Kandungan Nutrisi dan Zat Aktif Tanaman Jali Yang Bermanfaat



Mengenal Tanaman Jali dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Imunitas tubuh, Sebagai Antiradang, Menguatkan Limpa dan Sebagai Antitoksik.
Jali (Coix lacryma-jobi L.), merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Ada dua varietas yang sering ditanam. Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan dipakai sebagai “Manik-manik ” Coix lacryma-jobi dimakan orang dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.
Tanaman Jali. Termasuk famili Poaceae dan merupakan terna berbentuk pohon dengan tinggi mencapai 3 meter. Batang bulat, lunak, beruas-ruas; licin, warna hijau kekuningan.

Nama Ilmiah :Coix lacrymajobi L.
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Coix
Spesies: Coix lacryma

Nama Daerah : Jelim, togua, penggong item, singkoru batu, hanjeli, kemangge, bukehang, atau kaselore.

Ciri-ciri Umum :

Daun tunggal, berbentuk lanset memanjang ujung runcing, pangkal tumpul, tepi rata, panjang 30—45 cm, lebar 3 5 cm warna hijau. Bunga majemuk, berbentuk bulir, tumbuh di ketiak, Jaen. Bcntuk kelopak bunga segitiga, warna hijau kekuningan. Warna benang sari cokelat, warna pangkal putik putih warna ujung putik putih kecokelatan. Buah berbentuk bulat telur, keras, diameter 1 cm, warna hijau saat masih muda dan berubah menjadi ungu keputihan setelah tua. Akar serabut, warna putih kecokelatan.

Kandungan Kimia :
  • Biji mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin B1, asam amino, coixol, coixenolide, coicin dan polifenol.
  • Daun rnengandung alkaloid.
  • Akar mengandung coixol, asam palmitate, asam stearat, stigmasterol, betha dan gama-sitosterol, potassium chlorida, glukosa, asam amino, tajin, phytin, vitamin Bi, saponin, flavonoid, karbohidrat, dan air. Akar mengandung tanin.
Khasiat dan Manfaat :

Biji memiliki rasa manis, bersifat tawar dan dingin. Berkhasiat menguatkan limpa, antiradang, antitoksik, obat masuk meridian limpa, paru, ginjal, daya tahan tubuh (imunitas), menghilangkan lembap, diuretik, antiradang, membantu penyerapan pencernaan, meningkatkan fungsi cortex adrenal, sitostatika (antikanker), antitoksik, mengganggu sel kanker untuk bermetafase, serta meningkatkan fungsi humoral dan imunitas seluler.

Bagian yang Digunakan : Biji, Daun dan Akar

Jaman dulu tanaman ini sering untuk mainan, buahnya untuk dibuat kalung, gelang, atau yang lainnya. Sebenarnya, buah tanaman ini juga bisa dikonsumsi, sebagai pengganti besar, memang tidak berasa, tawar, seperti jagung. Memang jarang yang memanfaatkan. Jad hanya terbatas, itupun di daerah pedesaan. Tapi sekarang, di daerah pedesaanpun mulai jarang yang memanfaatkan. Tanaman ini sepertinya menghlang. Hanya kadang masih dijumpai sedikit di daerah pedesaan, atau dipinggir jalan, yang mungkin tumbuh tidak disengaja.

Saat ini tanaman jali dapat dikategorikan sebagai tanaman langka, sebab banyak orang yang tidak mengetahui apa itu jali, bagaimana bentuknya dan manfaatnya. Juga yang tadinya di berbagai daerah ada, sekarang sudah tidak lagi dikembangkan. Padahal cara penanamannya juga tergolong mudah dan biaya untuk menanam serta perawatannya juga tergolong murah. Sebenarnya kalau tanaman ini dikembangkan,akan sangat berguna bagi kita, karena kandungan gizinya cukup banyak, sumber karbohidrat bagi kita,dan juga bisa untuk obat.

Sebagai bahan makanan, beberapa potensi pemanfaatan biji hanjeli adalah:
  • Sebagai campuran beras, ataupun digunakan sendiri sebagai nasi hanjeli.
  • Sebagai campuran makanan sereal lainnya, misalnya campuran havermut (oatmeal), seperti produk yang dibuat oleh salah satu produsen makanan sereal terkemuka Taiwan (www.greenmax.com.tw).
  • Bubur hanjeli (dengan rasa manis seperti bubur kacang hijau), dan sebagai teman kolak.
  • Difermentasi seperti tape ketan. Berbeda dengan beras ketan yang bersifat lengket, hanjeli memiliki tekstur yang kenyal namun tidak lengket, sehingga sangat berpotensi untuk diolah menjadi alternatif makanan yang enak.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.