumber detik.com, kompas.com


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 13:54
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.