Loading...

Ciri-ciri Kelinci Jantan dan Betina, Ini Cara Membedakannya

Loading...
loading...
Kelinci
Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Kelinci, Pelajari Teknik dan Cara Sederhana Membedakan dan Memilih Kelinci Jantan dan Betina
Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. ... Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya, tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha.
Kelinci Jantan dan Betina.  Salah satu kemampuan utama yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi peternak kelinci salah satunya adalah mampu memilih jenis kelamin kelinci. Kemampuan memilih jenis kelamin kelinci ini sangat penting agar perbandingan jantan dan betina saat kita memelihara kelinci bisa seimbang dan sesuai cara pembudidayaan yang baik dan benar.

Biasanya saat pertama membeli kelinci kita percaya saja pada penjualnya bahwa yang mereka bilang kelinci Jantan berarti memang jantan dan yang betina artinya memang kelinci itu betina. Dan kalau kita mau sebenarnya kebanyakan pedagang kelinci juga tidak keberatan menunjukkan cara membedakan kelinci jantan dan betina. Mereka akan dengan senang hati menunjukkan perbedaan jenis kelamin kelinci tersebut dengan menunjukkan bagian organ seksual kelinci, yang penting kita jadi membeli dagangan kelincinya.
Apa Saja Ciri-Ciri Kelinci?
1. Termasuk hewan mamalia.
2. Termasuk hewan herbivora(pemakan rumput atau tumbuhan) .
3. Memiliki sepasang telinga yang panjang dan sensitif.
4. Memiliki bulu yang halus.
5. Memiliki sepasang kaki depan yang agak pendek, dan sepasang kaki belakang yang sedikit panjang dan besar.
6. Kaki belakang memiliki otot yang kuat, sebagai perlindungan kelinci agar dapat melarikan diri dari ancaman.
7. Memiliki sepasang mata di samping kepala.
8. Memiliki ekor yang pendek, menyerupai gumpalan bulu berbentuk bola.
9. Memiliki 2 gigi depan yang sedikit panjang.
10. Dapat melahirkan 2-7 anak.
Sedangkan jika kita ingin melakukan pemeriksaan sendiripun tidak masalah, karena caranya cukup mudah. Pada anak kelinci yang baru berumur 2 minggu, jenis kelamin dapat dilakukan dengan meraba dan memeriksa tonjolan pada alat kelaminnya.

Anak kelinci jantan memiliki tonjolan panjang dan bulat dengan lekuk bulat di bagian tengahnya. Anak kelinci betina tonjolannya lebih pendek dan ditengahnya terdapat celah (vulva) memenjang. Pada kelinci yang berumur 2 bulan atau lebih, bentuk perbedaan alat kelamin ini tampak dengan jelas. Organ seksual jantan (penis) tampak di sebelah anus berbentuk silinder panjang.

Ciri Kelinci dengan Jenis Kelamin BETINA
Ciri Kelinci dengan Jenis Kelamin JANTAN
Pada kelinci yang sudah dewasa selain pelir juga dapat dilihat testis (kantong pelir) berwarna merah muda yang terletak di samping penis. Organ seksual kelinci betina (vagina) tampak berbentuk celah yang memiliki pembuluh darah yang telihat bergaris pada bagian dalam celah.

Sebaiknya kelinci mulai dipisahkan antara jantan dan betina saat berumur 2 bulan, karena pada umur tersebut birahi kelinci mulai muncul. Pemisahan ini bertujuan agar pembudidayaan kelinci sesuai dengan teknik perbandingan yang tepat antara kelinci jantan dan betina, juga agar kelinci-kelinci jantan yang tidak diperlukan bisa langsung dijual sehingga tidak membebani biaya pakan.

Dengan berlatih beberapa kali maka keahlian membedakan dan memilih kelinci jantan dan betina akan segera dikuasai dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Fakta dan Mitos Tentang Kelinci
  1. Memegang kelinci yang paling tepat adalah di telinganya. Pada faktanya adalah telinga kelinci itu sensitif sekali. Di situ terhubung dengan urat syaraf karena dekat dengan kepala. Kelinci bisa stres dan merasa sakit jika manusia menarik telinganya.
  2. Pendengaran kelinci sangat tajam Karena pendengarannya yang sangat tajam, sehingga Kelinci tidak perlu memutar kepalanya ke belakang untuk mengetahui apa yang ada di belakang mereka.
  3. Kelinci pemecah rekor Ada kelinci yang bisa memecahkan rekor lompatan tertinggi yakni setinggi 1 meter dan lompatan terjauh adalah 3 meter. Kelinci terpanjang adalah 31,125 inchi di Amerika Utara.
  4. Kelinci diizinkan diperlihara di Gedung Putih Amerika Serikat Iya, Presiden Lincoln memberikan izin kepada anaknya untuk memelihara kelinci di Gedung Putih Amerika Serikat. Wah, hebat!
  5. Kelinci memiliki kecepatan mengunyah yang fantastis Gigi kelinci memang seolah jadi trade-mark. Iya, karena bentuk giginya tersebut, kelinci mampu mengunyah makanan sebanyak 120 kali per menit!
  6. Kelinci melahirkan 20-40 bayi per tahun Hewan kelinci memang terkenal dengan kecepatan populasinya yang tinggi. Kelinci mampu melahirkan hingga 40 bayi per tahun. Bayangkan!
  7. Kelinci dapat terkena penyakit osteoporosis Jangan kira hanya manusia yang bisa terkena penyakit tulang keropos, kelinci juga bisa! Jika kelinci kekurangan gerak, mereka dapat mengalami tulang keropos. Oleh karena itu, kelinci harus bergerak minimal 4 jam sehari.
  8. Kelinci suka dengan sayuran yang sudah agak layu Tahukah Anda bahwa kelinci menyukai sayuran yang sudah agak layu? Silakan tunjuk tangan siapa yang selama ini saking sayangnya pada kelinci, sampai-sampai memastikan sayurannya harus yang paling segar?
  9. Perkawinan kelinci harus pada jam dingin Kelinci pada faktanya bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Tetapi, suhu lingkungan sekitarnya berpengaruh terhadap keberhasilan perkawinan kelinci, khususnya di daerah panas. Tahukah Kamu kalau jam yang paling baik untuk melakukan perkawinan kelinci adalah pada saat suhu dingin yakni jam 6-8 pagi atau jam 6-8 malam?
  10. Anak kelinci akan terus tertidur sampai dibangunkan oleh induknya Anak-anak kelinci biasanya disembunyikan oleh induknya di semak-semak untuk menghindari predator. Mereka pun terus tidur sampai dibangunkan oleh induknya. Biasanya kelinci menyusui anak-anaknya sekali dalam sehari.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:10
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.