Kandungan Nutrisi Buah Cermai dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Mengenal Manfaat Tersembunyi Dalam Buah Cermai
Cermai, ceremai, cereme atau cerme adalah nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceureumoe, chermai, karmay, mayom dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain.
Buah cermai tidak begitu populer sebagai buah konsumsi, disamping karena memang jarang ada di pasar maupun toko-toko buah, buah ini juga rasanya masam. Otaheite gooseberry atau biasa kita kenal sebagai cermai, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Cermai juga diketahui menyimpan banyak mineral seperti besi, seng dan vitamin seperti Karotenoid dan Vitamin B kompleks, yang tentunya bisa mencegah berbagai penyakit. Berikut adalah hasil rangkuman merdeka.com dari thehealthsite.com tentang khasiat cermai untuk tubuh.

Kesehatan seksual. Minum jus cermai sekali sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan seksual pria. Buah ini juga dapat meningkatkan motilitas (kemampuan sperma untuk berenang), kualitas dan produksi sperma pada pria yang menderita Oligospermia (suatu kondisi di mana seorang pria memiliki jumlah sperma yang rendah).

Serat. Cermai kaya serat, polifenol dan air. Hal itu membuat cermai memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya sebagai penawar dari sakit perut. Mengonsumsi satu sendok teh jus cermai pada waktu perut kosong, dapat mengobati tingkat keasaman dalam lambung.

Melindungi hati. Cermai dapat digunakan untuk melindungi hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh bahan kimia atau alkohol.

Antioksidan. Antioksidan dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh yang sehat. Cermai mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, polifenol dan tanin.

Menjaga kadar kolesterol darah. Cermai mempertahankan kadar kolesterol darah dengan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Cermai juga mencegah aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) karena memiliki antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

Diabetes. Cermai mengandung tingkat polifenol yang tinggi yang dapat melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula darah yang tinggi dan mencegah resistensi urine. Selain itu, buah ini juga dapat membantu dalam penyerapan insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada penderita diabetes.

Vitamin Anda. Cermai juga dikemas dengan vitamin A yang penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan kulit untuk tetap muda dan elastis. Bila dikonsumsi saat perut kosong, kandungan nutrisi dalam cermai dapat memperlambat degradasi kolagen, yang nantinya dapat memperpanjang proses penuaan.

Anti-kanker. Dikemas dengan sifat antioksidan, cermai dapat membantu tubuh melawan efek berbahaya dari bahan kimia yang bersifat karsinogenik. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi dan kemoterapi tanpa mengurangi efeknya dalam pengobatan anti-kanker.

Berikut contoh resep herba cermai:

Ramuan Pelangsing Tubuh
– Sediakan daun cermai yang segar 1 genggaman tangan kemudian daun cermai dicuci hingga bersih
– Daun cermai direbus menggunakan air bersih sebanyak 3 gelas, rebus sampai airnya tertinggal menjadi 2 gelas.
– Apabila air rebusan sudah mendingin lalu saring airnya
– Diminum air rebusan/ramuan ini 2 kali sehari pada pagi hari dan petang
Obat ini bekerja sangat kuat, sehingga dianjurkan TIDAK mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun ceremai Gunakan sesekali saja


Mengobati sembelit dan mual
Cara pertama
– Sediakan biji ceremai kira-kira 3/4 sendok teh, cuci kemudian giling sampai halus.
– Seduh menggunakan 1/2 cangkir air panas. Masih dalam keadaan panas segera tambahkan 1 sendok makan madu, aduk samapai rata
– Ramuan ini diminum sekaligus.
– Lakukan 2 kali sehari.
Cara kedua
– Sediakan daun ceremai segar kira-kira 3 gram, cuci kemudian tumbuk jalus.
– Seduh menggunakan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan.
– Air ini diminum sekaligus bersama ampasnya.

Mengobati Asma
– Siapkan 6 biji buah ceremai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng
– Semua bahan tersebut dicuci kemudian tumbuk seperlunya.
– Rebus campuran bahan-bahan tadi menggunakan 2 gelas air bersih hingga tertinggal 1 1/2 gelas.
– Tunggu hingga dingin kemudian saring
– Diminum dengan air gula secukupnya.
– Lakukan sehari 2 kali, sebanyak masing-masing 3/4 gelas.

Mengobati kanker
– Sediakan daun ceremai yang muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gula enau 3 jari,
– Semua bahan dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
– Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian.
– Biarkan air dingin kemudian saring
– Minum airnya 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 3/4 gelas.

Nah untuk anda yang belum pernah sama-sekali mengkonsumsi buah cerma, mungkin saat anda jalan-jalan ke pedesaan tanyakan sama mereka adakah tanaman cermai yang tumbuh disana. Jika kebetulan ada dan jumlahnya banyak mungkin bisa anda beli, anda pulang dan simpan di lemari es sebagai stock jika sewaktu-waktu membutuhkan mengingat khasiatnya yang lumayan banyak. Anda juga boleh mengkonsumsinya rutin setiap hari karena kalau disimpan terlalu lama juga buah ini akan busuk pada akhirnya. Semoga bermanfaat.

Bagi yang suka bikin bikin makanan sendiri, berikut ada resep manisan cermai, silakan dicoba:

Bahan-bahan:
  • Buah cermai tua 500 gr
  • Gula pasir 500 gr
  • Garam, secukupnya
  • Pewarna makanan
Cara Membuat Manisan Cermai:
  • Terlebih dahulu buah cermai rendam dalam air garam, lalu cermai gilas dengan botol pelan-pelan supaya airnya keluar, tapi jangan sampai pecah.
  • Kemudian buah cermai cuci sampai bersih.
  • Setelah itu campurkan air, gula pasir, pewarna dan sedikit garam, lalu rebus sampai mengental dan aduk.
  • Jika sudah mengental masukkan cermai sembari di aduk-aduk merata sampai mengering gulanya. Lalu angkat.
  • Jika sudah diangkat ratakan dalam tempat lalu jemur hingga gula yang menempel mengering, lalu setelah itu masukkan ke dalam toples.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:52
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.