Cara Mengetahui Makanan Mengandung Borak Menggunakan Kunyit


Waspada Kandungan Borak Pada Makanan, Tes Dengan Cara Ini!
Boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat.
Perbedaan Bleng dan Boraks: Bleng adalah sebutan populer untuk salah satu zat kimia berbahaya yang bernama Natrium Biborat, Natrium Piroborat, Natrium Teraborat. Bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks atau asam borat murni yang biasa dibuat oleh industri farmasi. Sedangkan Boraks adalah senyawa kimia yang berbahaya untuk dikonsumsi, yang memiliki sebutan kimia natrium tetrabonat (NaB4O7 10H2O). Bisa ditemukan dalam bentuk padat, dan jika larut dalam air akan menjadi natrium hidroksida dan asam borat (H3BO3). Boraks atau asam borat umumnya digunakan untuk bahan pembuatan deterjen, bersifat antiseptik dan mengurangi kesadahan air. Baik Boraks atau blenk sangat diharamkan pemerintah untuk dikonsumsi, namun masih banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan. Secara umum untuk diketahui agar kita berhari-hati, umumnya makanan olahan yang paling sering dicampur borak seperti, mie, bakso, dan kerupuk. Penyalahgunaan boraks yang juga telah umum untuk makanan juga sering ditemui pada lontong, ketupat, dan kecap.

Ciri Makanan Mengandung Boraks

Ada berbagai alasan yang mendorong produsen pangan untuk menambahkan boraks dalam makanan. Di antaranya, boraks mudah diperoleh di pasaran, harganya relatif murah, membuat makanan tampak lebih menarik, tidak langsung menimbulkan efek negatif, dan informasi bahwa boraks merupakan bahan berbahaya masih relatif terbatas, sementara bahan ini telah digunakan sejak lama.

Makanan yang mengandung boraks dapat dikenali dari ciri-ciri berikut ini:
  • Bentuk dan tekstur lebih kenyal dan padat.
  • Memiliki bau menyengat atau mencurigakan.
  • Makanan tidak rusak sampai tiga hari, pada suhu kamar sekitar 25 derajat Celcius
  • Makanan dapat bertahan lebih dari 15 hari, pada suhu lemari es sekitar 10 derajat Celcius
Cara Mudah Test Kandungan Borak Pada Makanan Dengan Menggunakan Kunyit

Anda semua tentu kenal yang namanya kunyit salah satu bumbu dapur yang sangat populer di kalangan ibu ibu rumah tangga.

Manfaat kunyit sebagai obat herbal juga sudah banyak diketahui. Ternyata ada satu manfaat lagi dari kunyit yang belum banyak diketahui orang yaitu sebagai detektor borak atau bleng. Berikut beritanya:

Dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila telah menemukan cara mendeteksi BORAX dengan cara yang sangat mudah dan praktis, yakni dengan TUSUK GIGI.

Tusukkan tusuk gigi ke KUNYIT terlebih dahulu, kemudia tusukkan pada makanan yang akan diuji selama 5 detik, maka akan terlihat apakah makanan tersrbut mengandung BORAX atau tidak. Karena KUNYIT akan bereaksi terhadap bahan kimia.

Bila ada kandungan boraxnya, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna MERAH. Mereka menamakan temuannya dg SIBODEX (stick of borak detector).

Temuan mereka ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia.Ternyata manfaat kunyit untuk deteksi borak yang menemukan malah anak anak SMA.

Efek Negatif dan Bahaya Borak Bagi Kesehatan
Berikut beberapa efek berbahaya yang mungkin terjadi pada Anda jika mengonsumsi makanan mengandung boraks:
  • Demam
  • Muntah
  • Mual
  • Mata merah
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Sesak napas
  • Perdarahan dari hidung
Jika boraks masuk ke dalam tubuh Anda dalam jumlah besar, maka dalam periode yang singkat dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan serius, berupa gangguan lambung, usus, hati, bahkan gagal ginjal akut yang dapat menyebabkan kematian.

Diolah dari berbagai sumber


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:05
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.