Mengenal Tanaman Kate Mas dan Manfaatnya Untuk Pengobatan


Manfaat Tanaman Obat Kate Mas dan Ciri-ciri Fisiknya
Termasuk Famili Euphorbiaceae, merupakan semak dengan tinggi 0,5-1meter. Batang masif, bulat beruas, permukaan halus, warna hijau. Daun tungga, tumbuh terselebar, berbentuk lonjong, uung runcing, pangkal melengkung, tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 5-7cm, lebar 2-3 cm, warna hijau. Bunga majemuk, berbentuk payung, tumbuh di ujung batang, tangka silindris, panjang 1-2cm. Kelopak berbentuk piala dan berwarna hijau pucat. benang sari dan putik berwarna kuning. Mahkota berbentuk kuku berwarna kuning. Buah kendaga, berbentuk bulat, panjang 3-5mm, warna hijau. Biji berbentuk bulat, kecil, warna hitam. Akar tunggang warna putih kotor. 
Tanaman Kate Mas. Termasuk famili Euphorbiaceae. Merupakan semak dengan tinggi 0,5—1 meter. Batang masif, bulat, beruas, permukaan halus, warna hijau.

Nama Ilmiah Euphorbia heterophylla L.
Nama Daerah Kate mas

Ciri-ciri Umum :
Daun tunggal, tumbuh tersebar, berbentuk lonjong ujung runcing,pangkal melengkung, tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 5-7 cm, lebar 2—3 cm, warna hijau. Bunga majemuk, berbentuk payung; tumbuh di ujung batang, tangkai silindris, panjang 1—2 cm. Kelopak berbentuk piala dan berwarna hijau pucai. Benang sari dan putik berwarna kuning. Mahkota berbentuk kuku berwarna kuning. Buah kendaga, berbentuk bulat, panjang 3-5 mm, warna hijau. Biji berbentuk bulat, kecil, warna hitam. Akar tunggang, warna putih kotor.

Kandungan Kimia :
Daun dan akar mengandung saponin dan polifenol. Batang mengandung saponin.

Khasiat dan Manfaat :
Mengurangi tekanan darah tinggi, obat sakit perut, dan obat kepala pusing.

Bagian yang Digunakan : Akar

Cara Menggunakan Daun Kate Mas Untuk Memperlancar Buang Air Besar, Mengatasi Sembelit, Obat Cuci Perut Alami
  • Siapkan atau ambil 7 lembar daun kate mas
  • Letakan daun tersebut di atas nasi yang hampir matang
  • Tunggu sampai nasi masak,kemudian jadikan lalap

Ketika sudah sering BAB, perbanyak minum air putih
Umumnya setelah minum kopi maka BAB akan berhenti.

Penelitian Tentang Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Katemas (Euphorbia heterophylla L.)

Tanaman katemas (Euphorbia heterophylla L.) merupakan tanaman gulma yang tumbuh pada daerah lembab. Secara tradisional katemas (Euphorbia heterophylla L) digunakan untuk mengobati sembelit, bronchitis, antiinflamasi dan asma. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil fitokimia dan senyawa bioaktif yang terkandung di dalam ekstrak daun katemas, karakterisasi masing-masing ekstrak dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT), Spektroskopi UV-Vis dan FTIR, juga untuk mengetahui aktivitas antioksidan masing-masing ekstrak daun tersebut menggunakan metoda DPPH.

Ekstraksi dilakukan dengan empat pelarut yang berbeda kepolarannya, yaitu dengan pelarut n-heksan, etil asetat, metanol dan etanol total. Hasil pengujian fitokimia terhadap keempat ekstrak, menunjukan hasil positif untuk golongan senyawa alkaloid, fenolik, steroid dan tanin. Dari hasil uji KLT menggunakan campuran pelarut n-heksan dan etil asetat (7 : 3), didapatkan noda yang terpisah pada masing-masing ekstrak. Noda yang muncul menandakan adanya beberapa senyawa pada keempat ekstrak.

Pada uji spektroskopi UV-Vis menunjukan adanya senyawa alkaloid indol yang ditandai dengan nilai panjang gelombang maksimum yang saling berdekatan yaitu 286 nm dan 292 nm pada masing-masing ekstrak. Hal ini juga diperkuat dari data spektrum inframerah (IR) dengan munculnya serapan pada daerah sidik jari yang menandakan adanya gugus C-N dan NH. Gugus fungsi lainnya juga ditemukan pada keempat ekstrak seperti gugus O-H (alkohol), C-C (alkana), C=C (alkena), C≡C (alkuna), dan cincin aromatik.

Hasil uji aktivitas antioksidan terhadap penangkapan radikal bebas DPPH didapatkan hasil bahwa Hasil uji aktivitas antioksidan terhadap penangkapan radikal bebas DPPH menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat Euphorbia heterophylla L. paling aktif dalam menginhibisi pembentukan radikal bebas DPPH yaitu dengan nilai IC50 sebesar 129,79 ppm, kemudian diikuti oleh ekstrak metanol (IC50=150,06 ppm), ekstrak total etanol (IC50 = 790,44 ppm) dan ekstrak n-heksan. (IC50 >1000 ppm).

Sumber:
  • www.agrobisnisinfo.com
  • Profil Fitokimia Dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Katemas (Euphorbia heterophylla L.). Available from: https://www.researchgate.net/publication.
  • http://aisklopedia.blogspot.com


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:39
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.