Manfaat Buah Jambu Darsono Bagi Kesehatan


Dengan Kandungan Nutrisinya Seperti Vitamin A, Vitamin C dan Antioksidan, Jambu Darsono Layak Untuk Dikonsumsi Setiap Hari
Jambu bol (atau jambu kepal, jambu dersono, jambu jamaika, jambu merah) adalah pohon buah kerabat jambu-jambuan. Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Selain untuk mempercantik kulit, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak pembungkus sperma. Disamping sebagai antioksidan, vitamin C juga memiliki fungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler serta kesehatan gigi dan gusi. Vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini desebabkan vitamin A dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini disebabkan vitamin A dapat meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai antibody dan antivirus. Kulit batangnya digunakan sebagai obat seriawan. Sedangkan kayunya yang keras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah.
Jambu Dersono (Darsono). Salah satu jenis Jambu yang enak dan ternyata mahal adalah jambu Dersono (Syzygium malaccense). Harga jambu ini berkisar Rp.30.000,- perkilonya. Kenapa bisa semahal itu? Ternyata jambu ini hanya berbuah setahun sekali sehingga harganya mahal. Selain itu, jambu ini juga punya berbagai macam khasiat. Jambu ini paling banyak dicari oleh wanita yang sedang hamil. Konon katanya jambu ini dipercaya dapat memperlancar persalinan.


Jambu dersono kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. dalam 100 gram terdapat vitamin C hamper setara dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan vitamin A-nya juga cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jeruk mandarin tetapi jauh lebih tinggi daripada apel.

Selain untuk mempercantik kulit, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak pembungkus sperma.

Asal usul pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi jambu bol ditanam luas sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Jawa. Karena manfaatnya, jambu bol kini ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karibia seperti Jamaika serta Trinidad dan Tobago.

Manfaat Jambu Dersono (Syzygium malaccense):
  • Buahnya dimakan segar sebagai buah meja, rasanya manis tetapi kadang-kadang sedikit kesat. 
  • Kulit kayu, daun dan akarnya dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. 
  • Kayunya dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan.
  • Manfaat Kesehatan
Jambu Dersono atau disebut juga dengan Jambu Bol dan juga jambu Jamaika adalah pohon buah kerabat jambu jambuan yang memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Tidak begitu jelas mengapa namanya demikian karena bol (bahasa Melayu) atau bool (bahasa Sunda) berarti “pantat”.


Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Malay apple, sementara nama ilmiahnya adalah Syzygium malaccense (yang berarti: berasal dari Malaka) menunjuk pada salah satu wilayah asal-usulnya.
Beberapa Manfaat Kesehatan Yang Bisa Didapatkan Saat Mengonsumsi Jambu Dersono:

Menjaga kesehatan sel
Perkembangan radikal bebas dapat merusak sel-sel normal dan sehat di dalam tubuh sehingga sel-sel tersebut menjadi abnormal. Untuk mencegah hal ini tubuh memerlukan antioksidan yang salah satunya bisa didapatkan dari jambu dersono.
Membantu penyerapan zat besi secara maksimal
Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk mencerna makanan serta berperan pada berbagai reaksi penting di dalam tubuh. Untuk itu diperlukan asupan zat besi yang cukup dan terserap secara maksimal oleh tubuh yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi jambu dersono yang dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.
Meningkatkan mutu sperma
Salah satu penyebab sulitnya terjadi pembuahan dan kehamilan pada sebagian pasangan adalah karena kualitas sperma yang kurang baik. Seperti pembungkus sperma yang mengalami kerusakan karena aktivitas radikal bebas. Untuk itu dianjurkan bagi kaum laki-laki untuk mengonsumsi jambu dersono yang mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel sperma dari serangan radikal bebas sehingga sel sperma terjaga kualitasnya.
Mengatasi demam
Meskipun demam merupakan gejala penyakit yang umum diderita namun tidak boleh dianggap remeh. Harus dilakukan tindakan-tindakan untuk menurunkan suhu tubuh diantaranya dengan meminum air seduhan dari buah, daun, atau biji jambu dersono.
Baik untuk kesehatan gigi dan gusi
Kekurangan vitamin C dan A dapat berakibat pada masalah gigi dan gusi seperti pembengkakan gusi atau gusi berdarah. Untuk mencegah hal ini tubuh harus mendapat asupan vitamin C dan A yang cukup yang salah satunya bisa didapatkan dari konsumsi jambu dersono.
Baik untuk kesehatan mata
Kekayaan vitamin A pada jambu dersono juga sangat baik bagi kesehatan mata serta menghindarkan mata dari berbagai penyakit.
Meningkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh yang baik penting artinya untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit karena di sekitar kita ada begitu banyak virus dan bakteri yang siap menyerang kapan saja. Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi jambu dersono yang kaya akan vitamin a yang berperan meningkatkan fungsi sel darah putih. Seperti yang diketahui sel darah putih berperan sebagai antivirus dan antibodi yang melindungi tubuh dari berbagai virus dan bakteri.
Mengobati sariawan
Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mulut terserang sariawan, sejenis radang di dalam mulut berupa bercak putih kekuningan yang terasa pedih, apalagi jika mengonsumsi makanan yang pedas. Untuk itu mengatasi hal ini kita dapat memanfaatkan kulit batang jambu dersono. Caranya dengan merebus atau menyeduh kulit batangnya dengan air panas. Setelah hangat air ini dapat langsung diminum. Lakukan secara rutin dan sariawan pun akan berkurang.
Buah jambu bol biasa disajikan sebagai buah meja. Jambu bol, bersama dengan jambu air dan jambu semarang atau jambu cincalo memiliki pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan dapat saling menggantikan. Buah-buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu bahan rujak. Aneka Jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan. Karena rasa dan aromanya, jambu bol pada umumnya lebih disukai orang dan karena itu harganya juga umumnya lebih tinggi daripada jambu air. Manfaat Jambu Dersono untuk kulit Jambu dersono kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. dalam 100 gram terdapat vitamin C hamper setara dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan vitamin A-nya juga cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jeruk mandarin tetapi jauh lebih tinggi daripada apel.

Asal usul dan penyebaran Jambu Dersono
Asal usul pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi jambu bol ditanam luas sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Jawa. Karena manfaatnya, jambu bol kini ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karibia seperti Jamaika serta Trinidad dan Tobago.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:28
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.