Macam dan Jenis Burung Pemakan Buah-buahan dan Penghisap Nektar Bunga

Berbagai Jenis Burung Yang Menyukai Buah-buahan Sebagai Makanan Utamanya dan Beberapa Macam Burung Penghisap Nektar Bunga
Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang.
Ciri-ciri Paruh Burung Sesuai Dengan Makanannya:
Bentuk paruh yang dimiliki burung di sesuaikan dengan makanan mereka.
  • Burung pemakan daging seperti elang memakan tikus, tupai, ayam, dan lain sebagainya.Ciri-ciri paruh burung pemakan daging yaitu paruhnya pendek, tajam, kuat, besar,setengah melingkar, tidak bergigi, dan runcing (paruh elang yang sedemikian rupa bisamencabik-cabik mangsanya).
  • Burung pipit adalah burung pemakan biji-bijian. Ciri-ciri paruh burung pemakan biji-bijian adalah paruhnya pendek, tebal, runcing, dan tajam. Paruhnya berfungsi untuk memecah biji-bijian seperti padi.
  • Burung pelikan adalah salah satu jenis burung pemakan ikan. Ciri-ciri paruh burungpelikan yaitu bentuk paruhnya panjang dan berkantong besar pada bagian bawah untuk menyimpan ikan. Selain untuk menyimpan ikan, kantong yang dimiliki burung pelicanini juga digunakan untuk menggendong anaknya.
  • Burung pelatuk memiliki paruh kuat seperti pahat, mampu memotong kayu danmelubangi pohon untuk menangkap seranggae.
  • Paruh burung Kolibri, Paruhnya berbentuk kecil, runcing, panjang yang disesuaikanuntuk menghisap madu.
  • Paruh itik seperti sudu dan pangkal bergerigi berguna untuk menyaring makanan dari airdan lumpur
Jenis Burung Pemakan Buah, Walik Jambu 

Walik jambu adalah walik berukuran kecil yang penuh warna. Tempat bertelur walik jambu adalah selatan Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia yang tepatnya berada di Kalimantan, Jawa, dan Sumatra.Tepatnya, di Jawa Barat.
Walik Jambu memiliki nama latin Ptilinopus Jambu yang termasuk dalam jenis merpati yang memiliki warna yang indah. Daerah penyebaran Walik Jambu meliputi negara di daerah Asia Tenggara seperti wilayah selatan, Indonesia terutama di pulau Kalimantan, Jawa, dan Sumatra.
Walik Jambu berukuran sedang sekitar 28 cm. Berwarna hijau, merah tua, dan putih. Burung ini memakan buah-buahan kecil langsung dari pohon dan terkadang buah-buahan yang jatuh langsung dari pohon.

Burung Cucak Kutilang
Cucak Kutilang atau Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas.
Berukuran sedang (20 cm.), bertopi hitam dengan tunggir keputih-putihan dan tungging jingga-kuning. Dagu dan kepala atas hitam. Kerah, tunggir, dada dan perut putih. Sayap hitam, Ekor coklat. Tersebar di China Selatan, Asia Tenggara (kecuali Malaysia), Jawa dan Bali. Juga dapat ditemui di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua sebagai burung feral karena proses introduksi. Mudah dijumpai di hampir semua tipe habitat, termasuk permukiman, tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar dan hutan sekunder sampai ketinggian 1600 mdpl. Hidup berkelompok, baik dengan sejenis, maupun dengan jenis burung lain. Memakan serangga dan buah-buahan lunak.

Merbah Cerukcuk
Merbah cerukcuk adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cica, cucak, cerukcuk atau jogjog, orang Jawa menyebut terucuk atau cerocokan, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris disebut Yellow-vented Bulbul.
Sedang (20 cm), berwarna coklat dan putih dengan tunggir kuning khas. Mahkota coklat gelap, alis putih, kekang hitam. Tubuh bagian atas coklat. Tenggorokan, dada dan perut putih dengan coretan coklat pucat pada sisi lambung. Iris coklat, paruh hitam, kaki abu-abu merah jambu. Menyukai habitat terbuka, tumbuhan sekunder, tepi jalan dan kebun sampai ketinggian 1500 mdpl. Menghabiskan waktu lebih lama untuk makan di atas tanah.

Punai Gading
Punai gading adalah spesies burung yang mempunyai paruh, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur. Jantan: kepala abu-abu kebiruan, sisi leher, tengkuk bawah, dan garis melintang pada dada berwarna merah jambu. Dada bagian bawah jingga, perut hijau dengan bagian bawah kuning, sisi-sisi rusuk dan paha bertepi putih, penutup bagian bawah ekor coklat kemerahan. Punggung hijau, bulu penutup ekor atas perunggu. Betina: hijau, tanpa warna merah jambu, abu-abu, dan jingga seperti pada jantan. Iris merah jambu, paruh abu-abu biru dengan pangkal hijau, kaki merah. Umum hidup di hutan pantai, hutan magrove, hutan sekunder, hutan rawa-rawa, perkebunan yang berpohon jarang, di sekitar pemukiman, tempat-tempat terbuka dan lembah sampai ketinggian 1200 mdpl.

Burung Cabai Jawa 
Cabai jawa adalah spesies burung dari keluarga Dicaeidae, dari genus Dicaeum. Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah benalu, biji, serangga keci dan memiliki habitat di pekarangan, perkotaan, habitat terbuka, pantai, hutan mangrove.

Kepala, punggung, tunggir, dan dada burung jantan berwarna merah-padam atau agak kejinggaan, sayap dan ujung ekor hitam, perut putih keabu-abuan, dan terdapat bercak putih pada lengkung sayap. Tunggir burung betina berwarna merah, tubuh bagian atas lainnya oklat, tersapu warna merah pada bagian kepala dan mantel, tubuh bagian bawah putih buram. Endemik atau hanya diketahui hidup di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok. Cabai Jawa betina, Kebun Binatang Ragunan. Sering dijumpai di rumpun benalu saat memakan buahnya yang lengket.

Burung Cerukcuk (Pycnonotus goiavier)
Burung pemakan buah-buahan dan serangga yang sering juga disebut dengan Terucukan, Trocok, Crocokan atau Kutilang Dada Kuning / Yellow Vented Bulbul ini juga sangat mudah ditemukan di wilayah Bintaro. Burung ini menghuni pepohonan yang tidak terlalu tinggi. Sangat mudah dipergoki sedang bertengger menikmati buah kersen yang matang.

Burung Cucak
Sebab Burung Cucak memiliki beberapa perbedaan dari pola makan dan jenis makanan. Namun kebanyakan dari Burung Cucak merupakan pemakan bijian dan serangga. Tapi tidak jarang dari Burung Cucak merupakan pemakan daun , buah-buahan atau sari dalam bunga.
Cucak rawa adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal umum sebagai cucakrawa, cangkurawah, dan barau-barau. Dalam bahasa Inggris disebut Straw-headed Bulbul, mengacu pada warna kepalanya yang kuning-jerami pucat. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus zeylanicus.
Punai Lengguak (Treron curvirostra)
Punai lengguak adalah spesies burung pada famili Columbidae. Mereka dapat ditemukan di Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Punai Lengguak (Treron curvirostra) adalah spesies burung pada famili Columbidae. Burung ini penetap dan tidak dilindungi oleh Indonesia. Panjangnya, 27 cm. Burung yang jantan mempunyai paruh yang berwarna kuning. Bagian bawahnya berwarna merah dan punggung dan penutup atas sayap merah-coklat (betina:hijau gelap). Saat makan dalam kawanan besar, sering terlihat terbang berpindah-pindah pada tajuk pohon yang rendah, di hutan dataran rendah sampai ketinggian 200 mdpl.

Burung Cucak Kebon
Burung Cucak Kebon berasal dari famili Pycnonotidae seperti salah satunya yaitu burung kutilang mungkin merupakan burung yang paling banyak dipelihara oleh anak-anak di Jawa, terutama yang disukai adalah burung yang masih muda atau masih kecil, sehingga dapat dijinakkan. Burung ini biasanya diberi makan buah-buahan.

Burung Uwur Asia 


Uwur Asia (Eudynamis scolopacea) adalah spesies burung dari keluarga Cuculidae, dari genus Eudynamis. Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah-buahan, dan serangga. Tuwur Asia memiliki tubuh berukuran besar 42 cm. Jantan: Warna hitam. Betina: Warna coklat abu-abu berbintik bintik putih. Iris merah, paruh hijau pucat, kaki biru abu-abu. Pemalu lebih suka bersembunyi dalam vegetasi yang rapat. Telur berbintik kebiruan, jumlah 3 butir. Berbiak bulan Juni-Agustus, November-Maret. Penyebaran meliputi India, Cina, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia.Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua.

Berbagai Jenis Burung-burung Penghisap Nektar Bunga

Ciri khas burung penghisap nektar bunga. Paruh burung pemakan atau penghisap nektar (madu) ini berbentuk panjang dan runcing pada ujung paruhnya. Bentuk paruh seperti itu berfungsi untuk mempermudah burung menghisap nektar. Habitat burung ini umumnya di atas pohon untuk memudahkan burung memperoleh makanannya. Serangga-serangga yang biasa dijadikan santapan ialah semut, laba-laba, ulat, kepik, belalang, dan lain-lain.

Burung Madu Kelapa 


Burung-madu kelapa (Anthreptes malacensis) adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Anthreptes. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Loranthus, Musa, Hibiscus, serangga, ulat, laba-laba, buah lembu dan memiliki habitat di pekarangan terbuka, kebun kelapa, semak pantai, hutan mangrove. tersebar sampai ketinggian 1.200 m dpl. Bersifat teritorial secara agresif, mengusir burung-madu lain dari pohon sumber makanan yang disukainya, seperti Loranthus, Musa, dan Hybiscus.
Memakan nektar bunga yang berbentuk terompet pada benalu, pisang, kenbang sepatu. Juga memakan serangga, ulat, laba-laba, dan buah yang lembut. Sarang menggantung, berbentuk kantung terbuat dari serat rumput yang dijalin dengan sarang laba-laba dan dilapisi dengan kapas rumput. Berbiak sepanjang tahun

Status: Daftar merah IUCN : Kurang mengkhawatirkan (LC), Perlindungan: PP No. 7/1999

Burung Sogok Ontong (Sun Bird)
Burung Madu atau Sunbird atau nama lokalnya Sogok Ontong adalah burung kecil pemakan nektar bunga dan serangga kecil yg berasal dari family Nectariniidae, sebenarnya ada lagi selain Sunbird di family ini, yaitu Pijantung atau Spiderhunter, tetapi seperti judul diatas hehehe, aku akan membahas tentang Sunbird, karena apa? karena burung ini mempunyai warna bulu yang indah, berwarna warni dan mempunyai nyanyian khas burung kecil lainnya yaitu ribut berisik.

Burung Kacamata Biasa (Zosterops palpebrosus)
Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Burung ini merupakan penetap di hutan-hutan terbuka di kawasan Asia tropis, mulai dari India ke timur hingga Cina dan Indonesia. Burung kecil yang lincah, dengan panjang tubuh (dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 10–11 cm. Sisi atas tubuh tertutup bulu-bulu kehijauan atau hijau kekuningan (hijau zaitun).

Burung Madu Sriganti
Burung-madu sriganti (Nectarinia jugularis) adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Nectarinia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Benalu, Mengkudu, Pepaya, Dadap, serangga kecil, laba-laba dan memiliki habitat di pekarangan, semak pantai, hutan mangrove. Burung-madu sriganti memiliki tubuh berukuran kecil (10 cm), mempunyai paruh lancip dan panjang, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur.

Kolibri Sepah Raja 


Ciri khas dari burung kolibri sepah raja (Crimson Sunbird) adalah warna merah dan warna hitam yang di kepalaya menjadi ciri khas dari burung ini. Burung Sepah Raja ini memakan nektar dari berbagai bunga, bahkan air gula.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:02
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.