Ubi Jalar Ungu Si Penurun Kolesterol Yang Alami dan Murah


Mengenal Manfaat Tersembunyi Dalam Ubi Jalar Ungu Sebagai Obat Alternatif Menurunkan dan Menekan Kolesterol Jahat
Antioksidan pada ubi jalar ungu terbukti mampu menghambat penyerapan kolesterol di dalam saluran pencernaan dan menghambat sintesis kolesterol dalam hati. Penelitian Dr I Made Jawi MKes dan rekan dari bagian farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali, pada 2006 memperlihatkan perlakuan uji dengan ekstrak air ubi jalar ungu pada 10 kelinci percobaan selama 90 hari memperlihatkan hasil signifikan. Artinya kelompok kelinci yang diberi ekstrak air ubi jalar ungu mengalami penurunan kadar kolesterol total, penurunan trigliserida, penurunan LDL (kolesterol jahat), dan kenaikan HDL (kolesterol baik). Riset Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta MSc dan rekan dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana pada 2004 memperlihatkan kadar antosianin per 100 gram umbi segar adalah 100–210 mg. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan bawang merah (39 mg/100 gram) dan kacang hitam (29 mg/100 gram).
Pola makan yang kurang baik mengakibatkan banyak dokter kebanjiran pasien yang terkena penyakit cardiovaskuler seperti jantung koroner. Penyakit lainnya adalah tingginya kolesterol dalam tubuh yang juga bisa menyebabkan penyakit Jantung. Banyak obat alternatif yang bisa digunakan untuk menurunkan trigliserida kolesterol, antara lain adalah ubi jalar ungu. Ubi jalar ungu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki daging umbi berwarna ungu. Warna ungu itu disebabkan oleh kandungan antosianin pada daging umbi. Semakin pekat warna ungu , semakin tinggi pula kadar antosianin pada ubi jalar tersebut.
Ubi jalar atau dalam bahasa Inggrisnya sweet potato adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting.
Ubi secara umum adalah makanan masyarakat pedesaan. Jenis makanan ini seringkali diremehkan sebagai makanan orang dusun dan dipandang sebelah mata. Tetapi dengan kemajuan teknologi dan adanya penelitian tentang ubi ini, maka nilai jual dari ubi ini lambat laun ikut naik dan bisa menjadi makanan yang dicari segala lapisan masyarakat, apalagi dengan terbuktinya khasiat ubi ungu ini untuk menurunkan kadar kolesterol.

Riset Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta MSc dan rekan dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana pada 2004 memperlihatkan kadar antosianin per 100 gram umbi segar adalah 100–210 mg. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan bawang merah (39 mg/100 gram) dan kacang hitam (29 mg/100 gram).

Sejatinya antosianin memiliki peran penting. Antosianin adalah senyawa fenolik yang masuk kelompok flavonoid dan berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan ia dapat mencegah terjadinya penuaan, kanker dan penyakit degeneratif lain seperti arteriosklerosis. Antosianin juga memiliki kemampuan antimutagenik dan antikarsiogenik terhadap mutagen dan karsinogen yang terdapat pada bahan pangan dan produk olahannya. Fungsi penting lain antosianin adalah mencegah gangguan fungsi hati, antihipertensi dan antihiperglikemik atau menurunkan kadar gula.

Manfaat Jus Ubi Jalar Ungu. Antioksidan pada ubi jalar ungu terbukti mampu menghambat penyerapan kolesterol di dalam saluran pencernaan dan menghambat sintesis kolesterol dalam hati. Penelitian Dr I Made Jawi MKes dan rekan dari bagian farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali, pada 2006 memperlihatkan perlakuan uji dengan ekstrak air ubi jalar ungu pada 10 kelinci percobaan selama 90 hari memperlihatkan hasil signifikan. Artinya kelompok kelinci yang diberi ekstrak air ubi jalar ungu mengalami penurunan kadar kolesterol total, penurunan trigliserida, penurunan LDL (kolesterol jahat), dan kenaikan HDL (kolesterol baik).

Pada penelitian lanjutan yang dilakukan oleh I Made Jawi dan rekan pada 2011 terlihat hewan percobaan yang rutin mendapat asupan ekstrak air ubi jalar ungu memiliki kadar antioksidan tinggi di tubuh dengan kadar MDA (malondialdehyde) lebih rendah dibandingkan kontrol yang tidak diberi ekstrak air ubi jalar ungu. MDA menunjukkan nilai kadar gula darah postprandial yang sangat terkait dengan stres oksidatif yang dapat memicu risiko gangguan kardiovaskuler di tubuh.

Manfaat Kesehatan Lain Yang Terkandung Dalam Ubi Jalar

Menurut laporan penelitian yang dilakukan tahun 1992, ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, protein, vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium, dan memperoleh peringkat gizi tertinggi dalam hal sayuran.

Berikut beberapa manfaat ubi jalar ungu bagi kesehatan :

Menurunkan Resiko Kanker

Ubi ungu mengandung antosianin yang sangat tinggi. Kadar antosianin ini sangat baik untuk membantu mengatasi menurunkan resiko kanker. Warna ungu yang didapatkan berupa pigmen warna seperti dalam buah blueberry sangat penting untuk mencegah kanker. Aktivitas antosianin tidak hanya untuk melawan radikal bebas tapi juga menurunkan potensi serangan bakteri dan kuman.

Mencegah Penyakit Jantung

Jika Anda rajin makan ubi ungu maka bisa mendapatkan manfaat berupa pencegahan terhadap penyakit jantung. Kandungan senyawa yang disebut antosianin sangat tinggi dalam ubi ungu. Dalam sebuah penelitian terbukti jika antosianin yang ditemukan ini sangat penting untuk menjaga aliran darah, mencegah pembekuan darah dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal inilah yang bisa membuat konsumsi ubi ungu memang penuh dengan khasiat.

Baik untuk penderita diabetes

Selain itu ubi jalar ungu juga terbukti sangat baik bagi penderita diabetes, karena jika anda mengkonsumsinya maka tidak akan membuat kadar gula darah manjadi naik. Oleh karena itu, makanan ini baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Anti bakteri

Ubi jalar ungu juga sangat berkhasit sebagai anti bakteri yang melindungi tubuh dari kuman dan penyakit. Dengan anda mengkonsumsinya maka, kandungan anti bakteri didalamnya akan bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit kuman ataupun penyakit.

Melancarkan peredaran darah

Yang berperan dalam melancarkan peredaran darah di tubuh adalah pigmen warna ungu yang terkandung di dalam ubi ungu tersebut. Pigmen warna ungu yang memberi warna pada daging ubi ungu dinamakan dengan antosianin. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara. Jadi pembekuan darah pun tidak akan terjadi dan peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

Mengatasi Asma

Penyakit asma memang tak bisa disembuhkan total, akan tetapi kita dapat mencegah asam yang sering kambuh dengan rutin mengkonsumsi ubi ungu. Asma terjadi karena organ paru yang susah mengembang. Dengan makan ubi ungu secara teratur, maka asma tidak akan sering kambuh lagi.

Membuat pencernaan jadi lancar

Apakah kandungan dalam ubi ungu yang dapat melancarkan pencernaan? Jawabannya adalah adanya kandungan serat dan pectin. Keduanya berperan dalam menjaga pencernaan dan proses dalam saluran cerna tetap baik. Sehingga kita akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, bahkan sampai kanker.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:40
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.