Tips Cara Membuat Kandang Kuda dan Syarat Utama Kandang Yang Baik

Syarat-syarat Untuk Kandang Kuda Yang Baik, Bahan dan Ukurannya
Sebagaimana jenis ternak lainnya. kuda juga memerlukan tempat pemeliharaan yang sesuai, nyaman dan aman yaitu kandang. Kandang kuda adalah tempat khusus dimana kuda bisa tinggal, makan, minum dan tidur hari demi hari. Kadang kuda harus bisa melindungi kuda dari bahaya, hujan badai dan panas terik matahari serta bisa mencegah dari terjangkitnya penyakit tertentu yang sering menyerang kuda. Memiliki dan membangun sebuah kandang kuda merupakan syarat utama memelihara kuda. Secara umum kandang terbagi atas beberapa bagian: kandang inti, penambat, gudang pakan dan peralatan serta tanah lapang sebagai tempat berlatih menunggang dan tempat umbaran.Kuda telah lama digunakan sebagai penyedia tenaga pertanian, terutama sebagai tenaga penarik gerobak untuk mengangkut hasil pertanian dan sebagai alat tunggangan. Dan jika kuda sudah cukup tua untuk bekerja, mereka akan disembelih untuk dimanfaatkan dagingnya. Mereka sangat berharga sehingga kandang mereka dibangun dekat dengan tempat tinggal pemiliknya. Bahkan tidak jarang kandang kuda memiliki fasilitas yang lebih baik dari kandang hewan ternak lainnya, seperti adanya tempat minum dan makan yang khusus tersedia untuk setiap ekor kuda
Desain bangunan bisa bervariasi tergantung iklim, budaya, kemudahan mendapatkan bahan bangunan, dan fungsi selain sebagai kandang, karena beberapa kandang kuda ada yang difungsikan sebagai tempat untuk memamerkan kuda yang akan dijual atau dipacu di pacuan kuda. Selain itu, kandang kuda yang difungsikan sebagai hewan militer bisa terdapat fasilitas tambahan untuk memasang armor.
Kandang inti merupakan tempat bagi kuda untuk tidur sehingga harus membuat kuda nyaman. Syarat utama kandang inti adalah lantai yang sesuai. Struktur lantai pada kandang inti dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyerap air dengan baik. Permukaan lantai biasanya menggunakan konblok. Ukuran kandang inti tergantung dari besar kecilnya kuda. Rata-rata kandang inti berukuran 3m x 4m.


Permukaan teratas dari kandang inti biasanya diberi alas serbuk kayu sisa penggergajian dengan tebal anta 15-20cm. Alternatif lain adalah menggunakan potongan-potongan kertas. Bahan ini banyak dipakai di Singapura karena serbuk kayu sangat sulit.

Penambat merupakan tempat khusus untuk menambatkan kuda ketika kuda sedang dirawat. Penambat harus memiliki saluran drainase yang baik sehingga nyaman ketika memandikan kuda. Lantai penambat sebaiknya berupa semen keras kemudian dilapisi karpet karet khusus ternak. Idealnya lantai penambat berukuran 2m x 2.5m, tinggi tiang 1,5m serta tinggi pagar tepi 80cm.


penambat kuda

Lapangan idealnya memiliki ukuran setidaknya 20 m x 40 m. lapangan ini merupakan ukuran lapangan Dressage kecil yang sesuai dengan standart international. Penulis sendiri pernah belatih pada lapangan berukuran 15 m x 30 m.


kandang umbaran kuda

Pembangunan kandang harus benar-benar memperhitungkan aspek keselamatan, baik keselamatan kuda, keselamatan perawat, serta keselamatan lingkungan. Kandang didesain sedemikian rupa sehingga misalnya kuda lepas, kuda akan masuk dan terisolasi di dalam kandang umbaran.


Sumber: http://nunggangjaran.blogspot.com dan sumber lainnya


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:13
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.