Lengkuas, Rempah-rempah Yang Berkhasiat Sebagai Antitumor dan Anti Radang


Berbagai Macam Penyakit Yang Bisa Diobati Secara Alami Menggunakan Ramuan Lengkuas
Lengkuas adalah salah satu bahan dasar dalam bumbu masakan. Lengkuas umum digunakan di Indonesia karena masakan Indonesia umumnya berempah lengkap dan berasa gurih. Lengkuas dapat dikelompokkan dalam jenis umbi-umbian. Untuk mendapatkan lengkuas, petani lengkuas biasanya memanen akar dari tanaman lengkuas. Lengkuas Juga mengandung suatu senyawa diarilheptanoid yang dinamakan 1-(4-hidroksifenil)-7- fenilheptan-3,5-diol. Buah lengkuas mengandung asetoksichavikol asetat dan asetoksieugenol asetat yang bersifat anti radang dan antitumor. Juga mengandung kariofilen oksida, kario filenol, kuersetin-3-metil eter, isoramnetin, kaemferida, galangin, galangin-3-metil eter, ramnositrin, dan 7- hidroksi-3,5-dimetoksiflavon. Biji lengkuas mengandung senyawa-senyawa diterpen yang bersifat sitotoksik dan antifungal, yaitu galanal A, galanal B, galanolakton, 12-labdiena-15,16-dial, dan 17- epoksilabd-12-ena-15,16-dial (Morita dan ltokawa, 1988).
Lengkuas, kalau saat makan ada bumbu dapur bernama lengkuas yang tergigit pasti akan segera dikeluarkan dari mulut karena rasanya yang tidak enak. Tetapi untuk bumbu dapur, Lengkuas bahkan sangat diperlukan dan dicari para ibu untuk melengkapi bumbu masakannya agar tambah sedap. Selain untuk masakan, rimpang lengkuas biasanya dimanfaatkan untuk membantu mengatasi rematik, bronkhitis, paru-paru, dan meningkatkan nafsu makan. Lengkuas (Alpinia galanga L.) merupakan anggota familia Zingiberaceae.

Rimpang lengkuas sangat mudah diperoleh di Indonesia, masyarakat juga menggunakan rempah lengkuas sebagai obat gosok untuk penyakit jamur kulit (panu) sebelum obat-obatan modern berkembang seperti sekarang.

Lengkuas sejak dahulu digunakan sebagai obat herbal alami yang dapat mengobati panu / jamur, namun dengan berkembangnya tanaman ini diberbagai daerah, banyak penelitian dan juga pemanfaatan masyarakat yang menggunakan lengkuas sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit lain tidak hanya untuk penyakit panu saja, melainkan juga penyakt dalam.

Tanaman lengkuas ada dua macam, yaitu lengkuas merah dan putih. Lengkuas putih banyak digunakan sebagai rempah atau bumbu dapur, sedangkan yang banyak digunakan sebagai obat adalah lengkuas merah. Pohon lengkuas putih umumnya lebih tinggi dari pada lengkuas merah. Pohon lengkuas putih dapat mencapai tinggi 3 meter, sedangkan pohon lengkuas merah umumnya hanya sampai 1-1,5 meter.

Kandungan kimia yang terdapat pada Herbal Lengkuas
Rimpang lengkuas mengandung lebih kurang 1 % minyak atsiri berwarna kuning kehijauan yang terutama terdiri dari metil-sinamat 48 %, sineol 20 % – 30 %, eugenol, kamfer 1 %, seskuiterpen, δ-pinen, galangin, dan lain-lain. Selain itu rimpang juga mengandung resin yang disebut galangol, kristal berwarna kuning yang disebut kaemferida dan galangin, kadinen, heksabidrokadalen hidrat, kuersetin, amilum, beberapa senyawa flavonoid, dan lain-lain.

Mengeluarkan Racun
Di dalam tubuh terdapat racun yang cukup berisiko memicu gangguan kesehatan serius. Untuk mengeluarkan racun tersebut butuh bantuan dari makanan yang menyehatkan. Disini nutrisi yang tertanam pada lengkuas akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan racun dan kehadiran antioksidan dari lengkuas juga mampu mencegah terjadinya radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Menghilangkan Bekas Luka Bakar, Anti Radang
Buatlah jus dari lengkuas, tetapi jangan terlalu banyak airnya. Karena krim dari hasil blender lengkuas ini bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit yang terbakar. Caranya dengan mengoleskan jus lengkuas, kemudian digosok-gosok menggunakan lengkuas utuh yang sudah dibersihkan pada bekas luka. Pengobatan ini dapat Anda rutinkan hingga bekas luka memudar. Dalam kurun waktu 6 sampai 12 minggu akan terlihat perbedaan di bagian kulit Anda yang terkena luka bakar. Oiya, lengkuas yang akan dijus pastikan masih segar dan warnanya tidak terlalu gelap.

Mengobati Sakit Perut
Salah memilih makanan bisa menyebabkan sakit perut. Sebagai contoh adalah junk food yang biasa dijual di pinggiran jalan, makanan-makanan tersebut lebih baik Anda hindari karena bisa saja si penjual tidak memikirkan kondisi kebersihan makanan dan lingkungannya. Berhubungan dengan sakit perut, lengkuas dapat meringankan rasa sakit pada perut akibat peradangan atau penyakit lain. Ketika konsumsi makanan yang dibumbui dengan lengkuas secara tidak sadar akan membuat Anda jadi lebih tenang.

Mencegah Mabuk
Apabila Anda tidak kuat dengan AC mobil atau mungkin Anda memang tidak bisa dibawa pergi jauh baik itu dengan kendaraan darat, laut maupun udara karena mudah mual, bawalah makanan yang bumbu masaknya terdapat lengkuas sebab lengkuas bisa mengatasi mabuk perjalanan akibat mual.

Meremajakan Kulit
Selain bagus untuk pengobatan, ternyata dalam hal perawatan tubuh lengkuas juga ikut membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Keajaiban ini dapat terjadi karena tak lepas dari kandungan antioksidannya yang terdiri dari 40 antioksidan, dimana masing-masing antioksidan saling melengkapi.

Membuat Kulit Bersinar
Lengkuas bersifat sebagai antiseptik dalam tubuh yang membantu menghaluskan kulit dari dalam. Tumbuhan yang biasa dijadikan bumbu dapur ini juga mampu membuat kulit Anda tampak bersinar.

Obat Jerawat
Jerawat membandel ataupun bekasnya bisa dihilangkan dengan lengkuas, tetapi reaksi positifnya memang agak memakan waktu. Anda bisa membuat jus dari lengkuas seperti tadi, lalu jadikan krim untuk wajah Anda. Jerawat akan hilang secara berangsur karena bakteri penyebabnya akan terangkat oleh krim dari lengkuas.

Catatan:
Penelitian yang lebih intensif menemukan bahwa rimpang lengkuas mengandung zat-zat yang dapat menghambat enzim xanthin oksidase sehingga bersifat sebagai antitumor, yaitu trans-p-kumari diasetat, transkoniferil diasetat, asetoksi chavikol asetat, asetoksi eugenol setat, dan 4-hidroksi benzaidehida (Noro dkk., 1988).

Lengkuas Juga mengandung suatu senyawa diarilheptanoid yang dinamakan 1-(4-hidroksifenil)-7- fenilheptan-3,5-diol. Buah lengkuas mengandung asetoksichavikol asetat dan asetoksieugenol asetat yang bersifat anti radang dan antitumor.

Juga mengandung kariofilen oksida, kario filenol, kuersetin-3-metil eter, isoramnetin, kaemferida, galangin, galangin-3-metil eter, ramnositrin, dan 7- hidroksi-3,5-dimetoksiflavon. Biji lengkuas mengandung senyawa-senyawa diterpen yang bersifat sitotoksik dan antifungal, yaitu galanal A, galanal B, galanolakton, 12-labdiena-15,16-dial, dan 17- epoksilabd-12-ena-15,16-dial (Morita dan ltokawa, 1988).


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:18
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.