Kontes Ternak Puspa Agro Sidoarjo 2018

Sabtu, 27 Oktober 2018 Kontes Ternak dan Panen Pedet Jawa Timur Tahun 2018 telah resmi dibuka oleh Bupati Sidoarjo Bapak H. Saiful Ilah, S.H, M.Hum di Kawasan Pasar Induk Agrobisnis (PIA) PUSPA AGRO, Desa Jemundo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo – Jawa Timur.

Menurut Laporan Panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Drh. Wemmi Niamawati, MMA bahwa acara ini di selenggarakan dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan pelaksanaan program Upsus Siwab di Jawa Timur maupun di Indonesia pada Umumnya dan juga memberikan apresiasi serta motivasi kepada peternak sapi potong atas prestasi yang telah di raih dalam memproduksi ternak sapi bibit dan potong yang berkualitas serta lebih meningkatkan produktifitas dalam pengembangan usaha peternakannya. Disamping itu juga menginformasikan kepada masyarakat tentang hasil-hasil pembangunan subsektor peternakan. Beliau juga menyampaikan kiranya sangat tepat jika pemerintah pusat memilih Jawa Timur sebagai tempat penyelenggaraan kontes ternak dan panen pedet yang mengangkat tema “Dengan Peningkatan Populasi Ternak Menuju Lumbung Pangan Dunia” mengingat Jawa Timur merupakan Provinsi Agribisnis yang memiliki potensi pertanian cukup besar dan merupakan lumbung pangan nasional.

Dirjen PKH Kementrian Pertanian Dr. Drh. I Ketut Diarmita, MP menyampaikan terima kasih dan sangat bangga atas prestasi Provinsi Jawa Timur sebagai penopang utama keberhasilan program Upsus Siwab dari target Nasional IB 1,29 Juta ekor (43% dari Nasional) sedangkan Jawa Timur sekarang capaian kinerja IB saat ini sebanyak 1.7 juta dosis (125%) dengan tingkat kebuntingan 76 % dan telah lahir sebanyak 772.000 ekor.

Pada kontes ternak, peternak memamerkan pedet dan sapi kebanggan mereka. Sapi jantan ekstrim hasil inseminasi buatan menarik minat pengunjung karena bobotnya mencapai 1 ton lebih.
Selain itu juga ditampilkan sapi jenis Belgian Blue hasil Tranfer Embrio yang memiliki perototan besar yang beratnya bisa mencapai di atas 1,2 ton – 1,6 ton. Belgian Blue bukan sapi biasa, pertambahan bobot badannya tinggi sekali, per hari bisa mencapai 1,2 – 1,6 kg.

Selain percepatan dalam peningkatan populasi sapi di dalam negeri, Upsus SIWAB juga telah mampu menghasilkan sapi-sapi yang berkualitas dengan peningkatan kualitas sumber daya genetik ternak sapi.

Sampai saat ini, telah ada 80 ekor kelahiran sapi Belgian Blue yang berhasil dikembangbiakkan baik dari hasil Transfer Embrio (TE) maupun Inseminasi Buatan (IB) dan sudah ada sebanyak 276 ekor sapi bunting. Kementan menargetkan kelahiran 1.000 pedet Belgian Blue pada mendatang 2019 baik melalui Inseminasi Buatan maupun transfer embrio.

Menurut Bupati Sidoarjo Bapak H Saiful Ilah, S.H, M.hum sangat mendukung program Upsus Siwab Jawa Timur khususnya di Kabupaten Sidoarjo guna memberian rangsngan kepada peternak-peternak untuk memelihara ternak lebih baik lagi serta akan membangun RPH yang modern dan Higienis sesuai Kesrawan.
Kegiatan Kontes Ternak dan Panen Pedet ini juga di diramaikan dengan pameran ternak bertajuk expo produk peternakan dan alsistan (alat mesin pertanian) . Expo ini menampilkan hasil sarana dan prasarana peternakan d jatim dan d harapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki mutu produk peternakan. Peserta pameran adalah instansi pemerintah (Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota), perusahaan swasta, perguruan tinggi, Asosiasi dan stake holder peternakan dan kesehatan hewan lainnya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:35
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.