Apa Tanda-tanda Kelinci Bunting dan Kapan Siap Melahirkan?


Seorang peternak kelinci yang menekuni usaha breding atau pengembangbiakkan kelinci tentu berharap agar ternak kelincinya cepat berkembang biak dalam arti cepat  bunting dan memiliki anak yang banyak setiap kali melahirkan. Apalagi jenis ternak kelinci ini memang bisa melahirkan lebih dari 5 ekor dalam 1 periode kebuntingan.
Berikan makanan yang lebih banyak pada kelinci bunting karena kelinci yang sedang hamil akan selalu merasa lapar sehingga tampak pola konsumsinya yang meningkat. Pastikan kelinci tidak kelaparan dan tidak kekurangan makan, ini juga demi nutrisi kandungan kelinci dan kesehatan anak-anak kelinci. Anda harus waspada dan pastikan ia tak kekurangan makanan. Jika kekurangan makanan kelinci bisa stres dan bisa juga menjadi kanibal, dan terkadang melukai dirinya sendiri atau membunuh anaknya. Jika kelinci Kekurangan pakan dan minum dapat juga mengakibatkan kualitas susunya tidak maksimal nanti.
Usaha pembibitan kelinci atau breeding kelinci akan lebih menguntungkan jika peternak menguasai ilmu tentang breeding kelinci, cara membedakan kelinci jantan dan betina sejak dari anakan, mengetahui ciri-ciri induk yang sedang bunting, mengetahui kapan waktu kelinci akan melahirkan yang berarti peternak wajib tahu berapa lama kelinci bunting.

Penanganan anakan kelinci dan juga induk yang baru saja melahirkan juga penting dikuasai oleh calon peternak kelinci. Hal ini penting untuk mencegah kematian anak kelinci yang sering terjadi jika penanganan saat induk kelinci bunting, melahirkan dan pasca melahirkan tidak dilakukan dengan benar.

Berikut ini beberapa hal yang terkait dengan breeding kelinci yaitu ciri-ciri induk kelinci sedang bunting dan ciri-ciri induk siap melahirkan.

Berapa Lama Kelinci Bunting (Mengandung/Hamil)?

Kelinci melahirkan biasanya di usia 28 sampai 34 hari setelah perkawinan

Ciri-ciri Kelinci Sedang Bunting dan Siap Melahirkan Anak Kelinci

Kelinci akan hamil biasanya pada hari ke 7 setelah kelinci kawin. Setalah Anda mengawinkan kelinci jantan dan betina selama 7 hari, biasanya janin di dalam rahim sang betina mulai tumbuh.

1. Kelinci yang sedang hamil tidak akan mau lagi dikawinkan dengan kelinci pejantan bahkan beberapa betina cenderung galak pada kelinci jantan, sebaiknya pisahkan kelinci betina dan jantan barang kali terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Jika betina hamil terlihat pada bagian mulut sedikit agak kemerah-merahan.

3. Sang betina terkadang bersifat agresif dan bahkan sampai merusak kandangnya sendiri. Biasanya jika dilepas di alam liar, ia akan menggali-gali tanah untuk persiapan melahirkan anak-anaknya. Terkadang sebagian peternak sudah memberi kadang khusus pada kelinci yang menginjak usia kehamilan 17 hari tapi sebenarnya hal tersebut tak perlu dilakukan karna usia kehamilan kelinci berkisar 30-34 hari. Anda bisa menyediakan kandang khusus di usia kehamilan di atas hari ke-25.

5. Kelinci terliat lapar. Berikan makanan yang lebih banyak pada kelinci karena kelinci yang sedang hamil akan selalu merasa lapar sehingga tampak pola konsumsinya yang meningkat. Pastikan kelinci tidak kelaparan dan tidak kekurangan makan, ini juga demi nutrisi kandungan kelinci dan kesehatan anak-anak kelinci. Anda harus waspada dan pastikan ia tak kekurangan makanan. Jika kekurangan makanan kelinci bisa stres dan bisa juga menjadi kanibal, dan terkadang melukai dirinya sendiri atau membunuh anaknya. Jika kelinci Kekurangan pakan dan minum dapat juga mengakibatkan kualitas susunya tidak maksimal nanti.

6. Saat usia kehamilan menginjak hari ke 17 kita bisa meraba perut kelinci dan akan terlihat perutnya yang agak sedikit buncit yang menandakan adanya bayi kelinci. Saat ia berusia 23 hari sampai 29 hari, sang induk mulai tampak sering gusar dan hidungnya tampak semakin merah. Sementara itu perutnya tanpa diraba pun akan terlihat buncit.

Ciri-ciri Seekor Induk Kelinci akan Melahirkan

Ciri ciri kelinci akan melahirkan – Kelinci melahirkan biasanya di usia 28 sampai 34 hari setelah perkawinan. Di masa ini ia akan terlihat sangat gelisah. Tugas Anda adalah memastikan kandangnya nyaman untuk ia tempati melahirkan anak-anaknya. Nah ada beberapa ciri kelinci akan melahirkan diantaranya adalah :

1. Kelinci yang hendak melahirkan biasanya bulunya akan mengalami kerontokan.

2. Kelinci menggali-gali kandang dan tidak tenang, sifat alami kelinci adalah mencari tempat yang tnang untuk anak-anaknya melahirkan, dan jika di alam kelinci akan membuat lubang untuk tempat melahirkan anak-anaknya.

3. Kelinci agresif. Cenderung galak terhadap kelinci lainnya dan menjaga daerah yang telah dia tandai, ini karena kelinci takut kalau anaknya akan terganggu kelak


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:12
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.