Cara Mengatasi Kejang Saat Demam Panas Dengan Obat Herbal


Saat Anak Kecil Step Atau Kejang Karena Panas Tinggi, Coba Gunakan Ramuan Daun Sangket Sebagai Pertolongan Pertama
Penyakit step adalah istilah umum pada masyarakat, arti step sebenarnya adalah kejang. Kejang yang dimaksud dalam hal ini umumnya adalah kejang demam yaitu suatu reaksi kejang yang terjadi pada anak-anak dan disebabkan oleh suhu tubuh yang sangat tinggi. Kejang adalah kondisi di mana otot-otot tubuh berkontraksi secara tidak terkendali. Seluruh gerakan kita dikendalikan oleh otak yang mengirim sinyal-sinyal listrik melalui saraf ke otot. Perbedaan ini umumnya tergantung pada bagian otak yang mengalami gangguan.

Bagi para orang tua tentunya tidak pernah menginginkan anaknya sakit. Tetapi kenyataan menunjukkan bahwa sepertinya tidak mungkin anak akan sehat terus menerus. Berikut ini adalah salah satu kiat atau cara untuk menangani satu penyakit yang sering terjadi pada anak kecil yaitu kejang saat kondisi tubuh panas atau suhu tubuh tinggi, biasa dikenal dengan "step".

Agar tidak terjadi step atau kejang saat panas pada anak, usahakan agar si anak bisa buang ait besar secara teratur. Dan apabila ia demam, usahakan bisa buang air kecil dan mengeluarkan keringat sebanyak-banyaknya. Jangan sampai membuat anak terkejut. Ciptakan suasana yang tenang saat anak panas.

Apa Saja Penyebab Step?

Tiap penyakit atau kelainan yang mengganggu fungsi otak dapat menyebabkan timbulnya bangkitan kejang. Contohnya, trauma lahir, trauma kepala, radang otak, tumor otak, perdarahan otak, hipoksia (kekurangan oksigen dalam jaringan), gangguan peredaran darah, gangguan metabolisme, gangguan elektrolit, alergi, keracunan obat atau zat kimia, faktor keturunan, serta cacat bawaan.

Ada dua kelompok kejang, yaitu kejang dengan demam, baik kejang demam sederhana maupun kejang demam karena penyakit lain atau ada gangguan dalam batok kepala. Jenis kedua adalah kelompok kejang tanpa demam yang disebabkan gangguan elektrolit darah akibat muntah dan diare, gula darah rendah akibat sakit lama, asupan makan kurang, atau kejang lama serta yang disebabkan epilepsi.

Cara Pengobatan dan Kiat Mengatasi step

1. Sering-seringlah  memandikan anak yang kena step dengan air rendaman daun SANGKET yang mempunyai khasiat atau manfaat untuk menenangkan.

2. Untuk mencegah Kejang atau step kambuh lagi, minumkan sedikit rebusan daun sangket atau air sari daun sangket yang masih muda.

3. Pertolongan saat kejang:
  • Tidurkan anak ditempat yang hangat dan remang-remang
  • Lepas pakaian anak yang terlalu ketat
  • Ambil daun INGGU 10 lembar, haluskan dan diberi cuka atau asam jawa lalu gunakan sebagai kompres di ubun-ubun.
  • Rendam atau kompres kaki si anak dengan air hangat
  • Jika kejang disertai panas, kompres dahi anak dengan air dingin
  • Untuk mencegah lidah tergigit, ganjal giginya dengan sendok yang sudah dilapisi kain bersih.
  • Untuk segera menyadarkannya tetesilah lidahnya dengan air bawang merah.

Ramuan daun Sangket untuk Redakan Step


Banyak orang meragukan kegunaan dari daun sangket tapi sebagian orag juga mengetahui kegunaan dari daun sangket . kebanyakan orang yang mengetahui adalah orang yang tinggal di pedesaan seperti di desa padangan, plandaan jombang mereka mengetahui fungsi dari daun sangket. Manfaat daun sangket antara lain: daun sangket dapat meredakan penyakit step pada anak, meredakan panas tinggi, terkejut pada anak dan dapat melancarkan peredaran darah.

Cara lain dalam menggunakan daun sangket :
  • Siapkan daun sangket
    Rebus air dan masukkan daun sangket secukupnya yg telah dicuci bersih
    Gunakan air rebusan daun sangket tersebut untui mandi anak yang sering step
    Bisa juga dengan menumbuk langung daun sangket dengan bawang merah.dan beri olesan minyak untuk dibalurkan pada badan.
Demikian sedikit tips dan cara mengatasi "step" pada anak atau panas yang disertai kejang pada anak. Semoga bermanfaat.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:44
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.