Waspada Demam Berdarah Dengan Obat Alami Tanaman Herbal


Macam-macam Jenis Tanaman Yang Berkhasiat Untuk Mengatasi dan Meringankan Demam Berdarah Yang Sering Muncul Saat Musim Hujan
Apa itu demam berdarah dengue (DBD)? Demam berdarah dengue (DBD) adalah demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Menurut breakdengue.org, ada empat serotipe virus dengue (DENV) yaitu DENV-1, -2, -3, dan -4. Infeksi dari virus tersebut menyebabkan berbagai gejala seperti demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan ruam. Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian. 
Peralihan musim biasanya memicu berbagi macam penyakit. Kebetulan saat ini terutama di Jawa Timur sedang mewabah Demam Berdarah. Apa itu Demam Berdarah? berikut ulasan lengkapnya dan cara pertolongan pertama menggunakan obat obat dari tanaman.

Ada Beberapa Jenis Tanaman Yang Bermanfaat Untuk Mengatasi DB antara lain:
  • Meniran. Meniran atau Phyllanthus urinaria adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat, basah dan tinggi kurang dari 50 cm. Daun dari tanaman meniran bertulang menyirip genap, setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran yang kecil dan berbentuk lonjong.
  • Kunyit. Kunyit adalah tanaman berbunga dari keluarga jahe, Zingiberaceae, akar yang digunakan dalam memasak. Tanaman ini rhizomatous, herba, dan abadi, dan asli ke benua India dan Asia Tenggara, dan membutuhkan suhu antara 20 dan 30 ° C dan sejumlah besar curah hujan tahunan untuk berkembang.
  • Pepaya. Pepaya, atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica.
  • Jambu Biji. Jambu batu atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis
  • Temu Ireng. Temu hitam adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat/jamu. Temu hitam dikenal pula sebagai temu erang, temu ireng, atau temu lotong.
Demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sudah seharusnya Anda hindari. Demam berdarah ini merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke dalam peredaran darah manusia lewat gigitan nyamuk yang dikenal dengan nama Aedes Aegepty.

Penyakit mematikan ini biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis, yang kerap menyerang di kala musim penghujan datang. WHO telah memperkirakan bahwa dalam setiap tahunnya ada sedikitnya 50-100 juta kasus infeksi demam berdarah di berbagai belahan dunia.
Selain menggunakan obat/resep dokter, demam berdarah juga bisa diatasi dengan penggunaan beberapa tanaman obat. Ada beberapa tanaman obat-meskipun masih diperlukan penelitian lanjutan untuk menghasilkan obat yang teruji-yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi demam berdarah seperti Temu ireng, Meniran, Jambu biji, Kunyit, dan juga Pepaya gandul.
Tanaman-tanaman obat tersebut bisa diramu sesuai dengan keahlian dan kecakapan baik dalam bentuk serbuk maupun sirup. Dan berikut merupakan beberapa jenis tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengatasi demam berdarah (dan juga khasiat kesehatan lainnya).

Tanaman Obat Herbal Meniran

Meniran atau Phyllanthus Urinaria memiliki kandungan yang dapat meningkatkan trombosit darah sehingga sangat baik digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi demam berdarah dengue (DBD). Di dalam Meniran terkandung zat yang disebut flavonoid yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Selain itu, Meniran juga mengandung beberapa senyawa berkhasiat lainnya seperti alkaloid, asam fenolat, tanin, dan triterpenoid. Selain dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah, rebusan daun Meniran juga sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit lainnya seperti penyakit hati, penyakit kelamin, obat batuk, anti-diare, sariawan, panas dalam, dan lainnya.
 

Herbal Kunyit 

Sama halnya dengan Meniran, kunyit atau nama latinnya Curcuma domestica ini juga bermanfaat untuk mengobati demam berdarah. Di samping itu, kunyit juga memiliki khasiat lainnya seperti anti-mikroba, anti-virus HIV, antioksidan, anti-tumor, anti-invasi sel kanker, menghambat perkembangan tumor payudara, dan juga mengobati penyakit pencernaan.


Pepaya

Beberapa kandungan yang dimiliki oleh pepaya antara lain kontinin, miosmin, glikosida, karposid, karpain, papain. Pepaya yang lebih efektif digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah ialah daun Pepaya jantan (Pepaya Gandul).
Adapun manfaat lainnya dari daun Pepaya (selain untuk pengobatan demam berdarah) yakni untuk obat pencahar, demam malaria, penyakit cacing, merangsang sistem ekskresi empedu serta membantu proses pencernaan.
Menurut hasil penelitian, kandungan Papain dalam daun Pepaya memiliki efek terapi pada penderita pembengkakan organ hati, kelamin, mata dan usus halus. Adanya pembengkakan organ hati ditemukan pada penderita demam berdarah. Daun Pepaya juga memiliki manfaat sebagai antioksidan, anti-koagulan, dan dapat menyembuhkan luka pada lambung dan usus.
 

Tanaman Herbal Temu Ireng 

 Temu ireng juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit akibat kerusakan sel-sel hati yang biasanya terjadi pada penderita demam berdarah. Selain itu, Temu ireng memiliki manfaat lainnya seperti untuk mengobati luka lambung dan usus, penyakit asma, batuk, menambah nafsu makan, mencegah terjadinya obesitas, rematik, dan lainnya.
 

Buah Jambu Biji

Sama halnya dengan Meniran, Jambu biji juga mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Dalam daun Jambu biji terbukti mengandung tanin, minyak atsiri, dan minyak lemak. Dalam buahnya mengandung vitamin C yang tinggi.
Dalam sejumlah penelitian, terungkap bahwa daun Jambu biji sudah terbukti dapat menghambat aktifitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue, kandungan tanin yang mampu menghambat enzim reverse transcriptase maupun DNA polymerase dari virus serta menghambat terjadinya pertumbuhan virus yang berinti DNA maupun RNA.



Menurut uji klinis, pemberian ekstrak kering daun Jambu biji selama 5 hari bisa mempercepat pencapaian jumlah trombosit >100.000/µl, pemberian ekstrak kering setiap 4-6 jam meningkatkan jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam, tanpa menimbulkan efek samping yang berarti.
Anda tak percaya? Cobalah ketika Anda atau orang-orang terdekat di sekeliling yang terkena demam berdarah dengue menggunakan tanaman berkhasiat yang telah disebutkan di atas.


Note : Bila penyakit bertambah parah segeralah ke dokter


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:21
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.