Manfaat Tanaman Jaka Tuwa dan Kandungan Zat Aktifnya

Mengenal Tanaman Obat Jaka Tuwa Yang Berguna Untuk Mengobati Disentri dan Bisa Menurunkan Tekanan Darah, Cocok Untuk Obat Alami Hipertensi
Scoparia dulcis merupakan herba tegak dengan tinggi 20 – 80 cm, hidup liar , yang bermanfaat obat . Scoparia dulcis berasal dari Amerika tropis yang sekarang banyak ditemukan hampir di seluruh wilayah tropis maupun subtropics. Scoparia dulcis dapat beradaptasi pada berbagai kondisi lingkungan, misalnya ; pada daerah yang selalu basah; daerah yang kering; bahkan pada daerah dengan musim kemarau yang berkepanjangan ; dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 0 – 1600 m dpl. Scoparia dulcis diperkenalkan di Jawa sebelum tahun 1860, yang kemudian menyebar secara alami ke seluruh wilayah Indonesia.
Tanaman Jaka Tuwa. Termasuk famili Scorphulariaceae. Merupakan tanaman terna dengan tinggi 0,5-1 meter. Batang berbentuk bulat, tegak, sedikit berkayu,licin,warna hijau.

Nama Iimiah : Seapario du/cis L.
Nama Daerah : Jaka tuwa, grinje menir, grinjejepun.

Ciri-ciri Umum : 
Daun tunggal, tumbuh tersebar, panjang 0,5 1 meter, bentuk oval, pangkal runcing, ujung runcing, tepi bergerigi, panjang 1-2 cm, tulang menyirip, permukaan kasar, warna hijau. Bunga tunggal, munculdi ketiak daun saling berhadapan, panjang 2—5 cm. Buah berbentuk kotak, kecil, keras, warna hijau. Bijiberbentuk bulat, kecil, jumlah banyak, warna hijau. Akar serabut, warna putih kecokelatan.

Kandungan Kimia :
Seluruh bagian tanaman mengandung saponin, dan flavonoid. Akarnya juga mengandungalkaloid. Scoparia dulcis mengandung senyawa aktif Scopadulin, Scopadulcol, asam scopadulcic, asam scoparic, scoparinol. Dengan adanya kandungan senyawa-senyawa tersebut maka menjadikan tanaman ini bersifat antimikroba, antioksidan, analgesic, diuretic, antiinflamasi, dan antihiperglikemik.

Manfaat Scoparia dulcis : Pemanfaatan Scoparia dulcis sebagai obat berbeda-beda untuk setiap daerah, misalnya di Nigeria untuk pengobatan penyakit Sickle cell anemia, di India untuk mengobati penyakit diabetes, di Taiwan untuk mengobati hipertensi, di Brasil untuk mengobati penyakit ambeien , di Nikaragua untuk mengobati sakit kepala, luka bakar, dan lain-lain. Untuk Obat disentri, batuk, dan peluruh air seni sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Bagian yang Digunakan : Seluruh bagian tanaman

Cara Pengobatan dengan tanaman Jaka tuwa

Obat disentri: 
Seluruh bagian tanaman jaka tuwa segar sebanyak 60 gram, dicuci bcrsih, direbus dcngan 200 ml air sampai mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya, dinginkan dan disaring kcmudian diminum sekaligus, lakukan pcngobatan dua kali sehari pagi dan sore.
Ramuan Tahan Lama Tradisional Jawa
Ramuan tahan lama tradisional yang pertama adalah tanaman Jaka tua dan tanaman Angkrik. Caranya adalah rebuslah air dua gelas saja dan setelah mendidih masukkan kedua tanaman tadi ke dalam air yang sudah mendidih. Terus masak hingga ai rebusan tanaman Jaka tua dan Angkrik tadi tersisa satu gelas saja. Cara konsumsinya mudah, tinggal minum satu minggu 2 kali secara kontinyu.
Peluruh air scni:
Akar jaka tuwa segar sebanyak 10 gram, dicuci bersih, direbus dcngan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan disaring, hasil saringan diminum sekaligus.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:46
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.